Pekerjaan milenial zaman sekarang tentu punya kualifikasi yang lebih menantang ketimbang tahun-tahun sebelumnya. Mengingat masa sekarang adalah zamannya digital, maka keterampilan komputer menjadi kualifikasi khusus yang dibutuhkan. Meski kamu nggak ditempatkan untuk bekerja di bagian Information Technology (IT), namun keterampilan komputer wajib dimiliki oleh para calon karyawan yang ingin bergabung di perusahaan masa kini.

Nah, biar kamu nggak kalah bersaing dengan generasi milenial lain saat melamar sebuah pekerjaan di tahun ini, kamu wajib menguasai skill komputer berikut dan mencantumkannya dalam CV.

1. Microsoft Outlook untuk mengelola surat elektronik yang mudah digunakan dengan berbagai fitur yang mendukung

membuat kalender via womenonthefence.com

Advertisement

Secara umum, Microsoft Outlook merupakan aplikasi pengelola informasi pribadi yang digunakan untuk membaca dan mengirim surat elektronik atau email. Meski seringnya digunakan untuk keperluan berkirim surat elektronik, aplikasi ini juga memiliki fungsi catatan, jadwal kerja, kalender, dan jurnal.

Melalui Microsoft Outlook, kamu diharapkan luwes dalam urusan korespondensi termasuk berkirim pesan lewat digital termasuk juga membuat catatan, kalender juga jadwal kerja harian. Urusan kayak gini adalah kemampuan dasar ya, jadi nggak cuma dikuasai sama para admin saja.

2. Untuk bekerja di dunia kerja milenial, kamu juga harus bisa pengolahan data menggunakan Microsoft Excel

laporan keuangan via mzalfaa.blog.st3telkom.ac.id

Meski kamu sudah familiar dengan aplikasi ini sejak zaman sekolah, Microsoft Excel ini memang lebih rumit daripada keluarga Microsoft lainnya. Nyatanya, masih ada yang belum menguasai betul bagaimana mengelola data menggunakan Microsoft Excel, apalagi kalau jarang mempraktikannya.

Advertisement

Coba deh pelajari dan pahami lagi penggunaan rumus (seenggaknya yang sederhana) untuk penghitungan data, pengolahan data dan tabel, pembuatan grafik dan manajemen data. Keterampilan ini juga termasuk dasar karena bakal dipakai untuk keperluan administrasi.

3. Kamu harus menguasai Google Suite yang memungkinkanmu mengerjakan pekerjaan kapan pun dan di manapun karena terkoneksi dengan internet

Google Drive via www.androidcentral.com

Google Suite ini mengedepankan kemampuan kolaborasi dan mobilitas ini sudah menjadi penyempurna kebutuhan IT pada bisnis di era modern saat ini. Fitur yang sering digunakan adalah Google Drive di mana semua data berada dalam Google server, sehingga penggunanya nggak terbatasi oleh waktu dan tempat. Data yang dikerjakan pada jam kerja bisa segera diedit di luar kantor melalui laptop yang terkoneksi internet atau menggunakan smartphone.

Google Suite juga mempermudah koordinasi antar divisi dan personal karena semua aplikasinya bisa berkolaborasi antar akun yang satu dengan yang lain, mulai dari kolaborasi olah data dengan Google Docs, sharing jadwal dengan kalender, chatting dengan Gtalk, file sharing dan perkembangan proyek dengan google site dan lainnya.

4. Para pencari kerja zaman now juga perlu mempelajari trik Search Engine Optimization (SEO) untuk mendukung situs perusahaan

Semua perusahaan tentu ingin situs resminya berada di halaman pertama dari hasil pencarian di Google. Situs teratas yang ditemukan Google berpotensi untuk dikunjungi lebih banyak dari website lainnya. Untuk itu, perlu dimasukkan kata kunci yang kuat sehingga mudah ditemukan menggunakan ilmu yang namanya SEO. Nah, untuk bisa ilmu ini nggak mudah. Kamu bisa ikuti kursus pelatihan SEO atau mengikuti blog seperti Moz dan Hubspot untuk mengetahui perkembangan SEO yang terus berubah.

5. Nggak cuma punya akun medsos, kamu juga harus paham bagaimana penggunaan medsos yang tepat untuk bisnis

ahli media sosial via striveliving.ca

Meski sudah punya akun Facebook, Instagram, dan Twitter sejak lama, kamu belum bisa disebut sebagai ahli media sosial. Kamu harus bisa menggunakan medsos untuk keperluan bisnis, misalnya tahu tentang waktu terbaik untuk mengunggah konten, memahami tren dan fungsi hashtag, mempelajari cara membuat konten dan kampanye, hingga cara membagikan konten.

Keahlian ini bisa diperoleh dengan membaca berbagai literatur hingga mengikuti berbagai pelatihan yang membagikan ilmu tentang membaca audiens, menentukan platform media sosial yang tepat, hingga menjaga keloyalan follower.

Untuk bisa bersaing di dunia kerja masa kini, jangan puas dengan hanya memiliki kemampuan sesuai dengan kualifikasi yang tertera pada iklan lowongan kerja saja. Kamu juga harus menguasai setidaknya lima skill komputer yang menjadi nilai plus di atas agar peluangmu diterima kerja lebih tinggi dari kandidat lainnya.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya