Monday Blues: Libur Akhir Pekan Bikin Susah Kerja di Hari Senin. Nyata atau Cuma Alasan Malas Aja?

Fakta Monday Blues

Pernah dengar istilah “Monday is monster day“? Atau mungkin, kamu juga sering mengalaminya?

Beberapa istilah memang kerap digunakan untuk menggambarkan betapa menakutkannya hari Senin. Bahkan hal tersebut dialami oleh berbagai kalangan, mulai dari pelajar, karyawan hingga ibu rumah tangga sekali pun. Hari Senin rasanya sangat ribet dan melelahkan untuk dihadapi sejak pagi hingga sepanjang hari.

Biasanya orang yang menganggap hari Senin sebagai hal yang menakutkan dan menyebalkan karena mereka sedang mengalami fenomena pasca libur atau yang sering disebut “Monday Blues“. Fenomena ini banyak dialami pekerja yang memiliki pola kerja cepat dan penuh tekanan. Namun, sering juga dialami oleh orang-orang yang punya agenda padat di hari Senin.

Melansir dari Productivity Club, Monday Blues biasanya menyerang saat Minggu malam atau menjelang hari kerja. Gejala yang muncul biasanya mulai dari malas dan cemas, bahkan yang paling parah hingga merasa sakit kepala, perut dan punggung.

Secara psikologis, Monday Blues merupakan kecemasan akibat rasa khawatir untuk menghadapi hari esok. Sebab, biasanya setelah ditinggal libur akhir pekan, pekerjaan jadi menumpuk di hari Senin. Belum lagi jika ditambah target mingguan dan evaluasi minggu sebelumnya. Secara emosional, orang jadi sangat malas menghadapi hari Senin karena sudah merasa nyaman dengan santai di akhir pekan.

Tapi, wajar nggak sih kalau merasakan hal yang demikian? Padahal habis libur harusnya jadi semangat, kan? Atau jangan-jangan, Monday Blues hanya sekadar alasan di balik rasa malas keluar dari zona nyaman ya?

Menurut penelitian, Monday Blues itu ternyata memang nyata. Bisa menyebabkan stres kerja di awal minggu, kemudian berangsur membaik menjelang akhir pekan dan balik lagi di hari Senin

Rasa malas bekerja di hari Senin | Credit by Andea Piacquadio on Pexels

Pada umumnya perusahan menetapkan sistem 5 hari kerja dan memberikan 2 hari libur di akhir pekan. Harapannya, pekerja bisa istirahat dari rutinitas kerja, mengembalikan energi dan pikiran jadi lebih segar untuk bekerja lagi di hari Senin. Namun, banyak yang mengalami justru sebaliknya. Pekerja mengalami fenomena Monday Blues yang membuat mereka merasa malas dan enggan untuk kembali bekerja.

Awalnya, hal tersebut dianggap isu atau alasan yang dibuat-buat saja.

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day