6 Kebiasaan Orang Sukses, Ternyata Hanya 10% Orang di Dunia yang Lakukan

Begini cara pikir mereka yang akhirnya menemukan kesuksesan, ternyata cukup simpel

Misalnya, sebagai seorang pelajar, haruslah mengerti dan menyadari posisimu untuk senantiasa belajar dan mengerjakan segala pekerjaan rumah dengan penuh dedikasi, karena hal-hal seperti itulah yang akan memengaruhi kesuksesanmu sendiri pada akhirnya. Hal-hal tersebut nggak ada kaitannya sama sekali dengan orang lain, karena yang menentukan jalan hidup kita, masa depan kita adalah kita sendiri.

4. Mengubah stres menjadi energi positif; fokuslah pada hal yang bisa dikontrol, abaikan yang di luar kemampuan

Cara pikir CEO

Olah stres jadi energi positif | Photo by Fer Stein on Unsplash

Advertisement

Saat kamu merasa khawatir dan cemas karena stres, hal positif yang dapat dilakukan adalah memfokuskan pikiran pada hal-hal yang dapat dikontrol dan lupakan segala sesuatu yang nggak bisa dikontrol.

Fokuslah pada daftar masalah yang bisa kamu hadapi, lalu segera susun langkah konkret yang dapat dilakukan untuk menyelesaikannya. Cara ini akan membuatmu mampu memecahkan stres dan memiliki energi positif untuk melangkah lebih lanjut untuk mencapai tujuan yang kamu targetkan.

5. Gunakan prinsip SMART; spesifik, terukur, dapat dicapai, realistis dan tepat waktu, untuk mencapai tujuanmu

Cara pikir smart

Cara pikir SMART | Photo by Kyle Gregory Devaras on Unspla

Banyak tujuan yang nggak bisa direalisasikan dengan sempurna, bahkan nggak bisa dijalankan sama sekali. Sehingga tujuan tersebut hanya menjadi khayalan. Akhirnya bukan tujuan yang didapat, tapi hanya putus asa, depresi, dan rendah diri.

Advertisement
  • Spesifik: Kenali betul apa yang benar-benar kamu inginkan dengan menjawab pertanyaan 5W1H
  • Terukur: Kenali jarak antara posisimu sekarang dengan posisi tujuan yang akan dicapai, seberapa besar atau seberapa jauh
  • Dapat dicapai: Perkirakan seberapa besar kemungkinan untuk mencapai tujuan dengan strategi yang dimiliki
  • Realistis: Buktikan bahwa tujuan tersebut bisa direalisasikan
  • Tepat waktu: Tetapkan target kapan tujuanmu bisa diwujudkan

6. Tetap konsisten!

Cara jadi konsisten

Tetap konsisten sampai garis akhir | Photo by Ev on Unsplash

Melakukan sesuatu secara konsisten sangat penting dalam hidup. Konsistensi adalah sebuah usaha untuk terus dan terus melakukan sesuatu hingga mencapai tujuan akhir. Jika kamu sedang mengejar sebuah mimpi, cita-cita, atau target, pastikan kamu bisa menjaga konsistensi. Karena passion saja nggak cukup. Kamu harus punya disiplin diri untuk bisa terus konsisten.

Advertisement

Jangan takut gagal, karena satu-satunya jalan menuju kesuksesan adalah mengalami kegagalan. Kenapa orang sukses itu minoritas, karena yang bisa konsisten bangkit tiap kali jatuh nggak banyak.

Nah, jika kamu sudah melakukan kebiasaan-kebiasaan di atas, termasuk sudah berinisiatif dan menjadi proaktif, maka selamat, kamu termasuk ke dalam 10% golongan orang-orang yang sukses!

Baca sepuasnya konten-konten pembelajaran Masterclass Hipwee, bebas dari iklan, dengan berlangganan Hipwee Premium.
Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

salt of the earth, light of the world

CLOSE