Akhir-akhir ini, tampaknya banyak public figure tanah air yang kena masalah dengan kelompok pecinta hewan. Belum lama setelah Syahrini dan Lucinta Luna disemprot karena kedapatan pakai bulu binatang, kini giliran komika Pandji Pragiwaksono dikecam habis-habisan karena bikin jokes soal betapa bencinya dia sama hewan gembel seperti kucing.

Selain dapat surat terbuka dari Garda Satwa Indonesia, banyak netizen juga ikut mengecam karena gagal paham di mana letak lucunya menghina binatang yang jelas-jelas lucu kayak kucing. Unggahan awal video yang berjudul “Pandji Benci Hewan Gembel”, pun kini sudah diganti judulnya menjadi “Pandji dan Cicak Ninja” beserta respon Pandji atas kontroversi ini. Mau tahu respon lengkapnya, yuk simak!

Karena selalu balik minta makan melulu, Pandji samakan kucing kampung di jalanan sebagai gembel. Ia mengaku sangat benci dengan kucing

Advertisement

Dalam salah satu materinya yang menyebutkan kalau kucing adalah hewan gembel, Pandji juga bilang kalau dia benci banget sama hewan satu ini, bahkan menurutnya bencinya sampai ke hati. Alasannya adalah dia suka diganggu sama kucing ketika lagi makan dan suka ngemis makanan. Dalam videonya tersebut Pandji juga memperagakan bagimana dia mengusir kucing yang berada di sekitarnya, dan mengaku enggan untuk memberi mereka makan. Wah pantas saja yaa kalau mengundang banyak reaksi dari orang-orang.

Jokes Pandji menuai protes dari berbagai kalangan, bahkan para pegiat satwa juga sampai buka suara tentang hal ini. Bukan soal menghinanya aja, banyak yang khawatir jokes itu bisa giring perilaku kekerasan

Surat terbuka garda satwa via www.facebook.com

Netizen menganggap bahwa jokes dan pernyataan yang dibuat oleh Pandji tidak pantas untuk dilakukan, apalagi dia seorang publik figur yang tentu saja bisa mempengaruhi banyak sekali pengikutnya. Beberapa pengikut Pandji di akun Youtube nya bahkan banyak yang memberikan komentar kekecewaannya pada Pandji, tak sedikit dari mereka juga yang akhirnya memilih untuk berhenti mengikuti akun Youtube-nya.

Garda Satwa Indonesia, yang merupakan salah satu pegiat satwa dalam Detik menerangkan bahwa sudah banyak kejadian atau kasus yang berkaitan dengan kekerasan hewan, khususnya adalah kucing. Banyak dari kasus tersebut yang terjadi pada kucing-kucing jalanan.

Advertisement

“Tanpa Anda bicara seperti itu saja hidup kucing liar sudah sulit, jangan ditambah lagi pernyataan anda yang benci hewan gembel sehingga memprovokasi orang lain juga untuk merasa wajar membenci hewan jalanan”, ungkap Garda Satwa Indonesia.

Setelah timbulkan kontroversi, kini Pandji menawarkan klarifikasi dan responnya lewat akun Youtube-nya. Di kolom komentar, ia mengaku telah berdiskusi dengan Garda Satwa Indonesia dan bersepakat mengganti judul dan thumbnail video

Pandji beri klarifikasi di kolom video Youtube-nya via www.sisidunia.com

Selain mengganti judul videonya, Pandji memberikan penjelasan panjang di kolom komentar terkait kontroversi yang menimpanya. Begini isinya :

“Jadi, judul dan thumbnail video ini diganti setelah ngobrol dengan Davina dari Garda Satwa Indonesia dan Mas Willy, teman lama yang juga pemerhati kucing. Sejak awal Surat Terbuka dirilis, gue pikir emang temen temen GSI berniat utk mengutarakan opininya. Dan siapapun berhak. Walaupun disuru orang orang untuk meluruskan atau nanggepin GSI, gue putuskan utk tidak karena gue beneran mikir temen temen GSI emang pengen bikin pernyataan aja. Karena gue pikir kalau emang mau cari kesepamahan atau mau dialog, PASTI temen temen GSI akan hubungi gue. Wong tau akun IG gue kok, masak gak DM kalau mau dialog. Makanya gue hormati keputusan mereka.

Nah kami akhirnya sepakat, judul dan thumbnailnya sebaiknya diganti. Judul dan thumbnail itu tadinya demikian karena gue pikir tidak akan menyinggung siapa siapa karena: A) Gue pikir ketersinggungan hanya datang dari topik topik seperti sospol dan terkait SARA. B) Judul dan bit itu sebenarnya hasil ngobrol dengan catlover juga. Makanya kalau diperhatiin di bit tersebut ada joke yang dikenal di kalangan catlover yaitu mengenai Kucing kalau di rumah kita berasa seperti yang punya rumah (ini juga alasan kenapa gue ga nyangka bitnya akan bikin ngamuk catlover krn idenya justru datang dari catlover dan di twitter gue banyak catlover, animal feeder yang ga nemu masalahnya di mana)

Jadi sekarang gue ganti dengan Pandji vs Cicak Ninja Dengan harapan tidak ada Cicak Lover yang mengamuk juga.”

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya