Kupas Tuntas Kuliah Kelas Karyawan; Alternatif Lanjut Berkuliah Sambil Tetap Kerja Full-time

kelas kuliah karyawan

Bagi beberapa orang, melanjutkan pendidikan ke jenjang sarjana barangkali tak semudah bagi beberapa orang yang lain. Akhirnya hal ini harus dikorbankan dan diganti dengan bekerja demi menabung dulu atau ada juga alternatif yang lain yaitu dengan nyambi bekerja saat kuliah. Dibanding pekerjaan paruh waktu, penghasilan yang didapatkan saat bekerja penuh waktu akan memberikan upah yang lebih besar. Risikonya, waktu yang habis di pekerjaan membuatmu tak bisa mengejar kuliah dengan jam reguler yang berlaku di universitas pada umumnya.

Advertisement

Akan tetapi, sekarang mungkin kamu bisa sedikit tenang karena ada kuliah khusus untuk orang yang nyambi jadi karyawan atau bekerja. Istilah yang sering dipakai untuk kuliah ini adalah kuliah kelas karyawan. Kita simak yuk penjelasan selengkapnya!

Sesuai dengan namanya, kuliah kelas karyawan adalah kelas yang dikhusukan untuk mereka yang nyambi bekerja

Masuk weekend/ Credit: Freepik via www.freepik.com

Biasanya kelas untuk para karyawan ini disediakan pada beberapa perguruan tinggi swasta yang menawarkan sistem kuliah yang lebih fleksibel. Yang sering menjadi pertimbangan utama adalah waktu yang menyesuaikan mahasiswa, biasanya kelas diselenggarakan sore hingga malam hari untuk mereka yang mengambil kelas 5 hari selama seminggu. Namun, ada juga sistem kelas akhir pekan di mana mahasiswa bisa kuliah seharian di hari Sabtu dan Minggu. Pilihan ini bisa disesuaikan agar tidak bentrok dengan urusan pekerjaan.

Materi kuliah di kelas ini biasanya disesuaikan dengan kebutuhan dunia kerja, makanya tak ada salahnya mengambil yang linear

Harus linear/ Credit: Freepik via www.freepik.com

Kamu tetap bisa memilih berbagai jurusan kuliah saat mengambil kelas ini. Jika sudah merasa nyaman dengan pekerjaan saat ini namun memiliki tujuan untuk melesatkan jenjang karier di bidang serupa, tak ada salahnya memilih jurusan yang linear dengannya. Selain lebih terarah, kamu juga sudah mengetahui dasar-dasarnya sehingga mengikutinya pun bisa jadi terasa lebih mudah. Pun biasanya kelas karyawan membuat kurikulum perkuliahan yang sesuai dengan kebutuhan para karyawan yang juga bisa langsung diterapkan di pekerjaan.

Advertisement

Lama studi yang duterapkan pada kelas karyawan biasanya menyesuaikan namun ada kemungkinan bisa lebih cepat

Bisa lebih cepat/ Credit: Freepik via www.freepik.com

Walaupun kelas hanya digelar di sore hingga malam hari atau bahkan di akhir pekan saja ternyata kesempatan untuk lulus dalam waktu yang singkat juga diberikan pada kelas karyawan apalagi jika sebelumnya sudah memiliki bekal ijazah diploma baik diploma 1,2, maupun 3. Di beberapa universitas misalnya, jika biasanya kelas reguler dalam satu tahun terdiri dari 2 semester maka di kelas ini dijadikan 3 semester selama satu tahun. Untuk menempuh S1, maka 8 semester bisa dipadatkan menjadi 2 tahun 8 bulan saja.

Meskipun waktunya fleksibel, namun kuliah yang dilakukan sambil bekerja juga membutuhkan komitmen yang serius

Pusing/ Credit: Freepik via www.freepik.com

Bekerja saja mungkin sudah membuat seseorang merasa kelelahan dan hanya ingin pulang setelahnya, makanya kuliah malam atau di akhir pekan memerlukan komitmen yang serius agar tetap bisa dilakukan hingga lulus. Selain itu, walaupun pendidikan merupakan urusan personal memberi tahu perusahaan juga bisa dilakukan supaya atasan bisa menyesuaikan pekerjaanmu dengan jadwal lembur sehingga tidak bentrok.

Advertisement

Biaya juga menjadi salah satu hal yang harus dipertimbangkan sejak sebelum masuk kuliah sehingga tidak ada cerita kuliah putus di tengah jalan karena terhalang uang. Kamu mesti menyusun keuangan mulai dari pemasukan hingga pengeluaran dan menyesuaikannya dengan biaya yang sudah diberitahukan.

Semua orang berhak mendapatkan akses pendidikan walaupun kamu yang mungkin sekarang melakukannya sambil bekerja dituntut untuk menjadi seseorang yang ekstra kuat. Pasalnya, tak mudah lo sudah lelah bekerja, tapi otak masih dipaksa untuk berpikir. Akan tetapi, selain ilmu itu sendiri banyak juga lo manfaat yang bisa didapatkan layaknya koneksi hingga kesempatan untuk selalu upgrade diri.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE