8 Mitos tentang Jerawat yang Sebaiknya Jangan Lagi Kamu Percaya. Sungguh, ini Dusta~

mitos jerawat

Tak sedikit orang yang mengalami jerawat, bahkan penyakit kulit yang satu ini kerap kali menjadi salah satu alasan seseorang tampil kurang percaya diri. Tentu saja, hal ini membuat banyak orang berusaha dengan keras untuk sembuh dari jerawat.

Advertisement

Namun, ada banyak kesalahpahaman tentang jerawat yang beredar luas hingga membuat penderitanya bingung. Padahal, tak sedikit pula dari informasi yang beredar tersebut hanyalah mitos belaka. Agar nggak semakin salah kaprah, sebaiknya ketahui informasi seputar mitos tentang jerawat yang sebaiknya tidak perlu kamu percaya lagi mulai hari ini. Simak yuk!

1. “Banyak orang bilang kalau jerawat hanya bisa dialami oleh remaja saja. Eh, kata siapa~”

Jerawat pada kulit remaja | Credit: Foto oleh Anna Nekrashevich dari Pexels

Pada dasarnya jerawat adalah penyakit kulit yang paling umum dan bisa banget dialami oleh semua orang dari berbagai usia. Dikutip dari Anne Arundel Dermatology, 30% orang dewasa pun mengalami jerawat, meskipun 85% remaja diketahui juga mengalami beberapa bentuk jerawat. Maka dari itu, remaja bukanlah satu-satunya kalangan yang bisa menderita jerawat.

2. “Sesering mungkin kamu mencuci muka bisa menyembuhkan jerawat. Hmm, nggak gitu lo ya”

Mencuci wajah terlalu sering | Credit: Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels

Meskipun pada dasarnya mencuci muka berfungsi untuk membersihkan wajah, tetapi faktanya mencuci muka lebih sering tidak akan menyembuhkan jerawat. Mencuci dua kali sehari dengan sabun cuci muka yang sesuai dengan jenis kulitmu justru lebih baik daripada terlalu sering mencuci muka.

Advertisement

3. “Memencet jerawat jadi salah satu cara cepat menghilangkan jerawat”

Memencet jerawat | Credit: Foto oleh Anna Nekrashevich dari Pexels

Kalau kamu sering nggak sabaran atau gemas sama jerawatmu yang lagi menjadi-jadi dan kepengin banget buat memencetnya, mending urungkan niatmu itu ya. Ini karena memencet jerawat justru memicu peradangan dan justru akan membuka pintu lebar bagi bakteri untuk masuk ke jerawatmu. Selain itu, memencet jerawat dapat menyebabkan bekas jerawat yang sulit dihilangkan.

4. “Pasta gigi dapat dimanfaatkan sebagai obat jerawat”

Pasta gigi | Credit: Photo by Karolina Grabowska from Pexels

Meskipun kamu akan merasa terbantu jika menggunakan pasta gigi sebagai obat jerawat, karena kamu hanya perlu mengambilnya di toilet, tetapi ternyata kandungan fluoride di dalam pasta gigi dapat memperparah jerawat. Lebih baik, pilihlah obat jerawat yang mengandung asam salisilat untuk hasil yang maksimal.

5. “Melakukan eksfoliasi wajah yang terlalu sering berdampak positif bagi jerawat”

eksfoliasi wajah | Credit: Foto oleh KoolShooters dari Pexels

Menggosok wajah dengan sangat keras bukan berarti dapat menghilangkan jerawat dengan cepat. Jika kamu menggosok terlalu keras atau terlalu sering itu bisa memperparah jerawat dan bahkan juga bisa menyebabkan kulitmu kering hingga mengelupas.

Advertisement

6. “Jerawat hanya dapat muncul pada kulit berminyak saja”

jerawat di kulit berminyak | Credit: Foto oleh Polina Tankilevitch dari Pexels

Yang selama ini dianggap fakta ini ternyata hanyalah mitos, lo. Ini karena jerawat dapat muncul pada kulit jenis apapun. Semua jenis kulit dapat mengembangkan whiteheads, komedo, dan jerawat.

7. “Menggunakan makeup dapat menyebabkan jerawat”

mkaeup menyebabkan jerawat | Credit: Foto oleh Anna Nekrashevich dari Pexels

Pada kenyataannya banyak orang yang mempercayai bahwa makeup bisa menimbulkan jerawat. Padahal makeup hanya bisa mengiritasi kulitmu jika kamu menggunakan produk yang salah. Alas bedak atau foundation yang bebas minyak dan ringan saat digunakan tidak akan menimbulkan masalah, kecuali jika kamu lupa melakukan double cleansing pada malam hari. Maka, jangan sampai lupa membersihkan riasanmu sebelum tidur ya!

8. “Makanan yang mengandung minyak dapat menyebabkan jerawat”

Cokelat | Credit: Photo by Charisse Kenion on Unsplash

Cokelat, kentang goreng, dan makanan cepat saji lainnya tidak banyak berpengaruh pada jerawat. Tidak ada bukti ilmiah bahwa makanan yang mengandung minyak bisa menyebabkan jerawat.

Nah, sekarang kamu sudah tahu kan kalau ternyata beberapa hal tentang jerawat yang sering kamu dengar di atas ternyata hanyalah mitos belaka. Intinya, kamu harus rajin membersihkan kulit wajahmu dan gunakan produk perawatan wajah serta makeup yang sesuai dengan aturan pakainya. Semoga masalah jerawatmu segera teratasi ya, SoHip!

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE