6 Brand Fesyen Indonesia yang Mendunia. Bukti Kalau Produk Lokal Tak Kalah Bagus Kualitasnya!

brand fashion mendunia

Selama ini barang-barang fesyen yang berasal dari luar negeri selalu dianggap sebagai produk yang memiliki kualitas lebih bagus dan bikin gengsi makin tinggi, sedangkan kerap barang lokal lekat dengan kualitas yang lebih rendah dan kurang bisa dipamerkan. Malahan, banyak yang sampai rela pakai barang KW (duh!) demi mengejar gengsi tadi. Padahal, kita seharusnya berbangga lo dengan produk-produk bikinan anak bangsa karena beberapa brand lini fesyen kita bahkan sudah banyak yang mendunia.

Lagi-lagi karena kualitasnya yang bagus dan tak hanya dijual di Indonesia mungkin banyak yang mengira kalau beberapa brand ini bikinan luar negeri. Apa saja brand fesyen Indonesia yang sudah mendunia tersebut? Kita simak yuk selengkapnya!

1. The Executive yang sering kita temui di mal ternyata asli Indonesia lo, merek ini juga mengembangkan sayap hingga ke negara tetangga

Biasanya toko dari merek yang satu ini bisa ditemui di dalam mal. Produk yang disajikan juga terlihat mahal walau kebanyakan pakaian formal atau polosan yang ditujukan untuk para pekerja. Tak heran kalau banyak yang mengira brand ini punya luar negeri, padahal ternyata The Executive diproduksi oleh PT Delami Garment Industries yang merupakan perusahaan Indonesia lo. Perusahaan ini juga sudah memiliki cabang di negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura.

2. Lea Jeans merupakan salah satu merek celana jin yang sudah populer sejak bertahun-tahun lalu, tak hanya di Indonesia tapi juga di Asia

View this post on Instagram

A post shared by LEA Jeans (@lea_jeans)

Dengan branding yang lekat akan negara Amerika, merek yang satu ini kerap disangka buatan sana juga. Mulai dari penggunaan bendera Amerika dalam logonya hingga model untuk iklannya juga menggunakan model-model luar negeri. Ternyata, brand ini merupakan bikinan PT Lea Sanent asal Tangerang, Banten. Merek ini juga fokus untuk memasarkan produknya ke negara-negara tetangga khususnya di Asia.

3. Salah satu merek outwear ternama adalah Erigo yang namanya sempat terpampang di Time Square New York

Erigo terkenal dengan berbagai produknya seperti celana chino, tas, dan berbagai outwear lainnya. Kualitas yang ditawarkan membuat merek yang satu ini banyak digemari dan namanya makin familiar. Ternyata tak hanya di Indonesia saja merek ini dikenal namun baru-baru ini iklan Erigo berhasil mejeng di Times Square yang terkenal sebagai pusat iklan di Amerika. Wow~

4. Bandung terkenal sebagai salah satu kota fesyen penghasil produk-produk lokal, salah satu merek yang berhasil go international adalah Bodypack

View this post on Instagram

A post shared by BODYPACK (@bodypack)

Waalaupun selama ini lebih dikenal sebagai produsen tas namun Bodypack juga memproduksi produk lain seperti dompet, kaus, kacamata, hingga jam tangan. Di bawah perusahaan PT Eksonindo Multi Product Industry, merek ini berhasil digemari oleh masyarakat dalam negeri dan luar negeri. Setelah dijual secara daring pada orang luar, kini mereka juga membuka toko di luar negeri.

5. 3Second yang menggandeng Ariel Noah sebagai Brand Ambassador juga menjadi salah satu brand yang mendunia

View this post on Instagram

A post shared by 3SECOND (@its3second)

3 Second menjadi salah saru brand yang banyak digemari karena pemilihan brand ambassador yang jadi idola banyak anak muda seperti Momo Geisha hingga Ariel Noah. Merek yang satu ini menghadirkan berbagai barang fesyen seperti hoodie, kaus, topi, ikat pinggang, dll.

6. Cotton Ink menjadi salah satu merek fesyen yang gerainya sering berjejeran dengan brand internasional. Tetap percaya diri!

Saat berjalan di mal kamu mungkin akan menemui gerai Cotton Ink yang bersanding dengan brand-brand dari luar negeri. Meskipun begitu, merek yang didirikan oleh dua orang bersahabat sejak SMP ini tetap kokoh berdiri karena memiliki peminatnya sendiri. Bahkan brand ini berhasil memboyong pendirinya, Carline Darjanto masuk ke jajaran Forbes 30 Under 30.

Nah, itu dia beberapa merek fesyen lokal yang berhasil bersaing di dunia internasional. Ternyata kualitas produk kita juga nggak kalah saing kok dengan mereka. Tak hanya beberapa brand tersebut lo yang menawarkan kualitas baik tapi masih banyak produk lokal yang juga tak kalah bagus lainnya.

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.