Katanya, kalau kedutan di mata sebelah kanan, tandanya kamu akan bahagia. Sebaliknya, kalau sebelah kiri, konon katanya akan terjadi sesuatu yang menyedihkan. Ada juga yang bilang -atau bahkan ditulis dalam beberapa buku (kitab) ramal-meramal- bahwa, kalau telapak tangan kanan terasa gatal tanpa sebab, kamu akan mendapat rezeki. Sebaliknya lagi, kalau telapak tangan kiri terasa gatal -juga tanpa sebab-, kamu akan kehilangan atau mengeluarkan sejumlah uang.

Itu semua, kalau boleh aku sebut -dan memang ini sebutannya- adalah MITOS. Benar atau tidaknya, ada yang bilang kalau itu semua tergantung kita. Kalau kita percaya, ya bakal terjadi. Kalau cuek, ya kita gak bakal kerasa juga.

Advertisement

Mitos, artinya -berdasarkan yang saya temukan di salah satu web- adalah cerita suatu bangsa tentang dewa dan pahlawan zaman dahulu, mengandung penafsiran tentang asal-usul semesta alam, manusia, dan bangsa tsb mengandung arti mendalam yg diungkapkan dng cara gaib. Nah, kalau dicermati, lebih menjurus pada kegiatan yang bersifat mistis kan??? 🙂

Tapi, obrolan -lebih tepatnya mencari pendapat- saya dengan salah satu teman menemukan bahwa mitos bisa terjadi -atau lebih tepatnya dipercaya- karena ada pembuktian sesuatu dari nenek moyang yang berkaitan dengan beberapa hal terhadap efek yang ditimbulkan. Maksudnya, para leluhur sudah mengamati, merasakan, dan menyimpulkan selama berpuluh-puluh tahun yang pada akhirnya bisa diceritakan, dijadikan petuah, dan sebagai nasihat kepada generasi berikutnya.

Nah, apakah temans juga pernah mengalami kejadian aneh yang dikaitkan dengan mitos? Jangan yang terlalu ekstrim, sekedar kedutan atau telapak tangan gatal saja, sedikit banyak temans juga pernah berfikir untuk mencari tahu arti dari "gejala" itu kan?

Advertisement

Tetapi pada intinya, boleh percaya atau gak tentang mitos, semua tergantung dari individu. Kan kita gak mungkin kalau nungguin jodoh atau mau ujian skripsi atau mau interview kerja harus nunggu kedutan atau telapak gatal dulu? Kalau sampai beberapa hari tidak kedutan atau tidak gatal, apakah kita akan menaruh per -pegas- dan kita gatalkan sendiri???

Semua sudah diatur oleh Sang Sutradara, Penguasa alam raya, Tuhan Yang Maha Esa. Jadi sabar, TUNGGU SAJA! Rezeki dan jodoh akan datang untuk kita -dengan syarat, harus berusaha, berdoa, dan bersyukur-.

#sabar

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya