Biar Tetap Waras di Rumah, ini Perawatan Tubuh yang Kulakukan. Yuk Coba Praktikkan!

Self pampering routine

Di situasi pandemi seperti saat ini, kita justru mudah merasa lelah karena banyak tatanan hidup dan kebiasaan yang harus berubah. Menghabiskan banyak waktu di rumah dengan segudang tugas sekolah atau pekerjaan kantor, membuat banyak waktu tersita untuk urusan tersebut. Apalagi tugas yang nggak kenal waktu dan pekerjaan yang terlalu fleksibel membuat kita kesulitan membedakan mana jam kerja, mana jam istirahat. Hingga akhirnya lupa meluangkan waktu untuk diri sendiri.

Advertisement

Kalau udah merasa lelah dan jenuh banget, coba deh lakukan perawatan diri atau self pampering sendiri di rumah. Self pampering atau istilah yang sering dipakai untuk kegiatan merawat diri sendiri penting banget lo, apalagi di situasi seperti sekarang. Selain buat melunasi urusan perawatan tubuh yang sering absen karena kesibukkan, self pampering juga bisa membantu kita merehatkan tubuh dan pikiran yang kelelahan. Bagus juga untuk mengurangi kecemasan di kondisi pandemi saat ini. Coba yuk, self pampering sederhana ala aku berikut ini!

1. Hair treatment untuk mengatasi masalah kulit kepala dan rambut, sekalian buat menyegarkan pikiran karena tugas atau pekerjaan. Tambah maskeran juga bisa!

Perawatan hambut | Credit by iakovenko on depositphoto

Kondisi stres, banyak pikiran dan kejenuhan sering kali menimbulkan berbagai masalah pada kulit kepala dan rambut. Biasanya hal paling umum yang terjadi adalah rambut mudah rontok, berminyak atau sebaliknya terasa lebih kering dan ketombe membandel. Jadi penting nih, hair treatment atau perawatan rambut saat self pumpering. Kamu bisa gunakan masker rambut, vitamin atau serum sesuai kebutuhan ya.

Nah, paling pas kalau hair treatment sekalian maskeran. Kalau biasanya pakai skincare aja buru-buru, coba deh luangkan waktu buat maskeran. Pilih masker sesuai kesukaanmu, bisa yang clay atau sheet mask. Usahakan yang punya khasiat untuk mengatasi permasalahan kulitmu ya. Kalau aku lebih suka sheet mask karena bisa bikin kulit adem dan berasa terhidrasi dengan maksimal 🙂

Advertisement

2. Mandi yang lama, keramas, luluran, sekalian eksfoliasi kulit tubuh dan wajah buat mengangkat sel-sel kulit mati dan ‘beban hidup’ sejenak~

Mandi dengan tuntas | Credit by Luckybussines on depositphoto

Jika biasanya malas mandi karena di rumah aja, atau mandi tapi buru-buru karena ditunggu deadline, sekarang kesempatan menikmati mandi tuntas. Bersihkan seluruh tubuh mulai dari kramas hingga luluran. Jangan lupa sekalian eksfoliasi kulit secara menyeluruh. Kalau memungkinkan, jangan lewatkan berendam dengan air hangat pakai busa yang melimpah, ditambah lilin aroma terapi untuk membantu menenangkan pikiran.

Kalau nggak bisa berendam, cukup nikmati shower time tanpa terburu-buru dari ujung kepala sampai ujung kaki.

3. Skincare-an yang lengkap tanpa terburu-buru sambil pijat wajah. Pakai lotion juga ya, sambil pijat tubuh sendiri biar capeknya hilang

Advertisement

Skincare lengkap | Credit by Milkos on depositphoto

The most important thing, nih! Skincare time dimulai dari cleansing wajah dulu, bisa pakai facial foam atau cleansing oil. Kalau mau doubel cleansing juga bisa, kok. Setelah itu pakai toner yang bisa membantu melembapkan wajah. Kemudian pakai serum dan terakhir pelembapnya. Jangan lupa beri pijatan ringan untuk membantu serum dan pelembap diserap kulit dengan baik.

Selain perawatan kulit wajah, lakukan juga perawatan kulit tubuh lainnya. Misalanya pakai lotion dengan merata, beri pijatan juga pada bagian tubuh yang sering merasa pegal. Misalnya tumit, betis, pundak, lengan dan leher. Usahakan kondisi tubuh serelaks mungkin, supaya rasa lelah dan jenuh bisa terobati.

4. Dalam self pampering ini selain urusan perawatan tubuh, lakukan juga kegiatan untuk menjernihkan pikiran yang biasanya nggak sempat dilakukan

Berbagai kegiatan yang cocok untuk me time selain perawatan tubuh juga penting masuk agenda self pampering, lo. Sebab, self pampering nggak hanya untuk merawat tubuh secara fisik saja tapi juga jiwa atau pikiran, yang mana keduanya sangat berhubungan erat. Apalagi jika kegiatan sehari-hari nggak hanya menimbulkan kelelahan fisik saja, mental juga bisa mengelami kelelahan karena rutinitas.

Caranya, lakukan hal sederhana yang kamu sukai tapi biasanya nggak punya cukup waktu untuk itu. Misalnya membaca buku sambil ngeteh santai, nonton film lama yang belum selesai ditonton, merawat tanaman yang biasanya cuma disiram aja kalau ingat, atau kegiatan lain yang sering terlewatkan.

5. Masak makanan atau cemilan sehat favorit sendiri. Namanya juga me time, lebih seru bikin sendiri~

Masak makanan sehat | Credit by Daria Shevtsova on pexels

Selain kulit dan rambut, tubuh bagian dalam juga perlu nutrisi yang baik untuk mendukung produktivitasmu. Makanya kegiatan memasak makanan sehat juga perlu masuk dalam agenda self pampering. Jika biasanya untuk keperluan makan mengandalkan pesan online atau beli masakan jadi, sekarang cobalah mengolahnya sendiri sesuai keinginanmu.

6. Sempatkan olahraga dan tidur yang cukup  untuk mengembalikan kebugaran tubuh dan meningkatkan produktivitas

Olahraga di rumah | Credit by Alexy Almond on Pexels

Selain perawatan tubuh dengan skin & bodycare, olahraga dan tidur juga hal yang nggak kalah penting lo. Lakukan olahraga ringan yang bisa dilakukan di rumah aja. Misalnya yoga, streatching atau excercise sederhana. Boleh juga bersebeda atau jogging di sekita kompleks, tapi tetap patuhi protokol kesehatan yang ketat dan hindari kerumunan, ya!

Perhatikan juga jam tidurmu, jika masih kurang dan berantakan, sekali-kali cobalah tidur siang lebih lama saat self pampering. Selain bisa mengembalikan kebugaran tubuh, tidur yang cukup juga bisa membantu mengurangi stres dan bermanfaat untuk kesehatan kulit.

Sebenarnya, selain perawatan tubuh menyeluruh dan kegiatan pendukung untuk mengistirahatkan pikiran, self pampering juga memerlukan mindfulness atau kondisi kesadaran penuh saat berkegiatan. Jadi, upayakan pikiran bisa hadir sepenuhnya saat self pampering. Dedikasikan waktu minimal setengah sampai sehari penuh untuk melakukan self pampering tanpa memikirkan tanggung jawab lain seperti tugas, pekerjaan dan urusan keluarga.

Self pampering adalah saatnya kita untuk memberikan perawatan terbaik untuk tubuh dan pikiran sendiri.

Supaya lebih efektif pikiran pun harus terpusat pada hal-hal yang kamu lakukan saat itu. Tinggalkan dulu tugas yang belum terpecahkan atau pekerjaan yang belum terselesaikan. Kamu juga bisa meminta bantuan orang terdekat supaya bisa memberimu waktu untuk dirimu sendiri. Bila perlu, matikan data selular supaya lebih fokus dengan diri sendiri.

Nah, itulah cara self pampering sederhana yang bisa dilakukan di rumah aja. Aku pun melakukannya setiap kali merasa kelelahan dengan rutinitas dan beban pikiran yang menumpuk. Syukur kalau bisa seminggu sekali, kalau nggak, minimal sebulan sekali juga cukup kok. Tubuh dan pikiran kita berhak lo rehat sejenak, setelah terus-terusan bekerja keras. Selamat mencoba 🙂

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Penikmat buku dan perjalanan

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE