“Biar cuaca dingin, gaya dan tampilan kudu tetap oke dong!”

Memasuki musim hujan berkepanjangan, mungkin kamu salah satu orang yang merasa diuntungkan atau dirugikan. Becek dan basah di mana-mana selalu identik dengan musim yang datang setiap tahun sekali ini. Tapi, sebenarnya kita tidak usah terus-terusan mengutuki nikmat Tuhan yang satu ini, syukuri dan nikmati saja. Misalnya, kamu bisa setiap saat memakai sweater atau baju hangat tanpa ada yang memanggil ‘hoy, manusia kutub!’

Advertisement

Nah, supaya gayamu dengan sweater nggak biasa-biasa aja namun tetap hangat saat musim hujan, coba simak panduan lengkap mix and match sweater dari Hipwee ini, ya!

1. Untuk acara sehari-hari, paduan sweater dengan jeans putih panjang berwarna soft sudah cukup memberikan kesan santai.

di rumah mah biasa aja pakaiannya...

di rumah mah biasa aja pakaiannya… via stylescrapbook.com

Jika kamu sedang tidak ke mana-mana atau di rumah saja, kamu bisa tetap memakai sweater yang dipadukan dengan celana panjang ketat atau legging berwarna kalem. Suapaya tetap hangat di musim hujan namun tetap stylish, kamu bisa memilih warna-warna gelap seperti abu-abu dan putih atau sweater motif yang tak terlalu ramai.

2. Pergi ke kampus atau semi formal lainnya juga akan lebih menarik dengan mix and match sweater, kemeja dan celana legging ini.

ngampus pakai sweater oke juga

ngampus pakai sweater oke juga via periodboutique.wordpress.com

Jangankan di luar ruangan, di dalam rumah pun terasa dingin jika musim hujan sedang melanda. Untuk itu, kamu perlu memakai baju hangat atau sweater untuk melindunimu dari kedinginan dan mencegah masuk angin. Cukup kenakan kemeja panjang yang kemudian kamu padukan dengan sweater dan celana jeans. Tampilan semi formal yang nggak biasa pun akan kamu perlihatkan dengan kerah kemeja yang menonjol di luar.

Kalau kamu berjilbab, ganti celana jeans dengan celana longgar ya…

akali dengan celana longgar ya

akali dengan celana longgar ya via biutifa.com

3. Meski berfungsi sebagai baju hangat, sweater yang ‘ditabrak’ dengan rok span atau celana kain ini sangat cocok kamu kenakan saat pergi bekerja.

buat menunjang acara formalmu nih

buat menunjang acara formalmu nih via jepanghariini.com

Advertisement

Nggak selamanya lho sweater itu terkesan santai dan kurang sopan. Justru, sweater bisa menjadi paduan yang pas untuk busana formalmu seperti kemeja, rok span atau celana kain. Cocokkan warna dan coraknya telebih dahulu supaya kamu nggak kelihatan terlalu ramai dan tetap casual. 

Ini contoh mix and match warna yang tepat antara sweater, rok span atau celana kain :

  • sweater hitam, kemeja putih, rok span/celana kain hitam
  • sweater putih, kemeja biru muda/hitam, rok span/celana lain hitam
  • sweater cream, kemeja hitam/putih, rok span/celana kain cokelat tua
  • sweater cream, kemeja jeans/biru muda, rok span/celana kain hitam

PS : sebaiknya hindari sweater yang mengandung banyak motif supaya penampilanmu tetap formal dan santun.

Bukti, kalau perpaduan cream dengan biru muda itu ulala ~

cream vs biru muda

cream vs biru muda via instagram.com

4. Weekend atau hangout bersama teman-teman adalah saat yang tepat untuk bereksplorasi dengan sweatermu! Kamu bisa bebas pilih motif atau warna di sini.

biar weekendmu makin berwarna

biar weekendmu makin berwarna via beautyandbritches.com

Mengeksplorasi warna serta motif sweater ketika weekend atau hangout bersama teman-teman adalah saat yang tepat buatmu. Tonjolkan sisi stylish dengan warna-warna cerah lengkap dengan motif-motifnya yang lucu bisa kamu coba terlebih dahulu. Misalnya, paduan antara celana jeans terang dengan atasan sweater motif bunga atau binatang pada bagian tengah sweaternya.

Tuh, lucu ‘kan kalau sweater berwarna cerah dibuat jalan-jalan ~

sweater biru, ugh lucuk!

sweater biru, ugh lucuk! via lookbook.nu

Ini juga nih, sweater motif bunga yang manisnya bikin diabetes…

bunga-bunga di mana-mana...

bunga-bunga di mana-mana… via bmodish.com

5. Kencan sama pacar juga nggak boleh luput dari cantik dan modisnya sweater. Pilih sweater berwarna pastel atau putih biar kamu makin ‘greget’.

buat kencan nih...

buat kencan nih… via manrepeller.com

Kalau biasanya kamu cuma dandan seadanya saat pergi sama pacar, kali ini coba berinovasi dengan sweater deh. Nggak cuma membuat penampilanmu berbeda dari biasanya, paduan sweater dengan dress atau celana kulot ini ampuh buat menampilkan kesan anggun pada dirimu.

“Gimana penampilan Aku, Mz? Cantik nggak kalau pakai sweater?”

6. Sweater juga bisa menunjang penampilan buat kamu yang tomboy, lho. Cukup padukan dengan celana jeans dan sepatu boots saja sudah cukup kok.

si tomboy, sweater dan sepatu boots

si tomboy, sweater dan sepatu boots via mixandmatchfashion.com

Buat kamu yang tomboy dan nggak terlalu suka berdandan, sweater adalah penyelamat tehebatmu dalam memilih outfit. Kenapa? Ya, karena sweater adalah luaran yang bisa dipadukan dengan tambahan apapun, termasuk sepatu boots. Potongan sweater yang sederhana serta melar inilah yang menjadikannya paduan terbaik dalam berbagai acara. Kamu yang tomboy sangat bisa mengotak-atik sweater dengan bebagai tambahan, seperti boots.

Ini buat si tomboy yang berjilbab nih…

buat yang berjilbab nih..

buat yang berjilbab nih.. via firrrr.com

7. Coba gaya anti mainstream dengan paduan sweater dan rompi ini, yuk! Dijamin, kecantikanmu akan meningkat drastis, Mb.

ditambah rompi, makin ulala ~

ditambah rompi, makin ulala ~ via pleatsscallopedlace.wordpress.com

Karena musim hujan yang juga identik dengan penyebaran berbagai macam penyakit seperti masuk angin, memadukan sweater dan rompi ini bisa menambah daya tahan tubuhmu, lho. Karena hangatnya sweater yang ditunjang juga oleh tebalnya bahan rompi, penampilanmu dijamin akan stylish dan juga eye catching saat musim hujan.

8. Supaya makin kekinian tapi nggak pasaran, membelit lehermu dengan syal juga mampu mempermanis tampilan sweatermu.

biar makin anget sama kekinian nih, Mb

biar makin anget sama kekinian nih, Mb via sheaafertoldmeto.com

Kalau kamu punya syal nganggur, inilah waktu yang tepat untuk kembali memakainya supaya nggak usang dan jamuran. Padukan syalmu dengan sweater berwarna kalem supaya nggak ‘norak’ dan tetap classy. Kamu juga bebas membentuk syal di lehermu, sesuaikan saja dengan kepribadianmu, ya!

Jadi gaya mix and match sweater mana nih yang paling pas buat kamu? Share di kolom komentar, ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya