Pengakuan K-Poper yang Keluarkan Uang sampai Ratusan Juta, Rela Jor-joran demi Idola!

pengeluaran fan kpop

Penggemar K-Pop beberapa tahun terakhir semakin bertambah. Apalagi, dengan fenomena drama hingga karya musik dari Negeri Gingseng yang sukses di pasar global. Kalau ngomongin soal besarnya industri hiburan Korea Selatan, maka nggak bisa dimungkiri jika ada andil penggemar yang mendukung sang idola hingga namanya semakin tenar.

Menariknya, penggemar K-Pop ini nggak segan untuk merogoh kocek dalam-dalam demi memenuhi keinginan atau berbagi kebahagiaan dengan idola. Bahkan, ada yang berjuang menabung hingga jutaan rupiah supaya bisa mendatangi konser atau minimal mampu melengkapi pernak-pernik untuk dikoleksi.

Jumlahnya sudah bukan satu dua orang lagi, melainkan bisa mencapai ratusan ribu hanya dari Indonesia. Lihat saja saat konser BLACKPINK In Your Area di Jakarta pada 2019 silam, tercatat berhasil menggaet 15 ribu penggemar. Padahal, harga tiket kala itu dipatok mulai dari Rp1,1 juta hingga Rp2,5 juta.

Lantas, kenapa ya, para fan K-Pop ini bisa dibilang jor-joran untuk idolanya? Ada makna khusus nggak sih yang dirasakan mereka? Nah, untuk menjawab pertanyaan tersebut, Hipwee Premium berkesempatan untuk menghubungi para fangirl  yang aktif di dunia fandom ini.

Sebelumnya, sebuah studi yang dilakukan agregator e-commerce, iPrice, mengumpulkan data dari distributor  seluruh Asia Tenggara dan HongKong mengenai tren ini

Industri hiburan Korea Selatan | Credit: Flickr

Sebuah gagasan yang dikembangkan oleh iPrice membandingkan berapa banyak yang dihabiskan fan BTS, BLACKPINK, dan TWICE untuk penjualan merchandise, album, EP, dan tiket konser. Mereka berasumsi bahwa setiap penggemar membeli setidaknya satu item barang dagangan (light stick atau photo card), album sang idola, dan tiket konser.

Penggemar BTS menempati posisi teratas dengan pengeluaran rata-rata sebesar  US$1.442  dalam setahun atau senilai hampir Rp21 juta dengan kurs rupiah Rp14.340. Kedengarannya mungkin terlalu berlebihan, tapi ini sejalan dengan kebiasaan penggemar yang bahkan bisa mengumpulkan 15 album.

Sementara itu, penggemar TWICE mampu menghabiskan sekitar US$842 untuk kepentingan serupa. Fan BLACKPINK atau akrab disapa BLINK berada di posisi di bawahnya dan setidaknya telah menggelontorkan dana hingga US$665. Hasil ini lebih rendah dari dua lainnya, dengan alasan mereka tergolong lebih baru.

Salah satu fan K-Pop menuturkan bahwa ia menaksir telah mengeluarkan lebih dari Rp100 juta untuk mendukung keperluan fangirling-nya

Salah satu penggemar membagikan kisahnya kepada Hipwee Premium, bagaimana ia memutuskan menambah smartphone iPhone sebagai cara untuk mempermudah merekam proses video call dengan Jung Jae-hyun, NCT 127. Perempuan yang hanya ingin disebut S itu mengatakan bahwa pengin mengabadikan momen yang dianggapnya langka, mengingat sudah 3 kali pengajuan untuk melakukan video call  berakhir gagal. Padahal, sudah mengeluarkan materi yang cukup besar.

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini