Kondisi rambut jadi salah satu hal yang memengaruhi tingkat ke-PD-an akan penampilan. Idealnya, rambut perlu dicuci rutin paling nggak setiap dua hari sekali agar tetap sehat dan tampak rapi. Sayang, banyak cewek yang melewatkannya karena beberapa hal. Akibatnya, rambutnya jadi kotor, lepek, berminyak, dan nggak oke sama sekali. Belum lagi kalau ia harus memakai helm saat berkendara untuk aktivitas sehari-hari. Nggak usah tanya deh, rasanya ingin ganti rambut baru secepatnya.

Kalau kamu sering mengalaminya, jangan khawatir, Hipwee Style punya beberapa trik untuk menyiasati bad hair day, khususnya buat rambut lepek dan nggak sempat keramas. Langsung saja cekidot!

1. Hindari menggerai rambut saat bad hair day, cepol rambutmu dengan gaya messy bun yang terkesan berantakan tapi stylish

nggak usah rapi-rapi amat via www.lovehannahlee.com

Advertisement

Buatmu yang berambut panjang, mungkin cara ini sudah sering diterapkan. Cara paling sederhana ya dengan mengucirnya bergaya ekor kuda. Tapi kalau kucir ekor kuda nggak cukup menyelamatkan, cobalah messy bun, gaya cepol yang terkesan santai, berantakan, tapi tetap stylish. Caranya juga gampang kok, kamu cukup sisir rambut dengan jari, bawa ke puncak kepala, lalu gulung-gulung rambutmu dan ikat. Nggak usah rapi-rapi amat, karena yang dicari memang efek berantakannya. Aman deh, nggak bakal ketahuan kalau kamu lagi bad hair day!

2. Selain dicepol, mengepang rambut bisa menyamarkan rambut lepekmu yang belum sempat dicuci itu

kepang samping lalu kucir via www.nimblesports.com

Kalau kamu bosan dengan gaya ekor kuda atau cepolan, mengepang rambut akan menyelamatkan rambut lepekmu. Ada banyak jenis kepangan yang unik dan bikin rambut jadi kelihatan cantik. Mungkin kamu agak kesulitan untuk menghafal ragam kepangan yang banyak itu, tapi kamu bisa memelajarinya lewat tutorial berikut ini. Atau kamu bisa meminta bantuan temanmu yang cukup berpengalaman untuk mengepangkan rambutmu. Selesai!

3. Ubahlah belahan rambutmu ke arah yang berlawanan untuk memberi efek mengembang, lalu jepit dengan bobby pin

ganti belahan lalu jepit via www.bustle.com

Nah, cara ini akan efektif buat yang rambutnya pendek atau tanggung, apalagi mudah berantakan dan nggak beraturan. Coba deh ubah belahan rambut ke arah sebaliknya, atau kalau rambutmu punya belahan tengah, buatlah jadi belahan samping. Cara ini akan memberi efek mengembang pada rambut yang dibelah ke arah berlawanan. Kalau dirasa kurang oke, kamu bisa sematkan bobby pin di bagian rambut yang mengembang. Dengan begini, kamu akan tampak ‘sengaja’ menjepit dan menata rambut dengan gaya messy. Padahal, sih, memang berantakan sungguhan 🙁

4. Tambahkan aksesori rambut yang menyembunyikan lepek dan membuatnya tampak lebih menarik

pakai scarf yang dibikin jadi bandana via www.google.co.id

Advertisement

Bereksperimenlah dengan aksesori rambut untuk menyiasati bad hair day. Misalnya, dengan menjepit ponimu yang lepek dan nggak banget dengan jepitan rambut yang kece. Pakai bandana atau kreasi scarf untuk mengalihkan fokus pandangan agar nggak sepenuhnya menuju rambutmu yang lagi kacau itu. Atau, kamu juga bisa pakai topi saat lagi hang out di luar ruangan untuk menutupi kekurangan rambut dan tampil beda. Nggak ada alasan buat nggak PD!

5. Menyasak bagian pangkal rambut bakal bikin rambutmu terlihat lebih mengembang dan nggak ketahuan lepeknya

Cara yang satu ini cukup menolong bagi pemilik rambut lurus. Caranya, bagi rambut menjadi beberapa bagian yang sama, lalu sasak pelan-pelan dari bagian pangkal rambut secara perlahan dan berulang. Gunakan sisir khusus sasak yang agak rapat ya. Hasilnya, rambut akan terlihat lebih bervolume dan nggak mengilap akibat lepek. Lalu tinggal atur seperti biasa deh!

6. Pakai sampo kering saat bad hair day emang penting banget sih, apalagi kalau rambutmu berminyak banget

semprotkan sampo kering via www.mudmudmud.com

Sampo kering itu bisa dibilang produk ajaib yang perlu kamu stok. Fungsinya menyerap kotoran dan minyak di rambut sehingga tampak lebih sehat dan enak dilihat. Cara pakainya juga gampang banget. Cukup semprotkan sedikit demi sedikit sampo kering di bagian akar rambut, lalu sisir rambut dengan jari tangan dan usap akar rambut dengan tisu atau kertas minyak. Dan, voila! rambutmu akan kembali tampak oke, bervolume, dan wangi juga.

Kalau kamu nggak punya sampo kering, taburkan bedak bayi aja biar minyak-minyak di ujung rambut bisa terentaskan.

7. Kalau kamu masih punya cukup waktu untuk mencuci rambut tapi nggak seluruhnya, cucilah di bagian tertentu saja

dicuci bagian tertentu aja via justaddmascara.wordpress.com

Kedengarannya sih rada repot. Tapi cara ini bisa diterapkan kalau kamu pengen banget keramas tapi nggak cukup waktu kalau mencuci seluruh rambut karena takut lama keringnya dan terburu-buru. Kalau begini, cuci bagian rambut tertentu saja, misalnya di bagian poni yang lepek, atau dari tengah sampai ujung rambut yang kelihatan banget dari depan. Setelah itu tunggu kering deh. Nggak perlu menunggu waktu lama, rambut tampak depanmu ini pun bakal lebih fresh dan nggak malu-maluin.

Lain kali, kalau kamu mendapati rambutmu nggak kooperatif dan sulit diatur karena belum sempat keramas, cara-cara di atas bisa menyelamatkan. Jangan minder dan tetap PD, ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya