Ini Kelebihan dan Kekurangan Tas Kulit Asli vs. Palsu. Cermati Dulu Sebelum Beli!

Tas kulit asli vs sintetis

Bingung mau membeli tas jenis apa? Coba deh beli tas berbahan kulit karena biasanya mempunyai desain yang timeless alias bisa dipakai kapanpun. Namun tahukah kamu, ada dua jenis kulit yaitu asli dan sintetis. Kalau di toko, biasanya tas kulit asli diberi label genuine leather, sedangkan kulit sintetis ditulis syntetic leather.

Advertisement

Kedua jenis kulit ini mempunyai kelebihan dan kekurangan tersendiri. Jadi bisa dipilih berdasarkan kebutuhan dan bujetmu. Yuk, pahami dulu sebelum membeli!

1. Karena kualitasnya, tas kulit asli dijual dengan harga yang lebih mahal. Sedangkan tas kulit sintetis biasanya lebih terjangkau

Toko tas kulit via hiddenhoian.com

Kalau bujetmu masih sedikit, sebaiknya pilih tas kulit sintetis. Banyak yang harganya di bawah Rp100 ribu lo untuk tas berukuran kecil! Harganya memang murah karena bahannya relatif mudah didapat. Sedangkan tas kulit asli dijual mulai dari ratusan ribu. Memang lebih mahal sih, tetapi kamu bisa menghemat untuk jangka panjang karena bahannya lebih kuat.

2. Tas kulit asli lebih awet dan tahan lama asalkan dirawat dengan baik. Sedangkan tas kulit sintetis lebih cepat rusak

Cara membersihkan tas kulit via futureloka.com

Karena bahannya kuat, tas kulit asli bisa digunakan dalam waktu lama tanpa rusak. Namun berhati-hatilah karena dibutuhkan perawatan yang telaten. Untuk perawatan dasar, kamu hanya perlu mengelapnya dengan kain yang bersih dan lembap. Bagaimana kalau terkena noda makanan? Sebaiknya tidak dicuci dengan sembarangan, tetapi cukup dilap dengan baby oil, handbody, atau cairan pembersih tas kulit khusus.

Advertisement

Tas kulit asli juga tidak boleh disimpan langsung di tempat yang terpapar sinar matahari atau terlalu lembap. Simpan saja di tempat yang sejuk dan kering, misalnya di lemari pajangan. Hindari menumpuknya dengan barang lain untuk mempertahankan bentuk dan tampilannya. Dengan segala perawatan ini, dijamin tas kulit asli milikmu bisa awet dan tahan lama.

Bagaimana dengan tas kulit sintetis? Biasanya jenis tas ini lebih mudah rusak karena bahannya kurang kuat. Supaya bisa bertahan cukup lama, sebaiknya jangan ditumpuk dengan barang lain supaya bentuknya tidak berubah. Berhati-hatilah pada risleting dan gespernya karena lebih mudah rusak. Lebih baik jahit lagi bagian itu untuk memperkuatnya.

3. Banyak orang yang menyukai tas kulit asli karena corak dan teksturnya yang unik. Sedangkan tas kulit sintetis biasanya licin dan mengilap

Advertisement

Perbedaan tekstur via www.123rf.com

Tas kulit asli biasanya terbuat dari berbagai hewan seperti sapi, domba, kambing, ular, bahkan buaya. Karena itulah corak dan teksturnya sangat unik karena setiap bahan mempunyai spesifikasi yang berbeda. Hasilnya pun tampak lebih unik dan mewah sehingga bisa dipamerkan ke mana-mana.

Sementara itu, biasanya tas kulit sintetis terbuat dari Polyvinyl Chloride (PVC) atau Plastic Leather. Hasilnya jadi tampak licin dan mengilap. Tetapi banyak juga yang disesuaikan dengan corak dan tekstur kulit asli walaupun tetap terlihat bedanya.

4. Tas kulit asli rentan basah karena gampang menyerap air, bahkan bisa meninggalkan noda. Sedangkan tas kulit sintetis aman-aman saja

Usahakan jangan basah via www.biopolish.com

Karena mempunyai banyak pori-pori, tas kulit asli bisa menyerap air dengan mudah. Bahkan bisa menimbulkan noda kalau tidak dilap dengan benar. Sedangkan tas kulit sintetis biasanya memiliki permukaan yang licin dan tahan air. Jadi bakal lebih sulit basah dan aman dibawa untuk bepergian saat hujan.

5. Didominasi cokelat, warna tas kulit asli terbatas dan lebih gampang pudar. Sedangkan tas kulit sintetis mempunyai warna yang variatif dan lebih tahan lama

Berbagai warna tas kulit via blog.siftandpick.com

Biasanya tas kulit asli berwarna cokelat, putih, atau hijau. Sebab warna asli bahannya berusaha dipertahankan agar tampak unik. Karena itulah pilihannya lebih terbatas. Warnanya juga gampang pudar kalau terkena sinar matahari langsung secara terus-menerus. Sedangkan tas kulit sintetis mempunyai warna yang lebih variatif dan tahan lama. Mulai dari merah, pink, kuning, hitam, dan sebagainya.

Itulah perbandingan tas kulit asli dan kulit sintetis. Masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan tersendiri. Supaya tak salah pilih, sebaiknya sesuaikan dengan kebutuhan dan bujetmu. Selamat berbelanja!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Tinggal di hutan dan suka makan bambu

Editor

Seorang makmum yang taat :)

CLOSE