Suspender adalah salah satu aksesoris yang bisa menggantikan sabuk sebagai pengencang celana. Berbeda dengan sabuk, suspender memiliki keuntungan tersendiri yang antara lainnya adalah lebih praktis dan fleksibel daripada sabuk. Suspender biasanya didesain dengan bahan yang melar, jadi apapun bentuk tubuhmu, kamu tetap bisa memakai aksesoris yang satu ini. Ditambah lagi, suspender juga memiliki kelebihan karena suspender dapat memberi ilusi bahwa tubuhmu lebih panjang, jadi kamu bisa terlihat lebih tinggi.

Jaman sekarang memang suspender terlihat jarang dipakai oleh cowok-cowok indonesia, kecuali kamu yang hobi berpakaian a la vintage. Kadang kamu juga sering melihat mas-mas barista memakai suspender agar tampilannya terlihat kece ketika sedang membuatkan kamu secangkir capuccino. Padahal suspender bisa digunakan untuk menciptakan berbagai macam tampilan yang kece lho! Nggak Percaya? Cek yuk?

Suspender dengan kaos dan celana panjang kesannya kasual namun tetap lucu!

simpel nan ganteng via lookbook.nu

kasual dan lucu via lookbook.nu

Suspender bisa banget kamu pakai dengan pakaian sehari-hari kamu yang nggak ribet. Cukup dengan memakai kaos dan celana panjang chinos atau jeans favoritmu, kamu pun dapat terlihat kece di keseharianmu. Suspender berwarna hitam adalah yang paling aman untuk dimiliki karena cocok dengan warna baju apapun. Seperti di gambar pertama, suspender hitam tersebut terlihat cocok dipadukan dengan kaos berwarna ungu dan celana jeans biru. Meskipun begitu, Kamu juga bisa memadukan warna suspendermu dengan outfit seperti di gambar nomor 2 dimana garis merah pada suspender menyatu dengan warna merah di celana. Dengan begitu, tampilanmu terlihat lebih kohesif dan menyatu!

Ditambah dengan celana pendek, tampilan kasualmu akan terlihat lebih boyish namun juga kece!

Advertisement

kasual dan boyish via lookbook.nu

cute! via lookbook.nu

Siapa bilang memakai suspender bikin kamu kelihatan kayak om-om? Padahal memakai suspender justru bisa membuat tampilan kamu semakin boyish. Dengan memadukan suspender dan celana pendek, kamu mendapatkan tampilan yang kekanakan namun tetap kece karena tampilannya yang imut seperti di gambar kedua diatas. Tampilan ini cocok banget buat kamu yang lagi pengen nyantai di kafe atau jalan-jalan di tengah kota.

Baik kaos atau kemeja, suspender dengan lengan yang digulung itu kesannya vintage dan hip banget!

vintage via id.pinterest.com

old school! via lookbook.nu

Mungkin sebagian dari kamu lebih menyukai gaya yang sedikit unik seperti gaya vintage. Gaya mode yang fokus terhadap tampilan yang jadul ini nggak cuma unik tapi tetep kece dan sekarang masih aja ngetren. Kaos putih, terutamanya, cocok banget dipadukan dengan suspender untuk kesan vintage terutama jika lengannya kamu gulung. Hal tersebut dikarenakan kaos putih yang dilinting identik dengan tampilan para pekerja kelas menengah kebawah jaman dulu. Begitu juga dengan kemeja, tampilan yang satu ini memberi vibe anak-anak hipster dan juga vintage secara bersamaan.

Gaya anak punk/skinhead yang slengekan namun maskulin bisa diraih dengan tambahan detil aksesoris, skinny jeans dan sepatu boots!

ngepunk banget! via lookbook.nu

slengekan! via lookbook.nu

gaya skinhead yang kece! via web.facebook.com

Buat kamu anak punk yang suka rock ‘n roll, heavy metal, dan sebagainya, tampilan ini cocok banget untuk menggambarkan kepribadian kamu. Tampilan anak punk atau skinhead yang slengekan bisa kamu raih dengan menggabungkan suspender dan skinny jeans. Tambahkan aksesoris seperti sepatu boots dan gelang-gelang maskulin agar tampilanmu semakin ngepunk. Atasan kaos oblong memang yang paling cocok untuk gaya punk yang satu ini, meskipun begitu kamu juga bisa terlihat ngepunk dengan kemeja lengan pendek favorit kamu dengan kancing leher yang dikatupkan seperti digambar ketiga diatas! Meskipun terlihat slengekan dan agak “nakal”, tampilan yang satu ini tetep kece karena sifatnya yang maskulin dan juga unik!

Ngantor pun terlihat kece dengan suspender dibalik jas atau kardigan favorit kamu!

ngantor dengan kece! via id.pinterest.com

rapih via lookbook.nu

Buat kamu yang udah pernah nonton film Wolf of Wall Street atau James Bond pasti udah sering deh melihat orang kantoran yang memakai suspender. Yap, memang suspender ini bisa banget kamu pakai buat tampilan kantoran terutama ketika kamu malas memakai sabuk. Baik kamu ngantor menggunakan jas, kardigan, atau kemeja biasa, kamu bisa memadukan suspender kamu dengan pakaian tersebut. Terutama apabila kamu memakai jas atau kardigan, suspendermu tidak akan terlihat. Jadi kamu nggak perlu repot-repot memadukan warna deh! Bahkan kamu bisa memadukan dasi favorit kamu dengan suspender tesebut kalau kamu memang ngantor dengan menggunakan dasi. Nggak cuma terlihat rapi dan klimis, kamu pun tetap bisa terlihat kece dan pantas ketika ngantor!

Nah, buat kamu cowok-cowok yang belum punya suspender di lemarimu, sekarang udah saatnya kamu beli! Nyobain gaya baru itu nggak ada salahnya kok, apalagi kalau kamu memang lagi bosan dengan gayamu yang biasa. Yuk, cobain!