Kehilangan Darah hingga 3 Liter, Alice Norin Ceritakan Perjuangannya Saat Lahirkan Putri Kedua

Perjuangan Alince Norin melahirkan

Pemain sinetron Alice Norin saat ini tengah berbahagia lantaran baru saja dikaruniai buah hati yang kedua. Alice diketahui melahirkan pada Rabu (9/9) lalu melalui proses caesar. Buah hati yang berjenis kelamin perempuan tersebut diberi nama Alana Naira Lawi. Sempat dirawat di ICU selama beberapa hari, sang buah hati pun kini telah kembali ke rumah bersama Alice.

Advertisement

Beberapa hari setelah melahirkan, Alice pun menceritakan perjuangannya saat melahirkan sang buah hati. Ternyata ia sempat mengalami pendarahan bahkan sampai tiga liter. Berikut cerita selengkapnya.

Saat hamil putrinya yang kedua ini, Alice didiagnosis mengalami placenta previa totalis accreta sehingga berisiko terjadi pendarahan di saat proses persalinan

View this post on Instagram

Mau sedikit sharing soal proses lahiran Alana yang buat aku pribadi super challenging, tapi alhamduillah lancar melewati tantangan di kehamilan yang kedua ini… I'm a Placenta Previa Totalis Accreta survivor. 💕 _ Di awal kehamilan, aku didiagnosis mengalami kondisi placenta previa yang mengharuskan aku untuk konsultasi dengan beberapa dokter ahli. Setelah beberapa kali konsul, ternyata ada kondisi accreta juga, dimana kasus accreta ini jarang terjadi. 😞 _ Beruntung, karena aku tau di awal sejak masa kehamilan sehingga aku dan dokter setidaknya bisa antisipasi worst case scenario yg mungkin terjadi. _ Dokter wanti2 sejak awal kalo saat lahiran mempersiapkan diri karena kemungkinan akan banyak terjadi pendarahan… And it happened, aku kehilangan darah sampai 3 liter selama proses lahiran. Setelah lahiran pun, aku blm bisa lgsg ketemu baby ANL #2 karena harus masuk ICU 2 hari gara2 kehilangan banyak darah. Setelah ketemu pun belum bisa langsung menyusui karena dokter bilang ada obat keras yang aku konsumsi karena kondisi aku dan tidak dianjurkan untuk menyusui. 😔 _ Selama kehamilan aku konsultasi sama para dokter yang bikin deg2an, karena ada kemungkinan kondisi aku ini mengharuskan aku untuk angkat rahim dan aku belum 100% siap, karna kalo itu satu2nya pilihan berarti aku ga akan bisa haid dan hamil lagi. 😢 _ Alhamdulillah, proses kelahiran Alana sukses tanpa kurang apapun, dan tanpa perlu angkat rahim. 🤰👶 _ And for this, I'd love to sincerely thank all of these doctors selama proses kehamilan dan kelahiran Alana ini: 👨‍⚕️ dr. Yassin dan dr. Achmad, yg sangat membantu aku selama kehamilan dengan anjuran2 yg super helpful tiap kali konsultasi. 👨‍⚕️ dr. Azen, yg mengkonfirmasi kondisi Placenta Previa Totalis Accreta yg aku alami. 👨‍⚕️ dr. Chamim, yg sukses mempertahankan rahim aku dan juga membantu aku selama masa pendarahan saat proses kelahiran Alana. _ Aku bersyukur sekali karena bisa melewati masa2 kritis ini. A friendly reminder untuk teman2 mommies yg mungkin sedang hamil, utk selalu rutin cek kehamilan karna lebih baik mengantisipasi apa yg mungkin terjadi. Semoga sehat selalu, dan terima kasih atas doa dan ucapan yg sudah diberikan! 🥰 #accretasurvivor

A post shared by Alice Norin Lawi (@alicenorin) on

Melalui akun Instagramnya, Alice bercerita kalau dirinya didiagnosis mengalami placenta previa di awal kehamilan. Namun ternyata nggak hanya itu, ia jug didiagnosis mengalami accreta yang bisa dibilang sangat jarang terjadi. Namun, Alice merasa beruntung karena bisa mengantisipasi kemungkinan terburuk sejak jauh-jauh hari, yaitu pendarahan bahkan angkat rahim. Saat proses persalinan, Alice tetap mengalami pendarahan bahkan sampai 3 liter. Sang bayi pun harus dirawat terlebih dahulu di ICU selama 2 hari karena pendarahan yang terjadi. Namun ia bersyukur bisa melewati masa-masa kritis tersebut sehingga Alice nggak perlu melewati proses pengangkatan rahim.

Advertisement

Alice pun mengingatkan betapa pentingnya untuk rutin cek kehamilan agar bisa mengantisipasi hal buruk yang bisa terjadi

Dari cerita perjuangannya ini, Alice pun mengingatkan kepada para calon ibu untuk rutin cek kehamilan. Sehingga para ibu hamil bisa mengetahui kondisi dirinya maupun bayi yang tengah dikandung. Hal ini tentu saja demi mengantisipasi kemungkinan buruk yang bisa terjadi nanti saat persalinan. Karena berkat diagnosis lebih awal Alice bisa mengurangi risiko terburuk saat dirinya melahirkan.

Kurang lebih 5 hari dirawat, Alice dan sang bayi akhirnya diperbolehkan pulang. Ia sangat bersyukur karena bisa melewati masa-masa sulit bersama Alana. Semoga Alana tumbuh menjadi anak yang solehah dan membanggakan orang tua ya. Aamiin..

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Pemerhati Tanda-Tanda Sesederhana Titik Dua Tutup Kurung

CLOSE