Mengulik Diversifikasi Usaha ala Maskapai Penerbangan Air Asia. Kini Buka Jasa Akikah Digital!

air asia akikah digital

Banyaknya tantangan selama pandemi ini membuat banyak pelaku bisnis yang harus mengatur strategi bahkan hingga banting setir ke bidang bisnis yang lain. Hal ini tak hanya dialami oleh pebisnis skala kecil saja namun juga dialami bisnis raksasa sekelas maskapai penerbangan. Hal ini disebabkan karena terbatasnya akses orang-orang bepergian karena pandemi Covid-19. Bahkan maskapai penerbangan Air Asia memilih untuk mengembangkan bisnis yang agak jauh yaitu membuka layanan akikah digital.

Advertisement

Benar, kamu tak salah dengar, maskapai Air Asia yang biasanya melayani orang yang ingin ‘terbang’ ini kini jadi penyedia daging kambing yang dimasak. Simak yuk detailnya berikut ini!

Adanya diversifikasi usaha ini diawali karena adanya pandemi Covid-19 yang membuat maskapai rugi besar-besaran

Turun tajam/ Credit: Air Asia via newsroom.airasia.com

Maskapai menjadi salah satu lini bisnis yang sangat terpengaruh karena pandemi ini, bahkan dilansir dari Kompas, bulan Januari sampai April saja terjadi penurunan penumpang internasional sebanyak 45% dan penurunan penumpang domestik 40%. Makanya tak heran jika ingin bertahan maka mereka harus mengikuti pasar dan mencari peluang untuk melakukan diversifikasi. Air Asia memilih untuk membuka layanan akikah digital melalui platform untuk memenuhi keperluan gaya hidup muslim di bawah airasia.com.

“Selaras dengan pengembangan bisnis digital Grup Air Asia, Ikhlas, hari ini melancarkan satu lagi layanan baru yaitu akikah,”  begitu kata Ikhlas Kamarudin, Direktur Ikhlas, dikutip dari Antara.

Advertisement

Layanan akikah ini bukan seperti biasa tapi memiliki target pasar internasional yang mencakup 35 negara

Akikah adalah penyembelihan hewan sesuai ketentuan untuk anak yang baru lahir.

Kalau biasanya penyedia layanan akikah hanya terbatas pada daerah atau kota tertentu, maka berbeda dengan Air Asia. Mereka menyediakan akikah ini untuk 35 negara termasuk Thailand, Kamboja, Vietnam, Laos, Myanmar, Filipina, Indonesia, dll. Mereka menawarkan layanan ini dengan harga Rp2jutaan untuk seekor kambing. Uniknya, ada juga salah satu layanan Akikah Mekah yang penyembelihannya dilakukan di kota Mekah dengan harga yang justru lebih murah, paling rendah sekitar Rp1,7 juta untuk seekor kambing.

Sesuai dengan namanya yaitu layanan akikah digital maka sistem layanannya pun dilakukan secara online melalui platform mereka

Advertisement

Platform ikhlas.com/ Credit: Ikhlas.com via ikhlas.com

Konsumen yang ingin memesan akikah ini bisa melakukan transaksinya melalui ikhlas.com. Jika sudah melakukan pemesanan maka penyembelihan hewan akan dilakukan di negara tersebut atau bisa juga di Mekah tergantung layanan mana yang dipilih. Pemesan juga bisa mengecek status pesanannya melalui ikhlas.com/aqiqah sampai bisa dibagikan kepada komunitas yang membutuhkan di negara-negara tersebut. Mereka juga menawarkan Big Point di mana setiap 2 RM akan mendapatkan 1 point.

Perubahan produk untuk dijual ini merupakan strategi yang diharapkan akan berhasil karena banyaknya orang yang semakin ingin sesuatu yang praktis. Tak hanya Air Asia, ternyata kini banyak juga perusahaan yang melakukan divesifikasi untuk menyelamatkan bisnis mereka di tengah pandemi. Sebelum menyerah, mungkin kamu bisa melakukan strategi bisnis yang satu ini.

Sudah waktunya kita lebih peduli, kenal, dan memahami virus corona yang sudah hidup di antara kita. Dapatkan E-book Panduan Normal yang Baru di sini.
Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE