Bikin Video TikTok tentang Kemerdekaan, Olivia Jensen Dikritik karena Lempar Bendera Merah Putih

Olivia Jensen lempar Bendera Merah Putih

Indonesia baru saja merayakan peringatan Hari Ulang Tahun ke-76 pada 17 Agustus 2021. Di momen ini sejumlah masyarakat menyuarakan suka citanya lewat beragam aksi, termasuk dari kalangan selebritas. Meski perayaan berlangsung di tengah pandemi Covid-19, hal tersebut nggak menyurutkan antusias publik untuk menunjukkan rasa bangganya.

Advertisement

Namun, baru-baru ini warganet di media sosial ramai memperbincangakan artis Olivia Jensen. Hal ini bermula dari video perayaan kemerdekaan yang diunggahnya di TikTok menjadi viral. Dalam tayangan, terlihat ia dan sang putri mengikuti tren transformasi busana dengan mengibaskan benda di depan tubuhnya. Jika content creator lain menggunakan kain, Olivia memilih memakai bendera Indonesia. Sayangnya, bendera yang dilempar Olivia Jensen itu tersungkur ke bawah. Warganet geram dan mengkritik tindakan sang figur publik.

Berniat merayakan kemerdekaan RI, tindakan Olivia di video yang melempar bendera seolah membuangnya justru dikecam banyak pihak

Video yang diunggah Olivia Jensen tersebut, berniat untuk merayakan Hari Ulang Tahun RI yang ke-76. Ia dan sang putri ingin menunjukkan pesona perempuan Indonesia menggunakan kebaya yang anggun. Dalam video awalnya sang ibu dan anak masih menggunakan bathrobe, kemudian mereka kompak mengibas dan membuang Bendera Merah Putih ke arah samping untuk selanjutnya berubah busana menjadi kebaya dengan warna senada.

Advertisement

Tindakan Olivia yang melempar dan membiarkan Sang Saka Merah Putih jatuh ke tanah dinilai nggak menghargai simbol atau identitas dari Negara Kesatuan Republik Indonesia. Walaupun video yang diunggah sudah nggak bisa ditemukan, beberapa akun TikTok justru membagikan ulang, hingga ramai di media sosial yang lain.

“Enak banget bikin video tapi gak mikirin gimana susahnya buat ngibarin bendera pas masa penjajahan,” komentar akun @tbbzare***

Advertisement

“Kain kan banyak kenapa harus pakai bendera sih, apa perlu beliin kain lain?,” sahut warganet.

“Bisa-bisanya nyentuh tanah, dia belum ngerasain dijemur di siang terik gara-gara gak sengaja jatuhin bendera ya,” papar akun @leo***

“Anak paskib nangis lihat ini, nggak sengaja kena tanah secuil aja udah push up 100x,” pungkas yang lain menimpali.

Bertentangan dengan sikap memperlakukan identitas negara, tindakan Olivia Jensen dikritik hingga ia menutup kolom komentar media sosialnya

Peraturan soal Bendera Negara | Credit: Unspalash

Unggahan video Olivia memang  beniat merayakan kemerdekaan RI, tetapi tindakan yang menggunakan bendera Merah Putih sebagai properti hinga jatuh ke tanah tentu nggak dibenarkan, karena birisiko menurunkan kehormatan identitas negara. Nah, ada beberapa aturan yang perlu diperhatikan saat menggunakan Sang Merah Putih berdasarkan Undang-Undang Nomor 24 tahun 2009, tentang Bendera, Bahasa, Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan. Berikut bunyi larangan pada pasal 24:

  1. merusak, merobek, menginjak-injak, membakar, atau melakukan perbuatan lain dengan maksud menodai, menghina, atau merendahkan kehormatan Bendera Negara;
  2. memakai Bendera Negara untuk reklame atau iklan komersial;
  3. mengibarkan Bendera Negara yang rusak, robek, luntur, kusut, atau kusam;
  4. mencetak, menyulam, dan menulis huruf, angka, gambar atau tanda lain dan memasang lencana atau benda apapun pada Bendera Negara; dan
  5. memakai Bendera Negara untuk langit-langit, atap, pembungkus barang, dan tutup barang yang dapat menurunkan kehormatan Bendera Negara.

Semoga hal ini bisa menjadi pembelajaran bagi setiap orang ya. Sebab ada cara dan peraturan khusus memperlakukan sebuah identitas negara. Hal yang terlihat sepele, nyatanya sudah diatur sedemikian rupa,  sebagai bentuk penghormatan atas perjuangan bangsa Indonesia menggapai kemerdekaannya.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Pemerhati Tanda-Tanda Sesederhana Titik Dua Tutup Kurung

CLOSE