Dari sekian banyak perawatan wajah, facial menjadi salah satu treatment yang kerap dilakukan untuk membersihkan serta mengelupas sel kulit mati beserta komedo dan jerawat yang menumpuk di wajah. Seiring dengan berkembangnya tren kecantikan, segala macam bentuk facial pun bermunculan. Mulai dari penggunaan bahan kimia yang sudah umum dipakai, hingga menggunakan ‘bahan alami’ yang mengundang kontroversi.

Jika beberapa waktu lalu Hipwee membahas tentang vampire facial, kali ini kamu akan diperkenalkan dengan tren facial yang nggak kalah anehnya. Adalah facial penis, yang rupanya menjadi rahasia kecantikan selebritas Hollywood Cate Blanchett dan Sandra Bullock. Daripada penasaran dan beranggapan yang nggak-nggak, mending telusuri lebih jauh yuk!

Seperti namanya, facial ini mengandung ekstrak sel induk dari kulit kepala penis bayi sebagai bahannya

Rahasia cantiknya Cate Blanchett dan Sandra Bullock via hipwee.com

Advertisement

Dalam sebuah wawancara dengan aktris Vogue Australia, Cate Blanchett mengungkapkan bahwa dirinya telah melakukan perawatan kulit wajah yang terbilang aneh ini bersama dengan rekan sesama aktrisnya, Sandra Bullock di New York pada tahun lalu. Seperti yang dilansir dari Cosmopolitan, keduanya bertemu dengan seorang facialist khusus artis bernama Georgia Louise yang memberi mereka sebuah perawatan yang disebut sebagai facial penis.

Awalnya mereka nggak tahu menau soal bahannya, hanya saja Cate mengaku baunya mirip sperma. Setelah diklarifikasi, Louise memberikan pernyataan bahwa teknik perawatan wajah ini menggunakan microneedling kulit dengan sel induk yang berasal dari kulit kepala penis bayi alias kulup. Karena itulah, perawatan wajah ini disebut dengan ‘facial penis’.

Perawatan wajah ini nggak serta merta menggunakan literally kulup bayi pada prakteknya, hanya sel induk dari kulup bayi yang telah dikloning selama bertahun-tahun lalu

I’ve been inundated with #EGFhollywoodfacial or as cate called it #penis Facial. I wanted to set the record straight on the treatment, the facial includes a cleanse, followed by an intensive TCA peel, LED then a micro-needling machine and an electrifying mask to calm the skin, followed by my ‘secret box’ of EGF serum (Epidermal Growth Factor). EGF is derived from the progenitor cells of the human fibroblast taken way back when from donated stem cells from a Korean newborn baby foreskin. This cell was grown in a lab and I use only the clone EFG cells which are as potent as the original cell taken– which helps to generate collagen and elastin, heal scar tissue and help treat pigmentation and sun damaged skins. FDA approved stem cells and peptides are penetrated deep into the skin using a special electric micro- needling wand. This process allows the active ingredients to be transported deep in the skin by creating temporary micro- channel. Watch EGF in highlights for demo on treatment 💉💉⛏❤️

A post shared by Georgia Louise (@georgialouisesk) on

Advertisement

Metode perawatan kulit wajah ini nama aslinya adalah EGF (Epidermal Growth Factor Facial) Hollywood Facial, tapi kemudian disebut dengan facial penis karena lebih menarik didengar pasar. Louise menjelaskan pada The Hollywood Reporter bahwa EGF dihasilkan dari ekstrak kulup bayi yang disunat saat baru lahir. Sel induk dari kulup tersebut diambil dan diperbanyak di laboratorium. Louise mengaku dirinya sendiri yang mengumpulkan kulup dan memanen sel induknya, lantas ekstraknya dibuat menggunakan mesin sentrifuse oleh pakar ilmuwan. Seperti yang dijelaskan dalam postingannya berikut.

“EGF adalah sel hasil kloning dari sel asli fibrolast manusia. Sel ini didonasikan dari kulit kulup bayi yang disunat saat baru lahir. Kami tidak menggunakan sel induk yang asli, hanya kloningannya saja. Induk selnya dikirim ke bank sel di Korea untuk menghasilkan kolagen dan elastin.”

Cara kerjanya sendiri pada dasarnya sama dengan facial pada umumnya, ditambah dengan memasukkan sel induk yang kaya protein alami

merangsang produksi kolagen via www.instagram.com

Selama perawatan, menurut Georgia Louis, wajah akan ditanami sel induk dan peptida dengan menggunakan tongkat elektrik microneedling. Peptida merupakan molekul yang terbentuk dari dua atau lebih asam amino. Nah, sel induk dari kulup bayi (yang telah dikloning) dan peptida tersebut sangat aktif untuk membantu merangsang produksi kolagen. Inilah yang akhirnya membuat kulit terlihat lebih halus, kencang dan cerah. Facialist khusus artis mengungkapkan, prosedur perawatan ini memakan biaya hingga 650 dolar Amerika Serikat atau sekitar 8,9 juta rupiah.

Meski terdengar aneh, perawatan yang menggunakan sel induk dari kulup penis ini sebenarnya telah ada cukup lama. Hanya saja namanya disebut berbeda oleh sebagian besar ahli estetika. Selain itu, sel induk yang berasal dari kulit kepala penis telah ditemukan dalam produk perawatan kulit selama bertahun-tahun mengingat khasiatnya yang bagus untuk merangsang produksi kolagen. Kalau misalnya kamu mampu untuk membayar perawatan ini, kira-kira mau coba facial penis nggak?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya