4 Kesalahan Umum Pakai Sunscreen yang Baiknya Nggak Lagi Kamu Lakukan. Please, Jangan ya!

kesalahan pakai sunscreen

Apa sih salah satu beauty staples harian kamu?

Advertisement

Saat ditanya soal produk kecantikan pokok harian, mungkin bakal muncul beragam jawaban. Ada yang jawab pembersih muka, pelembap, atau malah lipstik. Macam-macam ya, dan barangkali salah satunya juga nyempil jawaban sunscreen atau sunblock. Hmm, harusnya sih yang ini nggak sekedar nyempil karena sunscreen harusnya memang JADI salah satu produk kecantikan wajib kita tiap hari.

Sunscreen atau sunblock adalah salah satu produk perawatan kulit yang wajib kita gunakan setiap hari, demi melindungi kulit kita dari pengaruh buruk sinar matahari. Meski di rumah saja, sebaiknya produk ini nggak kamu abaikan. Apa sih bedanya sunscreen dan sunblock? Nah, kebetulan Hipwee sudah pernah bahas di sini jadi silakan dibaca ya. Sekarang Hipwee mau mengupas 4 kesalahan umum orang-orang berkaitan dengan sunscreen atau sunblock. Keep reading!

1. Kesalahan yang paling utama adalah nggak pakai sunscreen dan sunblock secara rutin sedini mungkin, bahkan di hari mendung atau pas kamu di rumah saja. Percuma kan, kalau dipakai cuma sekali seminggu?

Sunscreen Sunglasses Towel Book Recess Relax Concept | Credit: Freepik – rawpixel via www.freepik.com

Mungkin kamu sudah sering banget diingatkan, bahwa pemakaian sunscreen atau sunblock (mari kita sebut tabir surya saja ya sekarang) penting banget untuk mencegah kanker kulit, penuaan dini dan sebagainya. Tapi meski sudah tahu begitu, kamu masih sering lupa dan malas memakainya. Ini adalah kesalahan utama yang sebaiknya mulai kamu hempas mulai sekarang ya. Mau sebagus apapun produkmu, percuma kalau pakainya cuma sesekali, kalau mood atau ingat. Dilansir dari laman News Medical, di hari mendung pun kamu tetap butuh sunscreen ya.

Advertisement

2. Kesalahan kedua, nggak memakai tabir surya ini dengan jumlah yang tepat. Entah terlalu sedikit, atau malah terlalu banyak sampai muka kayak panci penggorengan

Tahukah kamu bahwa pemakaian ideal untuk sunscreen atau sunblock adalah 2 ruas jari (jari tengah dan jari manis) untuk menutupi area wajah dan leher? Kurang dari itu, proteksinya jadi kurang maksimal. Jika diukur dengan sendok, kira-kira sekitar 2 sendok teh untuk menutupi area wajah dan badan yang terekspos sinar matahari, dilansir dari laman skincancer.org. Pastikan setiap bagian yang rentan terpapar tertutup sunscreen dengan baik. Namun jangan berlebihan juga, karena bisa memicu kulit jadi berminyak.

3. Nggak teliti membaca keterangan produk, jadi spesifikasinya nggak sesuai sama kulit kita dan kebutuhan harian. Makanya wajib riset dan teliti sebelum membeli ya!

Credit: Chezbeate from Pixabay via pixabay.com

Ada banyak banget tabir surya yang beredar, mulai dari bentuknya (cream, lotion gel atau spray) dan jumlah SPF-nya. Pastikan kamu memilih yang sesuai kebutuhan, yang untuk dipakai harian di rumah sama yang dipakai saat berjemur di tepi pantai tentu berbeda ya. Perhatikan juga jumlah SPF-nya yang akan menentukan berapa lama proteksi yang kamu dapatkan dari tabir surya. Plus. ingat untuk re-apply untuk memaksimalkan proteksinya. Pastikan juga produk sunscreen kamu mencantumkan broad spectrum yang artinya melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB sekaligus.

Advertisement

4. Last but not least, memakai sunscreen yang sudah terlalu lama alias mendekati (atau malah udah?) kedaluwarsa. Saking jarang pakai, kamu cuek aja pakai produk tabir surya yang dibeli 4 tahun lalu. OMG, please don’t do this…

Credit: Photo by Moose Photos from Pexels via www.pexels.com

Setiap produk pasti ada akhir masa pakainya dan bakal berbeda-beda tergantung bentuknya cair, cream atau gel. Pastikan kamu mengikuti petunjuk sesuati masa pakai di kemasan sunscreen kamu ya. Harusnya sih kalau rutin dipakai, nggak akan sempat kedaluwarsa tuh produknya~

Tabir surya, entah itu sunscreen atau sunblock adalah salah satu bagian penting dari perlindungan kulitmu. Lebih penting dari pakai bedak! Penggunaan tabir surya sangat penting untuk mencegah kulit terbakar sinar matahari, kanker kulit dan penuaan dini, yang meliputi kerutan dan bintik penuaan. Ingat, agar produk ini bisa bekerja maksimal, pastikan kamu memilih produk yang sesuai kebutuhan dan membaca baik-baik petunjuk pemakaiannya ya!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

An independent woman, loving mom and devoted wife.

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE