7 Menu Makanan yang Wajib Ada di Pesta Nikah Berbagai Negara. Unik dan Sarat Makna!

makanan unik pesta pernikahan

Acara resepsi pernikahan adalah salah satu rangkaian acara yang penting bagi para pengantin. Pasalnya, pada acara ini pasangan pengantin mengundang para tamu untuk menyaksikan prosesi pernikahan sekaligus mencicipi beragam makanan yang disajikan oleh pasangan pengantin. Kalau saat ini zuppa soup masih menjadi sajian idola para ibu-ibu di pesta pernikahan Indonesia, beberapa negara lainnya juga memiliki menu makanan yang nggak kalah unik dan wajib ada di pesta pernikahan.

Advertisement

Bahkan ada makanan yang sengaja disiapkan oleh pasangan pengantin sebagai suvenir atau hadiah bagi para tamu undangan lo! Kira-kira apa aja ya makanan unik dari negara lainnya? Yuk langsung simak ulasan Hipwee Wedding berikut~

1. Kazunoko merupakan makanan yang sering ada di pesta pernikahan orang Jepang dan terbuat dari telur ikan haring

Kazunoko | Credit Pinterest – justonecookbook.com

Melansir dari laman Wedding Market, sajian khas pernikahan Kazunoko terbuat dari telur ikan haring yang melambangkan kesuburan dan kesejahteraan keluarga. Sajian ini dibuat dengan cara menjemur telur ikan di bawah sinar matahari dan diasinkan menggunakan garam kosher. Selain sebagai lambang kesuburan, sajian ini juga menjadi harapan bagi para pengantin agar bisa segera memiliki keturunan. Telur ikan haring ini juga memiliki harga yang cukup mahal lo yaitu sekitar Rp500 ribu – Rp700 ribu untuk satu ons telur ikan.

2. Thailand memiliki hidangan pencuci mulut bernama Foy Thong yang sudah terkenal sejak zaman Thailand kuno

Foy Thong | Credit Pinterest – blog.briliance.com

Foy Thong atau yang dalam bahasa Indonesia disebut benang sutra emas ini terbuat dari kuning telur dan sirup gula. Sajian berupa mie panjang kerap menjadi menu makanan saat pesta pernikahan karena melambangkan cinta abadi antara calon pengantin. Kesulitan dalam proses pembuatannya juga yang membuat sajian ini unik.

Advertisement

3. Sajian Banh Xu Xe menjadi makanan pelengkap saat pesta pernikahan di Vietnam dan memiliki makna yang dalam juga lo~

Banh Xu Xe | Credit Pinterest – ilove-vietnam.blogspot.com

Banh Xu Xe adalah sajian khas Vietnam yang menjadi makanan pelengkap saat pesta pernikahan. Melansir dari laman Wedding Market, makanan ini terbuat dari campuran tepung tapioka dan kacang hijau sehingga menghasilkan tekstur yang kenyal. Penyajiannya juga unik karena menggunakan daun pisang yang dibentuk kotak persegi sebagai wadah kudapan. Selain itu, panganan khas yang satu ini juga melambangkan kesetiaan dari pasangan pengantin.

4. Menu makanan Tangine juga sering menghiasi prasmanan pada pesta pernikahan di Maroko. Sajian ini terbuat dari sayuran dan daging

Tangine | Credit Pinterest – kitchenparade.com

Maroko terkenal dengan perayaan acara pernikahan yang meriah dan berlangsung selama beberapa hari. Menu makanan rumahan Tangine akan muncul pada perayaan tersebut dan terbuat dari campuran sayuran dan daging. Uniknya, nggak ada resep yang pasti untuk hidangan yang satu ini karena setiap keluarga punya resepnya masing-masing.

5. Hidangan penutup Bem Casados dari Brasil juga unik karena dibungkus dengan kemasan yang cantik sebagai souvenir untuk para tamu

Bem Casados | Credit Pinterest – bahianoticias.com

Pernikahan di Brasil juga memiliki menu makanan yang unik yaitu Bem Casados yang terbuat dari saus karamel dan selai berbentuk kue spons. Kue ini dikemas dengan bingkisan yang cantik dan menjadi souvenir untuk dibawa pulang oleh para tamu undangan. Selain menjadi souvenir, kue ini juga memiliki arti pernikahan bahagia yang menjadi harapan bagi pasangan pengantin supaya selalu bahagia.

Advertisement

6. Selain Bem Casados, Jordan Almond juga terkenal menjadi sajian sekaligus souvenir bagi para tamu undangan di pesta pernikahan Italia

Jordan Almonds | Credit Pinterest – confettiflowers.com

Pasangan pengantin di Italia harus memastikan ada menu makanan Jordan Almond di pesta pernikahannya karena sajian yang satu ini juga menjadi souvenir bagi para tamu. Kue ini terbuat dari campuran kacang almond yang pahit berpadu dengan gula yang manis melambangkan pahit manisnya kehidupan rumah tangga yang akan dijalani oleh pasangan pengantin.

7. Indonesia juga memiliki beberapa sajian pesta pernikahan yang unik seperti bannang-bannang dan jadah dari adat Jawa

Jadah | Credit Pinterest – kulinernusantara.net

Bannang-bannang adalah sajian khas dalam pernikahan adat Bugis ini terlihat seperti lilitan benang yang saling mengait sehingga sering dilambangkan sebagai hubungan pasangan pengantin yang saling mengait. Selain Bannang-bannang, pernikahan adat Jawa juga terkenal dengan sajian jadah dan wajik yang memiliki filosofi bahwa pasangan pengantin harus memiliki hubungan yang erat dalam membangun rumah tangga. Karena memiliki makna yang mendalam bagi pengantin, kedua makanan ini menjadi makanan wajib di pesta pernikahan.

Nah itu dia SoHip deretan sajian unik di pesta pernikahan dari berbagai negara di dunia. Nggak cuma memiliki bentuk atau rasa yang unik, tapi makanan di atas juga memiliki filosofi yang mendalam. Makanan dari negara mana nih yang menurutmu unik?

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE