Mungkin tak banyak yang tau kalau kimchi adalah makanan tersehat di dunia. Karena kimchi sendiri dibuat dengan menggunakan bahan-bahan yang semuanya adalah sayur mayur, seperti sawi putih, lobak, dan mentimun. Kimchi sendiri adalah makanan tradisional khas Korea. Di Korea sendiri makanan ini disuguhkan sebagai makanan pendamping meskipun begitu kimchi adalah menu wajib ada saat makan.

Kenapa kimchi disebut sebagai makan tersehat di dunia, karena kimchi terbuat dari sayuran yang di fermentasi dan sayuran tersebut mengandung kadar serat yang tinggi namun rendah kalori. Oleh karena khasiat tersebut kimchi juga banyak digemari oleh masyarakat luar Korea, misalnya orang Indonesia. Untuk mecari kimchi di Indonesia juga tidaklah susah karena kimchi sudah diproduksi di Indonesia dalam bentuk kemasan atau instan. Kita hanya tinggal makan saja nggak usah susah-susah buat sendiri, ya meskipun kalau buat sendiri juga mudah.

Advertisement

Uniknya di Korea saat membuat kimchi mereka akan membuat kimchi dengan jumlah yang sangat besar dan itu hanya dilakukan untuk musim dingin, biasanya sih disebut dengan kimjang. Karena kimchi dibuat dengan cara fermentasi maka orang Korea juga punya cara unik saat menfermentasi kimchi tersebut. Untuk menfermentasi kimchi, orang Korea mempunyai lemasi es khusus yang digunakan untuk fermentasi kimchi tersebut. Lemari es tersebut berbentuk seperti gentong kalau di Indonesia sih, dan untuk menyimpan lemari es tersebut harus di kubur di dalam tanah agar cita rasa yang dihasilkan sangatlah enak.

Semakin berkembangnya pikiran manusia, kimchi saat ini tidak hanya digunakan untuk makanan pendamping melainkan bisa dikreasikan dengan membuat nasi goreng kimchi dan sup kimchi. Nasi goreng kimchi sangatlah populer di Korea mungkin karena cara buatnya yang mudah dan juga untuk bahannya yang mudah ditemukan meskipun sup kimchi juga sangat popoler sih.

Di Korea juga terdapat museum kimchi yang letaknya berada di jantung negara gingseng tersebut (Seoul). Museum ini sedah berdiri sejak tahun 1986, dan museum ini didirikan dengan misi untuk menggenalkan kimchi kepada dunia. Di setiap bagian museum kita akan ditampilkan dengan berbagai pengetahuan tentang kimchi. Dari bahan untuk membuat kimchi, cara pembuatan dan penyimpanan, serta kandungan gizi yang terdapat dalam i.

Advertisement

Jika kalian ingin membuat kimchi sendiri di rumah juga sangatlah mudah. Untuk bahan-bahannya juga tidak susah untuk ditemukan. Nah untuk bahan yang paling penting dalam pembuatan kimchi adalah sawi putih atau lobak. Untuk bahan-bahan lainnya kita membutuhkan bawang bombai, bubuk cabe, garam, cuka, daun bawang dan gula.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya