Kondangan mulu loe! Kapan loe dikondang-in?

Auu dah…

Dapet undangan pernikahan sebulan bisa sampai 5 kali. Huft, seneng sih bisa makan gratis dan jadi ajang ngumpul-ngumpul bareng teman. Sekalian juga ajang cari jodoh, hihihihi. Namun, di balik keseruan menghadiri undangan, ada nasib dompet yang butuh diselamatkan. Belum beli baju baru, make up dan hair do, belum lagi budget untuk hadiah yang tambah bikin pening kepala. Pusing pala berbie

Hmm, daripada kamu bingung, baiknya praktikan saja tips ngasih kado yang ramah di kantong berikut ini. Yup, meskipun jadwal kondanganmu lagi banyak-banyaknya bulan ini, keuanganmu dijamin tetap sehat walafiat hingga akhir bulan!

1. Kamu bisa pilih hadiah berdasarkan nilai gunanya, bukan dari harganya. Misalnya aja perabotan dapur yang harganya nggak ngerampok uang di dompet

Kadoin gelas couple aja. via www.abeautifulmess.com

Jangan membeli hadiah berdasarkan gengsi atau harganya. Baiknya pilihlah hadiah yang bermanfaat untuk si pengantin baru dan tentunya ramah di kantong. Buat kamu yang masih mahasiswa atau pekerja muda yang gajinya masih Rp 2 jutaan, kamu bisa memilih perabot dapur sebagai hadiah. Seperti misalnya yang sudah umum, setengah lusin gelas tamu yang dibandrol dengan harga minimal Rp 40-50 ribuan aja. Kamu juga bisa pilih gelas pasangan (mamah-papah itu lho) yang harganya di bawah Rp 50 ribu. Selain murah meriah, bermanfaat ke depannya untuk sang pengantin baru.

2. Biar keuangan selamat sampai akhir bulan, tetapkan budget khusus untuk kondangan di awal gajian. Hhhehhehe..

Advertisement

Siapkan budget kondangan di awal bulan. via www.webmd.com

4 kali ngamplop kondangan, 1 kali ngamplop Rp 50.000,

Jadi, dalam sebulan kamu budget-kan Rp. 200.000.

Sediakan budget sebesar Rp 200.000 – 300.000 di awal bulan untuk kondangan. Nah, dari budget Rp 200.000, kamu udah bisa menghadiri 4 kondangan. Dengan estimasi hadiah Rp 50 ribu per kondangannya. Selanjutnya, tinggal kamu tentukan uang Rp 50 ribu tersebut mau kamu hadiahkan dalam bentuk mentahan (uang) atau dibelikan barang. Cara seperti ini dijamin bisa menyelamatkan keuanganmu di akhir bulan.

3. Kalau mau sedikit repot, kamu bisa lho bikin kado sendiri dengan bermodalkan kreativitas yang kamu punya..

Contohnya seperti ini, Guys. via www.latestscrapbookingideas.com

Kalau kamu ingin memberi sesuatu yang berkesan, kamu bisa lho menghadiahkan barang hasil kreasimu sendiri. Misalnya saja bikin scrap book yang berisi foto-foto pasangan pengantinnya (fotonya bisa kamu ambil dari instagram mereka). Atau pigura yang di dalamnya berisi foto dan paper art hasil bikinanmu. Pastikan juga budget-nya nggak lebih dari Rp 100.000 ya.

4. Buat kamu yang punya, belanja hadiah pakai kartu kredit bakal banyak peluang diskonnya. Asal jeli aja mencarinya. Hhehehe…

Kalau lagi diskon, beliin sandwich maker aja. via uk.russellhobbs.com

Baiknya kamu survei dulu mall mana saja yang menawarkan diskon untuk kartu kredit yang kamu punya. Nah, kalau udah nemu mall-nya, tinggal kamu pilih saja ingin menghadiahkan barang apa. Kalau kebetulan mixer, toaster, atau blender lagi diskon, ketiga alat-alat dapur tersebut bisa banget jadi pilihan. Hhehehe…

5. Kalau dateng bareng teman-teman, beli kado patungan memang cara yang paling aman!

Kan kalau patungan kamu bisa ngadoin ini untuk pengantinnya. via dish.allrecipes.com

Nah, ini cara ngado yang paling asyik dan nggak memberatkan. Dengan patungan, kamu dan teman-teman juga bisa menghadiahkan barang yang harganya lumayan. Semisal voucher belanja di supermarket yang jumlahnya lumayan. Selain lebih seru, kondangan rame-rame juga cenderung lebih ramah di kantong.

6. Kadang membeli hadiah dalam bentuk uang bisa lebih ramah di kantong, ketimbang hadiah dalam bentuk barang

Selembar uang ini bisa dipakai untuk satu kali kondangan. via obiesantun.blogspot.com

Ngamplopin uang bisa dengan budget minimal dari Rp 50.000,

Kalau barang, misalnya saja Seprei ukuran double: Rp 150.000.

Lumayan kerasa bedanya.

Menghadiahkan barang memang terlihat lebih niat ketimbang yang hanya sekadar amplop berisi uang. Tapi, kalau budget yang tersedia dirasa nggak mencukupi, baiknya menghadiahkan amplop berisi uang saja. Yang terpentingkan kesediaanmu untuk hadir di acara mereka. Sesederhana apa pun hadiah yang kamu beri yang terpenting adalah keikhlasanmu.

7. Buat para cewek, daripada beli baju baru tiap kondangan, pinjam punya teman atau sewa harian jauh lebih menghemat pengeluaran

Tampilan buat kondangan. via www.instagram.com

Urusan baju dan sepatu yang bakal dipakai ke kondangan, cewek emang lebih ribet dibanding cowok. Cewek biasanya enggan memakai item yang sama di kondangan berikutnya. Nah, untuk mensiasatinya, daripada membeli baju atau sepatu baru, baiknya kamu meminjam punya teman yang ukurannya sama. Opsi kedua, kamu bisa menyewa kebaya harian, lebih murah ketimbang kamu membeli baru. Jadi, tetap tampil gaya dan beda tanpa harus menguras kantong.

8. Makeup dan hair do di salon dapat dipastikan menguras kantong. Kalau nggak bisa sendiri, minta tolong teman makeup-in bisa kali

Minta tolong temen buat dandanin. via makeup.allwomenstalk.com

Daripada dandan di salon yang mengharuskanmu keluar duit hingga Rp 100 ribu, minta tolong teman untuk makeup-in tentu saja jauh lebih hemat. Sementara buat kamu yang jago dandan, selamat! Karena dalam hal ini keahlianmu sangat membantu.

Jadi nggak pusing pala berbie lagi ‘kan saat terima banyak undangan? Tenang, nggak perlu mikirin hadiahnya harus mahal, yang penting ‘kan keikhlasanmu untuk datang. Hhehehe.. Yuk, kondangan!

Suka artikel ini? Yuk follow Hipwee di mig.me!