Perkara pekerjaan hampir sama seperti jodoh. Susah-susah gampang cari yang cocok. Karena itulah, banyak orang baru menemukan pekerjaan yang tepat untuk mereka di umur 30-an tahun. Tapi ada juga lho sedikit dari kita yang sudah mendapatkan pekerjaan impian ketika baru pertama kali mencoba.

Gimana sama kamu sendiri? Yakin sudah mendapatkan pekerjaan terbaik untukmu sekarang ini?

Ada 6 indikator yang menentukan apakah passion kamu sudah sesuai dengan pekerjaanmu yang sekarang. Mau tahu apa saja idnikatornya?

1. Hari Senin atau Minggu nggak kerasa bedanya. Pagi selalu membuatmu bergairah untuk memulai aktivitas dan bekerja.

Isilah pagimu dengan secangkir kopi via rebloggy.com

Pagi adalah indikator kebahagiaan manusia yang cukup akurat. Jika kamu mengisi pagi dengan menggerutu dan malas-malasan, kecintaanmu pada pekerjaan yang sekarang layak diragukan. Sebaliknya, jika kamu sudah menemukan pekerjaan yang sesuai impian, maka pagimu akan selalu menjadi pagi terbaik entah itu liburan atau hari kerja. Tiada beda. Passion dalam diri mendorongmu untuk terus bergerak dan memacu energi positif dari dalam, sehingga harimu akan selalu cerah dan berwarna meski beban pekerjaan sedang begitu berat.

2. Rekan kerja yang menyebalkan tak mematahkan semangat kolaboratif. Motivasi yang kuat selalu membuatmu berusaha bertingkah positif.

Advertisement

Energi positif pagi hari juga mendorongmu untuk selalu berpikir positif pada segala kondisi, termasuk rekan kerja yang menyebalkan. Percayalah, setiap bidang pekerjaan memilikinya. Rekan yang demikian tak membuatmu kehilangan mood atau energi. Sebab kamu yakin bahwa siapapun dapat mengantarkan dirimu ke puncak kesuksesan. Untuk itu kamu tetap menjalani komunikasi yang baik dengan dirinya, yang mungkin belum bekerja sesuai passion-nya. Motivasimu untuk bekerja tidak hilang hanya karena dia. Karena dengan bekerja, kamu merasa bahagia.

3. Pekerjaan yang sesuai minat membuatmu bersedia mengatur waktu. Kamu tak ingin mengorbankan pekerjaan hanya karena salah memprioritaskan kegiatan.

Waktu adalah segalanya via kingpinlifestyle.com

Tanda yang satu ini memang jarang disadari. Bekerja sesuai passion akan membuatmu handal mengatur waktu. Tidak hanya itu, alokasi waktu yang kamu berikan untuk setiap pos aktivitas sebisa mungkin terdistribusi dengan kualitas yang sama. Sebabnya, kamu tidak ingin, suatu saat nanti waktu bekerjamu terganggu karena pembagian waktu yang tidak berkualitas dengan kegiatan lain. Perencanaan yang macam ini juga merupakan strategi agar kamu tidak kehilangan pekerjaan gara-gara kecerobohan mengatur waktu.

4. Kamu aktif berpendapat dengan rekan kerja tanpa ragu, sebab kamu yakin bahwa ini adalah pekerjaan yang sesuai dengan keahlianmu.

Pribadi yang dominan via womeninwireless.tumblr.com

Selain itu, di dalam lingkungan pekerjaan, kamu akan menjadi pribadi yang menonjol sebab kepercayaan dirimu meningkat jauh oleh karena keyakinanmu yang mengatakan bahwa dirimu telah bekerja di bidang yang kamu kuasai. Dirimu tidak lagi dilingkupi keraguan ketika ingin mengeluarkan pendapat. Sikap ini sungguh baik, namun tetap mengandung resiko yang tinggi. Kamu bisa saja terlena dan tidak memperhatikan keadaan sekitar lalu sibuk mematut diri. Jika tidak dikelola, maka hasilnya akan fatal. Lingkungan kerja tidak lagi menghargaimu. Oleh karena itu, kepercayaan diri macam ini juga harus dikuasai agar tidak melampaui batas.

5. Tiada “perselingkuhan” dengan melakukan pekerjaan sambilan meskipun menguntungkan.

Konsistensi tingkat tinggi.. via salmanitb.com

Kamu tidak lagi tergoda untuk meraup keuntunan di bidang lain. Inilah tanda bahwa kamu telah bekerja sesuai passionmu. Dirimu dengan sungguh-sungguh mengabdikan diri pada pekerajaan yang paling sekarang. Kalaupun melebarkan sayap, maka sayap itu tidak akan overlapping terlalu jauh ke ranah yang lain. Sebab dirimu mulai paham risiko, bahwa mengembangkan sayap ke ranah yang lain hanya akan mengurangi kesenangan yang telah kamu dapatkan sekarang. Oleh karena itu dirimu lebih memilih untuk terus fokus dengan segala resiko yang melekat. Ini artinya adalah konsistensi tinggi. Orang profesional yang telah bekerja sesuai passion akan memiliki komitmen yang sulit ditawar.

6. Kamu tak pernah merasa minder di hadapan teman dengan  gaji yang lebih tinggi. Sebab, kamu merasakan kebahagiaan yang sama dengan yang mereka jalani.

Mengalami kebahagiaan yang sama via thoughtcatalog.com

Terakhir, kamu tak pernah merasa rendah diri ketika berhadapan dengan temanmu yang bergaji lebih tinggi. Ya, kita semua memulai bersama, namun berbeda tenaga pendorongnya. Tenaga itulah yang membedakan jalur terbang masing-masing manusia. Ketika kamu telah yakin pada passionmu sekarang, maka gaji tinggi bukan masalah besar yang patut dicemburui. Justru kamu akan merasa iri ketika temanmu dapat lebih bahagia dari dirimu ketika menjalani sebuah penghidupan tanpa mengeluh sedikitpun. Kita semua sedang berbagi dan merasakan kebahagiaan yang sama, hanya saja berbeda wujud. Inilah contoh sudut pandang dari orang yang menjalani passionnya sepenuh hati.

Memang, mendapatkan pekerjaan yang sesuai mimpi tak semudah membalikkan telapak tangan dan mengedipkan mata. Ada banyak rintangan yang harus dilalui. Namun tetap saja yang namanya semesta bekerja dengan cara yang cukup rahasia. Dia menyediakan banyak kejutan bagi tiap manusia. Untuk itu, tetaplah bersikap sewajarnya ketika sudah mendapatkan apa yang kamu impikan, dan teruslah berjuang ketika sedang menaiki anak tangga.