5 Jenis Bisnis yang Cocok Buat Kamu Penggila Fesyen. Harus Jeli Lihat Peluang, tapi Penuh Potensi~

Ide bisnis fashion

Dunia mode nggak bakal berhenti kalau manusia masih membutuhkan pakaian sebagai kebutuhan pokoknya. Yap, kebutuhan pokok manusia itu terdiri dari sandang, pangan, papan yang artinya pakaian, makanan, dan juga tempat tinggal. Bahkan sandang atau pakaian berada di urutan pertama kebutuhan pokok manusia lo. Jadi, buat kamu yang punya ketertarikan dan bakat dalam dunia fesyen, kamu bisa mencoba peruntunganmu di sini.

Advertisement

Berkecimpung dalam dunia fesyen bukan berarti cuma jadi penjahit baju aja, masih banyak jenis bisnis lain yang bisa kamu eksplor dan tekuni. Kira-kira apa aja ya bidang bisnis yang bisa ditekuni sama para pegiat fesyen? Yuk, simak langsung ulasan di bawah ini, ya!

1. Kalau kamu punya bakat menjabarkan sesuatu dalam bentuk tulisan, kamu bisa coba jadi fashion blogger

Jadi fashion blogger untuk tambah pemasukan | Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Kegiatan menulis bisa menjadi salah satu media untuk menuangkan pemikiran atau perasaan yang sedang dialami. Media untuk menulis juga nggak terbatas, kamu bisa menulis manual di buku atau bisa menulis digital melalui blog. Kalau kamu merasa punya bakat atau ketertarikan dengan bidang kepenulisan, kamu bisa coba menulis secara digital supaya bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Yap, biasanya para blogger punya satu blog yang membahas tentang topik yang disenangi. Misalnya, travel blogger yang suka membagikan momen perjalanannya atau wisata kuliner di suatu tempat.

Lalu, ada beauty blogger yang suka memberikan review mengenai produk makeup atau skincare. Nah, buat kamu yang senang berkecimpung dalam dunia fesyen dan pengin punya bisnis di bidang mode, kamu bisa coba menggeluti profesi sebagai fashion blogger, SoHip. Kalau kualitas blog kamu bagus, kamu bisa diajak kerjasama oleh beberapa brand fashion lo. Menyenangkan, bukan?

Advertisement

2. Tenang, kalau kamu lebih suka mengabadikan momen lewat foto, mungkin kamu bisa coba jadi fotografer fashion

Jadi fotografer fashion juga menyenangkan | Photo by EKATERINA BOLOVTSOVA from Pexels

Kalau kamu akrab sama lensa kamera dan suka memotret sesuatu yang punya nilai seni, mungkin menjadi fotografer fashion bisa jadi ide bisnis yang bagus. Kamu bisa manfaatkan media sosial seperti Instagram untuk membuat portofolio dari karya fotografimu. Kamu juga bisa mengajukan kolaborasi dengan beberapa brand fashion untuk membuat photo session yang apik dan menarik perhatian banyak orang.

Profesi ini pasti menyenangkan buat kamu yang passionate di industri fashion. Selain bisa menambah rekan dan relasi, kamu juga punya kesempatan besar untuk jalan-jalan keliling Indonesia bahkan dunia lo!

3. Bisnis di bidang fashion illustrator juga bisa kamu tekuni kalau kamu punya keahlian menggambar dan membuat desain

Advertisement

Jenis bisnis yang cocok buat kamu yang bakat menggambar | Photo by RODNAE Productions from Pexels

Ide bisnis kali ini bisa jadi referensi buat kamu yang punya hobi atau keahlian menggambar dan membuat desain. Kamu bisa manfaatkan Instagram untuk mengunggah beberapa desain busana yang sudah kamu buat. Kamu bisa lengkapi portofoliomu dengan caption yang menceritakan inspirasimu dalam membuat desain atau makna dibalik desain yang kamu buat. Hal itu bisa menarik perhatian warganet Instagram karena secara nggak langsung, kamu membagikan sebuah karya dan juga cerita.

Selain itu, kamu juga bisa melamar sebagai fashion illustrator atau creative director untuk beberapa merek fesyen lokal. Dengan begitu, kamu bisa menyalurkan bakat dan turut berkontribusi untuk memajukan industri fashion di Indonesia.

4. Membuat brand fesyen sendiri pasti punya tantangan tersendiri, tapi kamu punya kesempatan untuk dikenal banyak orang

Mulai bangun brand kamu sendiri | Photo by Ron Lach from Pexels

Punya cita-cita untuk membuat brand fashion sendiri? Kamu bisa kok mewujudkannya. Kamu bisa mulai dari menentukan bidang fesyen yang pengin kamu tekuni. Apakah kamu pengin punya brand celana jeans? Rok plisket? Atau bahkan printed scarft yang lagi ramai di Indonesia? Selanjutnya, kamu bisa survei bahan baku yang bakal jadi bahan utama brand kamu. Setelah semuanya aman, kamu bisa mulai produksi dan memasarkannya dengan sistem pre-order. Dari situ kamu bisa mengukur sejauh mana orang-orang penasaran dan suka sama produk kamu.

Kamu bisa coba konsultasi dan diskusi sama orang-orang yang sudah lebih dulu berkecimpung dalam dunia fashion supaya dapat gambaran dan masukan dari mereka. Kalau brand kamu berhasil dan punya pangsa pasar sendiri, nggak menutup kemungkinan kamu bisa dikenal sama banyak orang.

5. Kalau belum siap produksi brand sendiri, kamu bisa coba bisnis bidang ekspor impor produk fesyen seperti thrift shop

Bikin usaha thrift shop bisa jadi alternatif pilihanmu | Photo by cottonbro from Pexels

Belakangan ini bidang usaha thrift shop lagi digandrungi banget di Indonesia. Kalau kamu belum yakin untuk membangun brand sendiri, kamu bisa coba jenis bisnis yang satu ini. Kamu bisa survei baju import yang kondisinya masih bagus dan layak pakai untuk dijual kembali di sini. Banyak konsumen yang gemar thrifting karena biasanya harganya lebih murah dan koleksinya cuma ada satu. Kalau kamu belum punya cukup modal untuk menyewa toko, kamu bisa mulai berjualan di e-commerce atau Instagram dengan memanfaatkan fitur Instagram Shopping.

Itu dia SoHip beberapa jenis bisnis fesyen yang bisa kamu tekuni. Kalau kamu punya skill di antara 5 jenis bisnis di atas, kamu bisa mulai mencobanya. Kira-kira kalau kamu punya bakat dan kesempatan, kamu bakal coba bisnis yang mana, nih?

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day

CLOSE