Pernahkah terbayang olehmu jika suatu saat kamu dipercaya menjadi salah satu anggota Pasukan Pengamanan Presiden atau yang kerap disebut sebagai Paspampres?

Membayangkan sosok Paspampres, para pemuda dengan fisik, postur, inteligensi, juga mental yang gagah dan mumpunilah yang muncul di benak banyak orang. Namun, rupanya untuk menjadi Paspampres nggak melulu harus pria. Di negara adidaya, Amerika Serikat, salah seorang wanita mampu mewujudkan impiannya untuk menjadi pasukan elite yang mengawal presiden. Gadis berusia 30 tahun bernama Alta Lauren Gunawan ini diketahui bergabung dalam tim elite Secret Service yang bertugas mengawal rombongan mobil Presiden Amerika Serikat, Donald Trump.

Advertisement

Dari sekian banyak nama tokoh yang mengharumkan nama Indonesia, Alta Lauren Gunawan ini pun bisa menjadi salah satu sosok yang menginspirasi. Bersama Hipwee Sukses, yuk, kenalan lebih jauh dengan Lauren!

Lauren adalah gadis keturunan asli Medan, Sumatera Utara yang telah tinggal di Amerika Serikat sejak lahir hingga berkarier sekarang

Lauren ketika mengunjungi KBRI via www.dewimagazine.com

“Ayah saya 100 persen orang Indonesia, sedangkan ibu saya merupakan blasteran. Menjadi keturunan campuran adalah sesuatu yang luar biasa. Saya bangga menjadi warga Asia-Amerika,” ungkap Lauren dalam sebuah wawancara, dikutip dari Liputan 6.

Dari namanya saja, bisa ditebak bahwa Alta Lauren Gunawan ini adalah keturunan Indonesia. Dalam pertemuannya dengan Duta Besar Mahendra Siregar di KBRI Washington DC beberapa waktu lalu, Lauren mengaku ingin kembali mengunjungi Indonesia setelah kunjungan pertamanya di Bali, Bogor, dan Jakarta pada 2005 silam untuk menghadiri acara reuni keluarga.

Kecintaannya terhadap kendaraan roda dua sejak remaja mengantarkannya pada dunia kerjanya yang sekarang

gemar kendaraan roda dua via militermeter.com

Advertisement

Lauren yang tumbuh di kota Neponset, Illinois ini merupakan anak pertama dari tiga bersaudara. Ia mengaku mulai jatuh cinta pada kendaraan roda dua sejak berusia 18 tahun. Saat itu, teman-teman semasa kuliahnya sudah banyak yang memiliki motor. Nggak ingin ketinggalan, ia pun memutuskan untuk membeli motor bekas milik salah satu temannya sekaligus menjalani kursus keselamatan. Sejak saat itulah, kendaraan roda dua menjadi kegemarannya melebihi apa pun.

Berkat kegigihannya, Alta Lauren Gunawan dinobatkan sebagai petugas wanita pertama yang masuk dalam keanggotaan United States Secret Service Motorcade Division’s

anggota Paspampres wanita pertama via indonesianlantern.com

Bagi Lauren, adalah sebuah keberuntungan baginya bisa masuk dalam keanggotaan tetap Divisi Pengawalan Motor yang berjumlah 14 orang ini — mengingat divisi ini memang dikenal ketat dalam menerima anggota baru. Tentu menjadi tantangan besar bagi Lauren untuk mengemban tugasnya. Terutama saat ia harus menaiki motor berukuran besar (dan berat), sekaligus bertanggung jawab jika kendaraan roda dua itu tiba-tiba mogok atau mengalami kerusakan.

Lauren berhasil menaklukkan tantangannya untuk bisa mengemban tugas berat sebagai seorang Paspampres di Divisi Pengawalan Motor yang didominasi oleh kaum pria

berkali-kali via edition.cnn.com

Bukan sembarangan, motor dinas Lauren memiliki berat 1.100 pound atau mencapai 500 kilo — yang mana 7 kali lipat dari berat badannya sendiri. Lauren harus menjalani masa pelatihan selama kurang lebih dua pekan. Ia mengaku pernah beberapa kali menjatuhkan motornya dan gagal lolos pada kursus pelatihan yang pertama, sebelum akhirnya berhasil menyelesaikan ujian pelatihan yang menempa mental dan fisiknya.

Saat melakukan iring-iringan, Lauren nggak hanya sekadar mengendari motor, tetapi harus mengawasi kondisi di sekitar seperti para pejalan kaki, pengendara sepeda, atau ancaman tak terduga lainnya.

“Menjadi seorang wanita di sebuah pekerjaan yang didominasi kaum pria itu sangat berat. Kamu harus bisa melakukan apa yang mereka bisa,” Ungkap Lauren.

Mengemban tugas sebagai anggota tim Secret Service alias Paspampres AS, Lauren mengaku senang dan bangga, termasuk juga mengharumkan nama Indonesia. Terlebih karena penghargaan yang didapatkannya sebagai perempuan pertama Asia-Amerika yang menjadi Paspampres AS. Terlepas di negara dan divisi mana ia berkarier, Lauren bisa menjadi panutan bagi anak muda yang mencontohkan bagaimana tekad dan kerja keras bisa meraih cita-cita seberat apa pun rintangannya.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya