Model-model dan warna sepatu high heels selalu menarik dilihat mata. Tampilannya yang lucu ini membuat kita ingin membelinya saat punya uang lebih. Di bayangan kita, memakai high heels akan bisa menunjang penampilan yang mencuri perhatian.

Namun sayangnya, nggak semua cewek dianugerahi bakat natural untuk berlenggak-lenggok dengan heels. Bukannya anggun, kamu malah jadi insecure sendiri karena takut jatuh atau tersandung.

Advertisement

High-heels juga pantas disebut sepatu penyesalan. Kepercayaan diri yang datang 5 menit setelah sepatu terpasang kadang tak sebanding dengan rasa perih dan pegal-pegal akibat memakai heels selama satu jam.

Karena memakai high heels adalah hal yang menantang, baca dulu tips memakainya supaya kamu terbantu. Kalau sudah tahu apa saja yang harus kamu lakukan biar kamu mulus berjalan, menghadiri acara penting seperti kondangan atau wisuda — yang mengharuskan kamu memakai high heels — bakal jadi mudah semudah-mudahnya!

1. Mungkin kamu adalah pemula, tak terlalu sering memakai heels sebelumnya. Jangan ragu untuk memakai wedges dulu agar kakimu terbiasa

Pakai wedges dulu

Pakai wedges dulu via bibinigh.com

Saat kamu belum pernah memakai sandal atau sepatu berhak tinggi sebelumnya, kamu akan merasa takut dan susah berjalan jika kamu pakai hak tinggi model stiletto yang memiliki hak lancip. Namun pada awalnya, kamu pun bisa memilih heels model wedges yang nggak terlalu ekstrem dan punya permukaan yang lebih luas sehingga tekanan pada jarimu tak akan terlalu membuatnya sakit.

Advertisement

Jangan ragu untuk memilih wedges yang kamu favoritkan, karena jelas kamu akan lebih percaya diri dan dengan senang hati berlatih jalan dengan model high heels pilihanmu. Wedges juga bisa banget melengkapi penampilanmu dengan dress semi-formal yang sudah kamu siapkan untuk acara penting yang akan kamu hadiri.

2. Agar heels milikmu tak terlalu licin, amplas bagian bawahnya untuk menambah gaya gesek pada tiap pijakan langkahmu

Biar nggak licin

Biar nggak licin via thefad.pl

Menurut ahli style Miss J Alexander, akan lebih baik jika sepasang high heels dibuat tidak terlalu licin dengan cara diamplas sedikit bagian bawahnya. Mungkin memang terdengar sayang untuk dilakukan, terutama jika high heels milikmu masih bagus dan baru dibeli. Namun ini adalah cara yang ampuh agar kamu bisa lebih nyaman dalam melenggang. Lebih baik bagian sol “hancur” sedikit daripada kamu terpeleset dan menanggung malu!

3. Berjalanlah dengan langkah yang tak terlalu panjang. Karena high heels secara natural akan mengurangi jarak langkah kaki kita

Jangan panjang-panjang jalannya

Jangan panjang-panjang jalannya via suburbanadventure.net

Saat kita memakai high heels, kaki kita secara natural akan berkurang jarak langkahnya. Jadi, kamu disarankan untuk nggak mengambil langkah yang terlalu panjang. Karena dengan high heels, kita memang membuat langkah kaki menjadi lebih pendek-pendek dan lebih banyak dari biasanya.

4. Cara jalan yang benar adalah dengan menapakkan bagian belakangnya terlebih dahulu ke lantai, baru disusul oleh bagian depan high heels

Cara menapakkan kaki yang benar

Cara menapakkan kaki yang benar via tribeappeal.wordpress.com

Mungkin kamu pernah melihat beberapa orang yang berjalan dengan cara menapakkan seluruh bagian bawah high heels secara bersamaan seperti saat memakai alas kaki yang rata. Hal ini akan menyebabkan si pemakai terlihat seperti penguin, dan postur tubuhnya pun sedikit membungkuk ke depan. Yang lebih tepat adalah menapakkan bagian belakang atau heels-nya terlebih dahulu, baru setelahnya bagian depan dari high heels.

Selain itu, usahakan berjalan seperti mengikuti garis lurus di tengah badanmu, sehingga kamu tak akan menimbulkan kesan ‘ngangkang’ saat berjalan memakai high heels. Jika memang kamu tak bisa melakukannya, paling tidak berusahalah mendekati garis lurus tersebut.

5. Berjalan menggunakan high heels otomatis membuat seluruh tubuhmu bekerja bersamaan demi menunjang performa jalanmu. Jadi perhatikan juga postur tubuhmu, ya

Tegap tapi rileks

Tegap tapi rileks via www.zimbio.com

Sukses berjalan menggunakan high heels adalah tanda bahwa postur tubuhmu memang baik. Karena cara jalan yang cantik hanya bisa kamu dapat jika kamu mengendalikan seluruh badanmu dari atas sampai bawah. Postur tubuh yang tepat untuk menunjang penampilanmu adalah dengan menegakkan tubuhmu, menarik bahumu ke belakang, dan menegakkan kepala. Tapi walaupun seluruh tubuhmu tegap, kamu harus tetap terlihat rileks, ya. Postur tubuh saja yang dibikin tegap, tapi otot harus tetap santai agar nggak terlihat dibuat-buat. Selain itu juga rilekskan pinggulmu dan lututmu agar dapat mengayunkan langkah dengan lebih baik.

6. Saat kamu pakai high heels, jangan ragu untuk sering-sering duduk setiap ada kesempatan

Duduk pake high heels itu cantik maksimal

Duduk pake high heels itu cantik maksimal via www.wallpapersbuzz.com

Karena pakai high heels, otot kaki pun bisa tegang apalagi jika terlalu lama berdiri maupun berjalan. Daripada otot kakimu cidera, jangan ragu untuk sering-sering duduk setiap kali ada kesempatan. Selain untuk mengistirahatkan kakimu, kamu pun akan mendapatkan penampilan yang cantik saat kamu duduk dan mengenakan high heels. Silangkan kakimu dan kamu akan mendapatkan efek kaki yang jenjang dan cantik. Daripada pegel habis nyalamin manten saat kondangan, kamu bisa ambil minuman segar terus duduk deh di kursi terdekat. Asal nggak ikut duduk di pelaminan aja, ya. Hehe

Kuncinya adalah berlatih terus dan terus jika kamu ingin bisa lancar berjalan dengan mengenakan high heels. Jangan menyerah demi terlihat semakin cantik ya, girls. Yang penting kamu pede dan kamu pun akan terlihat sempurna dengan high heels kesayanganmu.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya