Rina Nose Blak-blakan Akui Tak Ingin Punya Anak: Bukan Keharusan, kan?

Pada umumnya, pasangan yang udah menikah akan punya rencana untuk memiliki momongan. Entah itu dalam waktu dekat atau menunda beberapa waktu ke depan. Namun, di sisi lain ada juga pasangan suami istri yang berprinsip lain dengan memutuskan untuk hidup berdua aja dan nggak punya anak. Populernya sering kita dengar dengan istilah child free. Prinsip inilah yang juga dianut oleh komedian Rina Nose dan suaminya, Josscy Vallaza Aartsen.

Advertisement

Menginjak usia pernikahan 3 tahun, pasangan ini memang belum pernah dikabarkan memiliki momongan. Rupanya, keduanya telah memutuskan untuk child free setelah berdiskusi dan mempertimbangkan banyak hal. Terlebih lagi, Rina Nose mengungkap bahwa keduanya merasa bahagia dengan keputusan yang diambil itu.

Bagi Rina Nose, memiliki anak bukanlah sebuah kewajiban dalam pernikahan

Bagi Rina, punya anak bukanlah kewajiban

Bagi Rina, punya anak bukanlah kewajiban | Credit: YouTube Melaney Ricardo

Baru-baru ini, Melaney Ricardo mengunggah obrolannya dengan Rina Nose di kanal YouTube-nya (16/9). Sebagai sahabat yang udah berteman lama, Melaney mengulik kisah hidup Rina Nose mulai dari karier, kehidupan pribadi, hingga pasangan hidup yang dinikahi Rina tahun 2019 silam.

Melaney menilai saat ini Rina Nose telah menemukan pasangan hidup yang sepadan untuknya. Bersama Josscy, Rina Nose pun bercerita bisa menjadikan suaminya itu tempat berdiskusi hal apapun sehingga obrolan keduanya selalu nyambung. Terlebih lagi, sang suami punya latar belakang di bidang penyutradaraan yang membuat pasangan ini sering berdiskusi soal seni peran.

Advertisement

Saat ditanya apakah punya rencana untuk punya anak, Rina Nose menjelaskan bahwa ia dan Josscy udah bahagia dengan kehidupan yang dijalani sekarang. Selama ini Rina sering mendapat pertanyaan serupa. Menurutnya, memiliki anak bukanlah kewajiban dalam suatu pernikahan.

“Sudah happy berdua, tanpa anak sudah happy. Kan banyak tuh yang tanya, ‘Kamu kapan punya momongan?’ Nah, gue tanya balik, ‘Kenapa itu harus ditanyai?’ Kalau pun nggak punya, emang kenapa? Bahkan, untuk orang-orang yang memilih untuk tidak menikah atau tidak punya anak, ya sudah, emang kenapa? Kan, bukan satu keharusan, kan?” jawab Rina Nose.

Meskipun suka dengan tingkah imut anak kecil, Rina Nose sadar kalau punya anak itu bukan untuk lucu-lucuan semata

Rina Nose dan suami

Rina Nose dan suami | Credit: Instagram @rinanose16

Advertisement

Setiap pasangan suami istri punya pertimbangannya masing-masing perihal punya momongan ataupun nggak. Mereka yang nggak punya anak pun ada yang karena alasan biologis maupun memang keputusan kedua belah pihak. Rina Nose dan sang suami memutuskan nggak punya anak karena ingin meminimalisir kemungkinan masalah yang akan tercipta di masa depan.

“Kalau secara diskusi, ibaratnya gini, hidup sudah banyak masalah, nanti kalau menambah anak itu, akan tambah masalah, sudah pasti,” jelasnya.

Warganet yang selama ini membanjirinya dengan pertanyaan kapan punya momongan penasaran melihat Rina Nose versi kecil yang menurut mereka pasti cantik dan lucu seperti ibunya. Padahal, menurut Rina Nose, melahirkan dan mengurus anak itu nggak bisa hanya karena ingin melihat tingkah lucu si anak.

“Gue senang anak kecil, lucu. Kadang-kadang tu kan netizen (bilang), ‘Ayo punya anak pasti anaknya lucu, cantik.’ Masalahnya, punya anak bukan buat lucu-lucuan. Lucunya sementara, paling berapa tahun, nanti habis itu problem muncul, kan?” sambungnya.

Rina nggak menampik fakta bahwa permasalahan pasti akan selalu ada terlepas dari apapun pilihan hidup yang diambil manusia. Hidup dalam pernikahan yang child free pun nggak menjamin hubungan Rina Nose dan suami terbebas dari masalah. Maka dari itu, Rina Nose mencoba mengeliminasi potensi-potensi masalah yang sekiranya bisa ia kurangi mulai sekarang.

Problem pasti ada. Mau nikah, mau punya anak, pasti ada. Tapi, setidaknya, mana-mana saja problem yang harus kita kurangi, kita eliminasi,” pungkas Rina Nose.

Rina Nose juga menjelaskan bahwa standar kebahagiaan hidup setiap orang itu berbeda-beda. Ia merasa hal itulah yang membuat setiap manusia harus paham tentang apa yang baik maupun tidak untuk hidupnya. Ia dan sang suami sepakat untuk menjalani budaya yang mereka ciptakan untuk hubungan mereka sendiri tanpa terpengaruh standar mayoritas masyarakat.

Pengakuan Rina Nose itu memunculkan pro kontra dari warganet

Pengakuan Rina Nose picu pro kontra warganet

Pengakuan Rina Nose picu pro kontra warganet | Credit: Instagram @rinanose16

Perbincangan tentang child free memang masih sering memunculkan perdebatan tajam antara yang setuju dan yang nggak. Beberapa dari warganet merasa bahwa prinsip Rina Nose dan sang suami adalah sepenuhnya hak mereka. Namun, ada juga yang mempermasalahkan perkataan Rina Nose yang menganggap punya anak akan menambah masalah.

“Realistis aja sih pendapatnya. Emang ada masanya anak akan menjadi hal yang menyenangkan bagi kita orang tua. Tapi ada kalanya juga anak bakal menambah atau menumpuk tanggung jawab serta beban apabila anak tersebut tidak bisa di-handle dengan baik. Intinya jangan cuma bisa bikin anak. Kalau pun pengen punya anak banyak harus dipikirin terlebih dahulu bagaimana nanti kehidupan si anak dan masa depannya,” tulis @thiy**

“Yang namanya hidup pasti ada masalah. Maaf, mempunyai anak itu bukan berarti tambah masalah tapi anak itu rezeki yang tidak ternilai yang tidak bisa tergantikan oleh apapun,” tulis @isna**

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day

CLOSE