Rincian Gaji Hakim di Indonesia, dari yang Pokok Hingga Tunjangan

Ada yang mengatakan bahwa hakim merupakan kaki tangan Tuhan yang membantu menegakkan keadilan di dunia. Hakim merupakan profesi di bidang hukum yang bertugas memutuskan sebuah perkara.

Advertisement

Perannya ini cukup penting dalam menegakkan keadilan.Oleh karena itulah, tidak heran jika gaji hakim berada di angka yang fantastis. Yuk, simak rincian gaji hakim dan tunjangannya di Indonesia. 

Gaji pokok hakim

gaji pokok hakim

Hakim ketua

Aturan mengenai pemberian gaji pokok hakim tercantum di dalam PP No. 94 Tahun 2012. Seorang hakim dengan golongan III/A dengan masa kerja 0-2 tahun akan mendapat gaji pokok sebesar 2 jutaan. Sedangkan gaji hakim tertinggi yaitu golongan IV/E dengan yakni 4,9 jutaan. 

Angka tersebut memang terlihat kecil. Namun hakim tidak hanya menerima gaji pokok. Gaji Hakim juga mendapatkan tunjangan dan fasilitas, seperti :

Advertisement
  • Tunjangan jabatan
  • Kedudukan protokol
  • Rumah dinas
  • Jaminan kesehatan serta keamanan
  • Fasilitas transportasi
  • Biaya perjalanan dinas
  • Penghasilan pensiun serta tunjangan lainnya. 

Tunjangan hakim

Besar tunjangan hakim dapat menembus angka Rp40 jutaan yang tergantung pada jabatan serta lokasi tempat kerja. Misalnya saja, Hakim Ketua di kelas pengadilan 1A khusus maka akan mendapat tunjangan sebesar Rp 27 juta. 

Advertisement

Tentu saja angka tersebut akan berbeda jika menjadi Hakim Ketua yang bekerja di Pengadilan Tinggi. Hakim Ketua yang bertugas di Pengadilan Tinggi akan mendapat tunjangan sebesar Rp40,2 juta. 

Tunjangan uang kemahalan atau tunjangan tambahan

Selain mendapat tunjangan berdasar jabatan dan lokasi kerja, seorang hakim juga berhak memperoleh tambahan gaji berdasar pada zona kerja. 

Hakim yang bertugas di Zona 1 (Pulau Jawa) mendapat tunjangan Rp0. Sementara yang bertugas di Zona 2 (Pulau Sumatera, Kalimantan., Sulawesi serta Nusa Tenggara) mendapat tunjangan Rp1,35 juta. 

Selanjutnya, Hakim yang bekerja di Zona 3 ( Wilayah Papua, Maluku, Toli-Toli, Poso, Tarakan, Nunukan) mendapat tambahan tunjangan Rp2,4 juta. Sedangkan yang bekerja di Zona 4 (Bumi Halmahera, Wamena, Tahuma) mendapat tunjangan kemahalan Rp10 juta. 

Demikianlah rincian gaji hakim dan tunjangannya yang mencapai puluhan juta per bulan. Untuk calon hakim yang baru lulus pendidikan hakim akan mendapat penghasilan minimum 10 jutaan. Bagaimana, tertarik menjadi hakim? 

Semoga informasi tentang gaji hakim di atas dapat bermanfaat, ya.

Baca sepuasnya konten-konten pembelajaran Masterclass Hipwee, bebas dari iklan, dengan berlangganan Hipwee Premium.
Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Penikmat buku dan perjalanan

CLOSE