Siapa orang yang tak kenal Yogyakarta? Tempat yang sampai sekarang di juluki Kota Pelajar ini merupakan tempat yang sangat terkenal di Indonesia bahkan di luar negeri Yogyakarta juga merupakan tempat yang dikenal banyak orang.

Tapi apakah anda tahu jika Yogyakarta punya banyak startup yang sedang berkembang saat ini? Mungkin beberapa dari Anda belum banyak mengetahuinya.

Kenapa Yogyakarta bisa juga disebut kota Startup?

"Berikan aku 10 Pemuda, Maka akan kuguncangkan Dunia" -Bung Karno-

Advertisement

Jika kita telaah kata kata dari Bung Karno tersebut ada benarnya juga, beberapa pemuda bisa mengguncangkan dunia. Gimana caranya mengguncangkan dunia? Yaitu dengan berkarya, salah satunya adalah membangun sebuah Startup. Kenapa startup di Yogyakarta sangat berkembang pesat, berikut alasannya :

1. Yogyakarta merupakan tempat berkumpulnya para anak muda yang merantau untuk mengenyam pendidikan yang lebih tinggi

Sebagai Kota Pelajar, wajar saja Yogyakarta dijadikan sebagai tempat menimba ilmu khususnya dalam menempuh pendidikan-pendidikan tinggi atau kuliah. Menurut data, ada sekitar empat universitas negeri di Yogyakarta dan sisanya adalah universitas swasta. Gimana, ada yang tertarik kuliah di Jogja? Atau sudah kuliah di Jogja?

2. Kreatifitas anak muda tanpa batas

Ketika anak muda berkumpul imajinasi mereka liar tanpa batas. Apalagi di Zaman teknologi ini semua informasi bisa dicari melalui internet.

Advertisement

3. Pencarian jati diri yang benar bisa mendatangkan kesuksesan.

Masa muda adalah masa yang berapi api sehingga ketika anda dan teman-teman anda menyalurkan ke hal-hal positif maka anda akan menuai hasilnya kelak.

Jenis startup apa saja yang ada di Yogyakarta?

Ada banyak startup yang ada di Yogyakarta seperti di bidang teknologi dan internet, kemudian di bidang fashion dan organizer, di bidang kuliner, dsb. Nah, saya akan memberikan beberapa nama startup di Jogja yang mungkin pernah anda dengar.

1. Sales Stock

Mmm pasti kebanyakan sudah pernah dengar ya Sales Stock? Ya! Sales Stock punya office di Yogyakarta dan merupakan salah satu startup fashion yang ada di Indonesia. Dan, sebenarnya Sales Stock sudah meng-Indonesia kalo menurut saya, sudah cukup terkenal di Indonesia.

2. DomaiNesia

Jika kalian adalah seorang blogger atau content creator, mungkin saja anda pernah mendengar domaiNesia. DomaiNesia merupakan startup yang sudah ada di Yogyakarta sejak tahun 2009 lho. DomaiNesia merupakan startup yang bergerak dibidang hosting dan domain provider atau bisa juga bergerak di bidang internet dan teknologi.

3. Pasenia

Nah adalagi nih di bidang teknologi, kalo Pasenia bergerak di bidang teknologi dengan menerapkannya ke bidang kesehatan. Pasenia merupakan aplikasi mobile yang dikembangkan untuk memberikan dukungan moral kepada pasien yang mengalami sakit.

Nah, mungkin beberapa tahun lagi Yogyakarta akan berkembang kayak Ibukota Jakarta, ya? Gimana menurut pendapat kalian? Setuju atau tidak nih? Jadi menurut anda apakah anda ingin bekerja di startup khususnya di Yogyakarta? Nah, datang aja ke Jogja, orangnya ramah ramah juga kok.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya