Yuk Intip Berapa sih Gaji Psikolog di Indonesia

Profesi psikolog belakangan ini memang tidak asing di telinga masyarakat, seiring dengan banyak isu kesehatan mental yang menjadi pembicaraan publik. Apalagi kesadaran akan kesehaan mental saat ini juga mulai meningkat.

Advertisement

Psikolog merupakan profesi yang fokus pada ilmu psikologi yang memperhatikan pikiran serta perilaku manusia. Nah, berapa sih gaji psikolog di Indonesia?

Mengenal profesi psikolog

apa itu psikolog

Psikolog saat mencatat perilaku klien | Foto oleh Alex Green dari Pexels

Sekilas jika berbicara tentang psikolog, maka yang terlintas di benak masyarakat adalah dokter jiwa. Yup, dalam beberapa kesempatan dan kondisi, psikolog memang bekerja sama dengan dokter jiwa (psikiater). 

Jika psikiater adalah lulusan dokter yang mengambil spesialis kejiwaan, maka psikolog adalah sarjana psikologi yang melanjutkan kuliah magister profesi psikolog.  Profesi psikolog klinis mempunyai tanggung jawab mengkaji, memberikan diagnosa, serta membantu klien dengan masalah psikologis. 

Advertisement

Bedanya dengan psikiater, psikolog hanya mengembangkan skill klien sehingga dapat lebih berdaya dan menjadi baik tanpa treatment obat-obatan.

Gaji psikolog di Indonesia

gaji psikolog di indonesia

Psikolog saat sesi konsultasi dengan klien | Foto oleh Alex Green dari Pexels

Gaji psikolog di Indonesia beragam, tergantung pada pengalaman, tempat kerja, spesialisasi dan faktor lainnya. Rata-rata gaji psikolog klinis per bulan sekitar 7 juta hingga 13 jutaan.  

Advertisement

Pada awal bekerja biasanya mendapatkan gaji antara 2 jutaan sampai Rp6 juta per bulan.  Namun, setelah 5 tahun, gajinya mencapai Rp3 juta sampai Rp8 juta per minggu atau 40 jam kerja. 

Pendapatan ini belum termasuk uang tunjangan, serta pemasukan jika membuka praktik mandiri. Secara umum, jasa konsultasi psikolog per sesi adalah 150 ribu sampai 300 ribu rupiah.  

Nah, nominal ini akan berbeda jika psikolog merupakan pejabat instansi pemerintah, seperti di rumah sakit.  Besaran gaji psikolog di rumah sakit akan menyesuaikan dengan pangkat dan golongan. 

Berbeda dengan psikolog rumah sakit, gaji psikolog forensik di Indonesia berkisar mulai 10 juta rupiah hingga puluhan juta. Mengingat tanggung jawab yang tinggi, tidak heran jika pendapatannya pun lumayan besar. 

Lalu, berapa gaji psikolog di luar negeri? Rata-rata psikolog yang berada di luar negeri mendapatkan gaji US 74.724 per tahun, atau sekitar 90 juta per bulan. Lumayan banyak, bukan?

Itulah besaran gaji psikolog di Indonesia dan luar negeri. Jika tertarik menjadi psikolog, kini banyak perguruan tinggi yang mempunyai pilihan prodi Psikologi.  Perlu Kamu pahami, bahwa nominal tersebut hanya kisaran saja ya, bukan patokan yang pasti. Semoga bermanfaat.

Baca sepuasnya konten-konten pembelajaran Masterclass Hipwee, bebas dari iklan, dengan berlangganan Hipwee Premium.
Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Penikmat buku dan perjalanan

CLOSE