Teka-teki di Balik Produk Perawatan Laki-laki dan Perempuan. Gimmick atau Memang Kebutuhan?

alasan produk laki-laki perempuan beda

Seiring berkembangnya zaman, perawatan tubuh tak hanya dikhususkan untuk perempuan saja. Kini semakin banyak orang yang sadar tentang pentingnya merawat diri, termasuk dalam penggunaan skincare untuk laki-laki. Meski tak bisa dimungkiri bahwa ada sebagian orang yang masih sungkan membahas hal tersebut, nyatanya pria juga perlu merawat penampilan dan mendobrak stigma bahwa cowok yang melakukan perawatan itu bukan gentleman.

Meskipun begitu, ada satu isu baru yang muncul karena hal ini; terjadi klasifikasi produk dengan embel-embel “for men” atau “for women.” Kelihatannya sih perusahaan melakukan segmentasi ini supaya bisa disesuaikan dengan preferensi atau agar berbagai kandungan dalam produk bisa tepat sasaran. Akan tetapi, apakah benar demikian yang terjadi?

Apakah pengkhususan produk ini benar-benar sesuai dengan kebutuhan para konsumen sesuai gender atau cuma gimmick marketing semata untuk menaikkan penjualan?

Produk untuk pria dan wanita kerap dibedakan berdasarkan kemasan, warna, tekstur, harga, hingga persuasi penjualan. Haruskah seperti itu?

Kemasan yang sering dibedakan | Credit: Jordan Nixon Unsplash

Pernah nggak sih kamu mempertanyakan, mengapa produk perempuan kebanyakan berwarna merah muda dan ungu, sedangkan laki-laki identik dengan hitam dan biru? Padahal, dengan ragamnya pilihan, klasifikasi warna berdasarkan gender rasanya terlalu membatasi diri. Boleh saja kan, seorang perempuan ingin produk yang berwarna biru atau hitam juga?

Kemasan produk pun terlihat jelas perbedaannya, di mana tampilan dibuat lebih imut dan ramping untuk perempuan. Di sisi lain produk  laki-laki digambarkan dengan bentuk minimalis dan desain sederhana tanpa banyak warna. Belum lagi, copywriting penjualan yang semakin mengerucutkan bahwa perempuan dan laki-laki pokoknya harus beda! Misalnya nih, dalam kemasan produk perempuan dituliskan copy yang memberikan kesan lembutsedangkan produk untuk pria ditekankan pada energi dan kekuatan.

Dalam kasus lain, produk dikategorikan dengan alasan tersendiri. Salah satu contohnya skincare yang dibuat berdasarkan jenis kulit

Perbedaan skincare perempuan dan laki-laki | Credit: Lumin on Unsplash

Produk skincare antara perempuan dan laki-laki yang dibedakan nyatanya juga punya alasan. Menurut penuturan dokter kulit Rita Linker MD dari Spring Street Dermatology di New York, memang ada perbedaan jenis kulit pada keduanya. Menurutnya, kulit pria cenderung lebih berminyak dan memiliki kepadatan folikel rambut yang meningkat.

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini