Cewek tomboy dapat didefinisikan sebagai cewek yang suka menjalankan aktivitas-aktivitas yang biasa diidentikkan dengan pria. Di bidang mode, cewek tomboy adalah mereka yang juga menyukai pakaian-pakaian yang biasa digunakan pria seperti celana dan kaos. Meskipun begitu sebenarnya kata tomboy kadang disalahgunakan untuk mendeskripsikan cewek-cewek yang memang malas atau tidak memiliki usaha untuk tampil. Kalau kamu keluar rumah pake kaos oblong, celana jeans longgar dan sendal jepit, mungkin aja kamu bukan tomboy tapi hanya malas.

Sebenernya mereka yang tomboy pun tetap bisa tampil cantik dan stylish tanpa mengorbankan sisi maskulin mereka. Meskipun pada akhirnya, ada kalanya cewek-cewek tomboy ini ingin tampil cantik dan kecewek-cewekan. Disaat seperti inilah mungkin kamu sebagai cewek tomboy agak kesusahan untuk menemukan keseimbanagan antara jati diri dan kemauan kamu. Oleh karena itu, ini nih beberapa trik yang bisa kamu lakukan agar kamu bisa tampil tampil cantik dan beda dari biasanya tanpa membuang jati diri kamu sebagai tomboy.

1. Stop memakai baju dan celana kelonggaran, sekali-kali ganti dengan yang ngepas di badan.

yang ketat - ketat

yang ketat-ketat via www.polyvore.com

Advertisement

Sebenarnya kamu tetap bisa tampil feminin tanpa merubah sifat atau gaya tomboy kamu. Kamu tetap bisa bergaya dengan menggunakan kaos dan celana jeans aja, ditambah dengan jaket kulit dan sepatu converse kamu. Satu trick agar kamu terlihat lebih “cantik,” kamu bisa memilih untuk memakai pakaian yang lebih ngepas di badan agar lekuk – lekuk kewanitaan kamu tidak terlalu tersamar oleh pakaian yang terlalu longgar.

2. Bosan dengan padu-padan kaos + celana jeans? Overalls dapat menjadi alternatif yang lebih baik.

overalls denim

overalls denim via lookbook.nu

Overalls merupakan salah satu pakaian yang bisa kamu gunakan ketika kamu merasa bosan dengan kaos dan celana jeans mu. Mereka dapat mempertahankan jiwa tomboy kamu dengan menambah sedikit gaya. Selain itu, overalls ini sangat trendy dan dapat kamu padukan dengan berbagai macam dalaman mulai dari kaos, turtleneck, atau tanktop.

3. Gabungan antara romper dan sepatu sneakers, nggak cuma simpel tapi juga stylish!

rompers dan sneakers

rompers dan sneakers via id.pinterest.com

Romper yang saudaraan sama overalls dan jumpsuit ini memiliki beberapa keuntunga buat kamu si tomboy. Pertama, romper jauh lebih simpel karena merupakan gabungan dari atasan dan bawahan yang bisa langsung kamu pakai. Selain itu, banyak pilihan terkait dengan material, warna, maupun motif. Tinggal digabungkan dengan sepatu sneakers favorit kamu, kamu pun siap keluar rumah dengan penampilan yang memukau!

4. Siapa bilang cewek tomboy nggak bisa pakai motif bunga-bunga atau warna feminin lainnya? Ini buktinya!

jaket bunga bunga

jaket bunga bunga via www.affordorable.com

Advertisement

Cuma karena kamu adalah cewek yang tomboy, bukan berarti kamu harus menghindari motif-motif bunga atau warna feminim seperti pink atau ungu. Justru sebenarnya pakaian-pakaian jenis tersebut bisa menjadi kunci untuk menaikkan level berpakaian kamu sebagai seorang tomboy. Mungkin kamu suka pakai celana dan kaos warna polos yang gelap. Nggak ada salahnya untuk menambahkan aksen feminim seperti jaket bunga – bunga diatas atau celana bunga-bunga dibawah. Toh, kamu nggak akan tiba-tiba kehilangan dengan sifat tomboy kamu!

floral pants

floral pants via id.pinterest.com

5. Nggak mau pakai dress atau rok saat ke acara formal? Pakai setelan jas aja!

jas pink pastel yang lucu!

jas pink pastel yang lucu!

Daripada kamu terlihat atau merasa nggak nyaman karena memaksakan untuk memakai dress ketika menghadiri acara formal, mendingan kamu pakai setelan jas cewek aja. Selain cocok untuk gaya kamu yang tomboy, setelan jas cewek juga memiliki unsur kewanitaan tersendir, dan pastinya kamu akan terlihat keren dan modern. Agar lebih menarik lagi, jangan takut untuk bermain dengan warna yang feminim. Mungkin kamu nggak suka warna hot pink atau kuning yang cetar, tapi biar aman kamu bisa memilih warna pink pastel yang lembut atau warna kuning krem.

6. Ayolah jangan males-males banget memakai make-up, paling nggak kamu pakai pelembap biar wajah tetap sehat.

makeup dasar

makeup dasar: tinted moisturizer + lipstick via www.poorandpretty.com

Kadang makeup memang menjadi momok buat kamu-kamu cewek yang tomboy, dan belajar make-up itu memang butuh waktu dan kesabaran. Meskipun begitu, at least kamu harus tau gimana cara merawat kulit muka yang dasar agar kamu terlihat sehat dan bugar di wajah. Sebagai pemula, paling nggak kamu harus tau tentang pelembab, terutama tinted moisturizer atau pelembab yang ada warnanya sedikit. Jadi kamu nggak perlu pakai foundation karena sudah ada warna pada pelembab yang akan membuat wajah kamu terlihat segar. Kamu juga bisa investasi di BB cream karena mereka simpel dan tinggal diusap ke wajah aja.

Nah, udah ngerti kan gimana cara jadi seorang tomboy yang bertanggung jawab terhadap penampilan? Nggak susah kok untuk meng-upgrade penampilan kamu sebagai seorang tomboy. Sekarang kamu nggak bisa alasan lagi bahwa kamu terlihat “slengekan” karena kamu adalah cewek yang tomboy!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya