5 CEO yang Resign dari Perusahaan Saat Sedang Sukses-suksesnya. Rata-rata Relatif Muda~

ceo resign

Posisi CEO merupakan salah satu jabatan yang diidam-idamkan banyak orang. Meskipun mengemban tanggung jawab yang besar namun tetap saja posisi ini dibilang membanggakan. Lihat saja bio Instagram orang-orang, banyak yang dengan bangga mencantumkan “CEO of … “ meskipun perusahaannya masih rintisan. Meskipun begitu, ternyata tak semua orang punya keinginan untuk menjabat posisi ini lo. Malah ada banyak yang mundur walau perusahaan sedang maju-majunya.

Baru-baru ini mungkin kamu mendengar berita mengenai CEO TikTok yang ingin mundur dari jabatannya dan memilih untuk lebih banyak memikirkan hal yang lebih dalam. Ternyata, selain dia ada juga beberapa CEO lainnya yang melakukan hal serupa. Siapa saja? Simak yuk selengkapnya!

1. Sebelum Zhang Yiming, Jeff Bezos lebih dulu mundur dari posisi CEO perusahaan yang didirikannya yaitu Amazon

View this post on Instagram

A post shared by Jeff Bezos (@jeffbezos)

Jeff Bezos mengawali Amazon sebagai sebuah toko buku pada tahun 1994. Ternyata perusahaan ini mampu berkembang sebagai sebuah marketplace paling sukses yang menjual berbagai keperluan. Bahkan, perusahaan ini membawa Bezos menduduki peringkat pertama orang paling kaya di dunia. Meskipun begitu, ia memilih untuk mundur dari jabatannya. Belum lama, surat penunduran dirinya sudah tersebar dan ia akan mulai resmi non aktif pada 5 Juli 2021 mendatang.

2. Sama-sama di bidang e-commerce, Jack Ma juga memilih untuk mundur dari posisi CEO Alibaba pada tahun 2019 lalu

Jack Ma mendirikan perusahaan ini sejak tahun 1999 bersama 19 orang lainnya. Kesuksesan ini juga tak lepas dari latar belakangnya yang menginspirasi banyak orang seperti yang mungkin sudah sering kamu baca. Setelah selama 20 tahun memimpin Alibaba, Jack Ma memutuskan untuk mundur dari jabatannya sebagai CEO. Dikutip dari Kompas, alasan Jack Ma harus mundur karena menurut pemodal ventura Jack Ma tidak cocok menjadi seorang CEO lo. Gagasan ini bahkan sudah ada sejak tahun 2004 lalu dan digagas lebih matang selama 10 tahun hingga Jack Ma benar-benar mundur.

3. Howards Schultz merupakan pemilik sekaligus CEO kedai kopi ternama dunia yaitu Starbucks, ia memutuskan resign pada tahun 2016

Howard bukan merupakan pendiri asli dari brand kedai kopi ini tapi ia sudah bergabung sejak 1982 di mana baru ada 4 kedai yang dimiliki. Ia kemudian membeli brand ini pada tahun 1987 dan mampu mengembangkan Starbucks hingga sukses. Ia memutuskan untuk mundur dari jabatan CEO pada tahun 2016 dan menjadi Ketua Dewan Direksi namun kembali mundur pada tahun 2018.

4. Instagram menjadi makin besar setelah dibeli oleh Facebook namun justru dari sana CEO yang bernama Kevin Systrom memutuskan mundur

View this post on Instagram

A post shared by Kevin Systrom (@kevin)

Instagram didirikan oleh dua orang yaitu Kevin Systrom dan Mike Krieger pada tahun 2010. Tahun 2012 perusahaan ini dibeli oleh Facebook dan menjadi salah satu aplikasi paling laris. Penggunanya bahkan mencapai 1 miliar di setiap bulan. Meskipun begitu, Kevin dan Krieger memilih untuk mundur dari jabatan mereka di perusahaan yang mereka dirikan. Dilansir dari The Verge, alasannya karena ada permasalahan dengan CEO Facebook.

5. Jika kamu mengira bahwa sampai saat ini Bill Gates masih menjabat sebagai CEO Microsoft, dugaanmu ternyata salah besar karena ia sudah mundur sejak tahun 2000

Bill Gates mendirikan Microsoft sejak tahun 1975 bersama rekannya, Paul Allen. Sejak saat itu, ia mulai menjabat posisi CEO dan menjadikan perusahaan ini menjadi perusahaan paling besar di dunia, namun ia hanya menjabat sampai tahun 2000. Dilansir dari Kompas, setelahnya ia menjadi anggota dewan sampai awal tahun 2020 lalu dan kini fokus untuk mengurus yayasan yang ia jalankan bersama Melinda Gates yang sekarang menjadi mantan istrinya.

Walaupun kelihatannya keren dan membanggakan namun posisi CEO akan memberikan tanggung jawab yang tinggi. Pun, tak semua orang bisa berkompeten untuk menduduki jabatan tersebut lo. Buktinya banyak yang memilih untuk lekas mundur dari posisi tersebut.

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.