Definisi bermatapencaharian tak melulu dalam bentuk duduk manis di meja kantor selama 8 jam lalu kembali pulang ke rumah untuk melepas lelah. Hal yang kamu sukai pun bisa menjadi pekerjaan idaman. Dari hobi yang suka bereksperimen dengan pakaian dan menekuni seluk beluk fashion, kamu pun bisa memulai untuk berbisnis di dunia ini.

Sebagai fashion figur yang sudah menekuni di bidang mode hijab Indonesia, Dian Pelangi sudah khatam merasakan asam manis untuk mengembangkan bisnisnya ini. Hipwee akan membeberkan beberapa tips dari Dian Pelangi ketika berkesempatan bertemu langsung beberapa waktu lalu. Semoga bisa semakin memotivasi kamu untuk tetap semangat mengembangkan bisnis ini, ya!

Ketertarikan adalah titik paling awal sebelum menekuni bisnis. Kalau history-mu isinya link laman fashion, gejala awal nih!

Advertisement


Untuk menyukai sesuatu lebih dalam, hal yang membuatmu tetap mengikuti perkembangan berawal dari ketertarikan. Kalau kamu tertarik dengan seluk beluk dalam berpakaian yang menawan, ada kemungkinan bahwa fashion menjadi salah satu kesukaanmu. Suka membongkar lemari mama dan nenek sambil berlama-lama nge-mix & match di depan kaca bisa jadi adalah indikator awalnya.

Ditambah lagi dengan mengikuti perkembangan tren kekinian yang ada di sekitaran, tak ayal akan menumbuhkan keinginan buat punya bisnis sendiri. Menjadikan bisnis dari kesukaanmu dengan fashion, bisa menjadi sebuah alternatif yang bikin bekerja jadi tak terasa berat. Toh, pekerjaan impian adalah yang berasal dari hobi dan kesukaan.

Cari kekhasan sebagai branding dari produkmu. Yang berbeda dan buat orang bilang “Produknya ini banget nih!

Gimana signature-mu?

Gimana signature-mu? via www.instagram.com

Advertisement

Sebelum kamu benar-benar membuka portal website dan lapak di media sosial, kamu harus memikirkan branding yang matang tentang produk yang akan kamu buat. Paling tidak, ada sebuah aspek yang menunjukkan bahwa barang ini menyiratkan tentang dirimu.

“Agar lebih beda, branding itu penting. Seperti Dian Pelangi, ya penampilan yang seperti ini Dian banget. Sebegai pembeda dengan yang lain”

–Dian Pelangi

Belum terlambat kok untuk mencari signature untuk menjadi pembeda dengan lapak lain. Ketika nama bisnismu disebut, orang akan ingat ke-khas-an yang kamu bikin.

Komentar kurang menyenangkan pasti ada. Jadikan sebagai motivasi buat jadi lebih baik

“Komentar kurang mengenakkan akan selalu ada. Sebaliknya, komentar haters yang membangun diri biar bisa lebih baik dan berbenah.”

–Dian Pelangi


Merintis segala bisnis, pasti punya tantangan tersendiri. Terlebih lagi dalam hijab yang masih dibedakan antara yang syar’i dan kurang syar’i yang akan menimbulkan perdebatan panjang. Komentar-komentar yang pedas dari orang-orang jangan dijadikan alasan untuk tidak melanjutkan proses merintis bisnis ini. Malah, kamu bisa menjadikannya sebagai motivasi untuk membenahi beberapa aspek untuk memperluas market. Karena haters tahu celah-celah dan kesalahan yang bisa kamu perbaiki nantinya.

Perluas koneksi dengan banyak fashion people. Kolaborasi yang bisa jadi ide brilian!

“Koneksi itu penting. Berkesempatan buat bisa berkolaborasi, pun akan bawa keuntungan buat banyak pihak.”

–Dian Pelangi


Tak hanya berkutat dengan bisnis, kamu pun sesekali perlu menghabiskan waktu berkumpul dengan orang-orang yang punya passion di bidang yang sama. Selain untuk mendapatkan inspirasi untuk produk, koneksi pun harus kamu luaskan seluas mungkin. Teman adalah koneksi yang perlu kamu jaga. Karena dari temannya temanmu, bisnismu akan mendapatkan apresiasi yang lebih juga nantinya.

Berkesempatan bisa bertemu fashion people dalam sebuah acara, adalah sebuah momen yang jangan sampai kamu siakan. Bertemu desainer muda yang punya referensi sama dalam style, siapa tahu ke depannya bisa diajak untuk berkolaborasi dalam sebuah project. Tak ada salahnya untuk mencoba segala cara dalam berbisnis, kan?

Selain menyiapkan modal yang cukup, ketertarikan dan kemauan untuk merintis dari awal juga harus kamu miliki. Tahan banting dan siap menerima tantangan di bisnis fashion lainnya juga perlu kamu coba. Kak Dian Pelangi sudah memberikan beberapa tipsnya yang semoga bisa membuat kamu lebih bersemangat buat memulai, ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya