Nama Lahirnya Diubah di Wikipedia, Charly Van Houtten Kesal Dituding Sengaja Ganti Nama biar Keren

Nama asli Charly ST12 wikipedia

Nama artis menjadi topik menarik untuk dikulik. Pasalnya tak semua artis menggunakan nama aslinya. Mereka sengaja mengubah nama agar lebih familier di telinga penggemar. Namun nggak sedikit yang tetap memakai nama asli sejak lahir lo. Sama seperti musisi Charly Van Houtten nih. Memakai nama asli sebagai nama panggung, Charly dibuat kesal karena polemik nama aslinya di Wikipedia. Bahkan ia sampai membuat unggahan berisi peringatan.

Advertisement

Apa yang terjadi pada Charly sampai ia sangat kesal seperti itu? Yuk, langsung cek aja ulasannya!

Charly dituding sengaja ganti nama menjadi lebih keren lantaran nama lahirnya di Wikipedia berbeda dengan penyataannya selama ini

nama Charly diubah di Wikipedia | credit: Wikipedia via id.wikipedia.org

Perdebatan soal nama lahir Charly sudah mencuat sejak lama. Ia tak mau ambil pusing pada awalnya. Namun semakin ia bungkam, semakin banyak hujatan yang diterima. Bahkan ia sering dirundung gara-gara nama lahirnya di Wikipedia berbeda dengan nama lahir yang diungkapkannya selama ini. Membantah tudingan mengganti nama supaya lebih keren, ia kembali menegaskan nama aslinya adalah Mohamad Charli Panhoten, bukan Muhammad Casmali Parli.

Seperti diketahui nih, Wikipedia adalah ensklopedia online yang bebas. Artinya, siapa pun bisa menyunting informasi yang tertera di situs tersebut. SoHip pun bisa menulis atau menyuting informasi secara sukarela lo. Setiap orang yang menyunting atau menyumbang informasi ke Wikipedia disebut dengan Wikipediawan atau Wikipediawati. Karena disunting secara bebas, kemungkinan kejadian yang dialami Charly sangat besar terjadi.

Advertisement

“Aku sih tidak peduli dengan rundungan itu. Misalnya ada dari netizen, itu bagi aku nggak penting. Karena kita juga harus memaklumi, netizen itu kan ilmu pengetahuannya terbatas tentang itu, mereka itu kan terkadang lihat atau baca temanya doang langsung komen dan segala macam, itu sih lumrah-lumrah saja,” jelass Charly, dinukil dari Detik.

Sebenarnya perundungan yang dialaminya masih bisa ia hadapi. Hanya saja, perkara data nama lahirnya yang diubah di Wikipedia ternyata berdampak cukup besar. Kalau sekadar nama panggilannya yang diubah, maka tak masalah. Menurutnya, data nama lahir yang diubah seenaknya dapat menimbulkan bahaya. Apalagi ia mempunyai sejarah hidup sesuai dengan perjuangan leluhurnya.

Tak terima nama lahirnya diubah di Wikipedia, Charly memperingkatkan pelaku dan tak segan untuk berduel

Advertisement

Enggan diam saja seperti sebelumnya, Charly pun angkat bicara. Melalui unggahan di Instagram, Charly memperingkatkan pelaku yang mengubah data nama lahirnya di Wikipedia. Baginya, nama adalah doa dan harapan penuh ketulusan dan kasih sayang yang diberikan orang tua. Jadi, ia mengingatkan semua orang agar tak sembarangan mengubah nama lahir seseorang.

Bukan mencari sensasi atau popularitas, Charly hanya pengin meluruskan informasi salah yang beredar. Selain itu, ia ingin pelaku memberikan klarifikasi kepadanya. Pun ia meminta pelaku untuk membenahi data yang sesuai dengan kebenaran. Tapi bila ada orang yang tak terima dengan pernyataan tersebut, Charly siap berduel. Duel yang dimaksud olehnya adalah duel pemahaman atau duel pemikiran.

Bila pelaku nggak menunjukkan iktikad baik, Charly mengaku tak segan mengambil tindakan tegas. Bukan cuma asal omong saja , Charly sudah menunjuk pengacara untuk mengurus masalah tersebut.

“Makanya aku nugasin bang Hengky untuk mengurus ini, karena kan aku lagi fokus di berkarya. Aku minta tolong sama dia secara aturan benar, aku juga tidak bertindak sembarangan. Aku juga tidak ada tujuan untuk memenjarakan atau bicara hukum ya, tapi bicara normatif saja bahwa apapun harus diurus dengan sungguh-sungguh dengan itikad yang benar,” ujar Charly, dilansir Detik. 

Demi menjaga perasaan anak-anak dan orang tuanya, Charly akhirnya mengambil tindakan itu. Tak mau anggota keluarganya tersinggung dengan cacian dan hujatan, ia akan menindak tegas pelaku. Namun ia mengungkapkan tindakan tersebut tidak bertujuan untuk mememenjarakan pelaku.

Kita tunggu kabar selanjutnya dari Bang Charly, ya. Semoga masalah soal nama lahirnya yang dibuah di Wikipedia segera menemui titik terang. Harapannya kejadian itu tak terulang lagi ke depannya.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Pemerhati Tanda-Tanda Sesederhana Titik Dua Tutup Kurung

CLOSE