Grooming dan mempercantik diri sudah menjadi hal yang tidak terlepas dari kehidupan manusia. Termasuk kakek-nenek dan ibu-bapak kita Guys. Menurutmu, bagaimana caranya kakek pedekate sama nenek? Kalau mereka nggak grooming, pastinya akan kalah saing dong. Percayalah, mereka pun berdandan juga seperti kita. Nah, mau tau alat dandan yang mereka gunakan waktu itu?

Hipwee Style mengumpulkan beberapa barang dan alat dandan tempo dulu yang mungkin cuman diketahui oleh kakek-nenek atau ibu-bapak kamu. Beberapa di antaranya malah sudah dikategorikan menjadi barang antik dan bernilai lebih dari jutaan juga lho. Yuk simak, sambil kamu bernostalgia dan membayangkan menjadi anak muda era 60an.

1. Pomade merk Rita yang dibungkus dengan wadah berbahan seng warna hijau. Yakin deh, kalian pernah mengumpulkan wadahnya buat tempat kelereng!

Rita pomade yang terkenal di jamannya via omiga-jadul.blogspot.co.id

Dulu, cowok belum lengkap dibilang kece kalau belum punya benda ini. Produk pomade pelicin rambut yang berwarna hijau ini memang memorable banget, apalagi dari bentuk kemasannya yang berupa seng yang jika jatuh, clingg, bisa berbunyi nyaring. Kalau kamu anak 90-an, pasti pernah punya kaleng kosong bekas pomade ini, dan dijadikan untuk menyimpan barang-barang mainan kamu. Iya kan?

2. Yang masa kecilnya pernah kutuan di rambutnya pasti akrab dengan benda ini, serit!

Serit kutu via www.ndoys.com

Advertisement

Teknologi sanitasi dan sampo jaman dulu belum semaju sekarang. Akibatnya, rambut yang berkutu sudah menjadi hal yang wajar waktu itu. Orang jaman dulu sering melakukan aktifitas ‘petan’ dengan tujuan untuk mencari-cari kutu di rambut temannya. Alat yang digunakan untuk ‘petan’ ini bentuknya adalah sisir dengan gerigi kecil-kecil yang bernama serit. Serit ini digunakan untuk menyisir kutu agar jatuh dari rambut. Duh, yang nulis ini jadi ikutan kerasa gatel di kepala.

3. Ngapelin nona gadis desa anak Pak Lurah kurang lengkap kalau rambutnya tak klimis. Minyak orang-aring inilah solusinya!

Agar rambut klimis via omiga-jadul.blogspot.co.id

Rambut klimis adalah hal wajib bagi cowok di masa dulu untuk menarik cewek. Pengaruh Elvis Presley begitu kuatnya sampai semua orang kepingin punya rambut a la Elvis. Nah, minyak ini adalah salah satu bahan yang digunakan untuk mendapatkan tatanan rambut seperti Elvis. Konon selain untuk menata rambut, minyak ini juga dipakai untuk merawat rambut agar selalu sehat dan ternutrisi. Namun yang agak kurang nyaman bagi kita anak jaman sekarang adalah baunya yang cukup menyengat. Hehe. Kalau jaman kakek-nenek kita jaman dulu mungkin bau-bauan minyak seperti ini malah dianggap sebagai bau yang seksi kali ya?

4. Jaman dulu hampir semua cewek bersanggul setiap hari. Ini nih tusuk sanggul yang nggak mungkin ketinggalan dipakai!

Tusuk konde agar rambutnya tak kemana-mana via dunialawas.blogspot.co.id

Andalan para nona jaman dulu nih, tusuk konde! Supaya rambut tidak kemana-mana, mereka menggunakan tusuk konde untuk ‘mengamankan’ rambut supaya tetap pada tempatnya. Ritual mereka pun tak hanya menata rambut dengan konde saja, tetapi termasuk merawat, menumbuhkan rambut supaya panjang, dan menjaga kebersihan. Jangan bayangkan perempuan di jaman dulu punya rambut pendek seperti sekarang, karena (sayangnya) waktu itu dianggap kurang cantik.

5. Kumis dan jenggot berantakan anti banget deh. Pakai alat cukur silet lepasan ini agar wajahmu bersih dan rapi senantiasa

Silet cukur via id.priceaz.com

Masih ingatkah dengan silet cukur lepasan yang dipasang di alat pencukur seperti di gambar atas? Bapak-ibu kita di jaman mudanya masih pakai pencukur yang seperti ini lho. Bentuknya berasal dari logam yang kokoh dan mudah diganti-ganti siletnya ketika dirasa sudah tumpul. Cara pakainya adalah seperti silet biasa dan digunakan untuk mencukur jenggot, kumis, bulu ketiak, dsb.

6. Sirkam logam memang mahal. Agar lebih hemat dikit, pakai sirkam kawat ini juga ngetren lho, di jamannya.

Sirkam kawat via yubikin.com

Ada alternatif sirkam yang lebih murah, yaitu yang dibuat dengan bahan kawat yang diplintir-plintir seperti gambar. Gunanya adalah untuk merapikan bentuk rambut yang sering kemana-mana tanpa terlalu terlihat jelas karena warnanya yang hitam dan mirip dengan warna rambut. Namun memakai sirkam jenis ini harus lebih hati-hati karena mudah menyangkut di rambut.

7. Jaman dulu belum ada sabun mandi khusus. Yang ada adalah sabun mandi, sabun cuci baju, dan cuci piring dalam satu produk

Sabun segala guna via djadoelantik.blogspot.co.id

Tahukah kamu, dulu pernah diciptakan merk sabun yang digunakan untuk semua kegunaan: ya cuci piring, ya cuci baju dan mandi! Iya mandi! Beda dengan jaman sekarang yang sabun muka saja dibedakan jenisnya. Sabun jadul ini mengklaim produknya mampu membersihkan baju, kerak lemak di alat masak, dan kumpulan daki membandel di tubuh kita. Hihi, lucu ya? Kalau jaman ini masih ada sabun seperti ini mungkin sudah tak laku. Apakah kamu minat mencoba?

Ternyata banyak juga ya, alat-alat grooming jaman dulu yang pernah keren di masanya. Selain nostalgia, coba sesekali ajak ngobrol kakek-nenek atau bapak-ibu kamu soal produk ini. Siapa tau mereka pernah pakai.