Di dunia kerja, banyak cara untuk meraih kesuksesan. Diantara metode tersebut ada dua aliran yang paling sering dianut oleh para orang sukses yaitu kerja keras dan kerja cerdas. Kerja keras dapat diartikan sebagai upaya ambisius untuk meraih kesuksesan dengan cara mengerahkan seluruh tenaga semaksimal mungkin sampai mendapatkan hasil yang diinginkan. Sedangkan kerja cerdas adalah bagaimana kita bisa bekerja sebaik mungkin dengan hasil yang sama besarnya namun dengan usaha yang lebih ringan atau sedikit.

Mana yang lebih baik? Tidak ada. Keduanya saling melengkapi tidak seharusnya dibeda-bedakan. Pekerjaan akan semakin maksimal hasilnya jika kita kerjakan dengan kerja keras sekaligus kerja cerdas. Lalu bagaimana cara mengerjakan keduanya secara beriringan? Hipwee Sukses merangkumnya dalam ulasan berikut!

1. Kerja keras untuk mengejar ambisi

ambisius via www.forbes.com

Advertisement

Kerja keras mengajarkan kita untuk pantang menyerah. Untuk mengejar ambisi, kita butuh kerja keras karena kerja keras akan memberi kita dorongan lebih untuk bertindak. Kerja keras memacu kita untuk memberikan semua yang kita bisa untuk mencapai hasil maksimal yang kita inginkan.

2. Kerja cerdas untuk menyimpan energi

biar bisa luangin waktu buat liburan via www.inc.com

Kerja cerdas adalah soal mendongkrak produktivitas dengan mengoptimalkan usaha sehingga dengan usaha minimal kita bisa mencapai hasil yang maksimal. Dengan begitu kita tidak perlu memaksakan diri untuk berusaha terlalu keras untuk mencapai hasil yang sama. Nah, jadi lebih hemat energi kan? Jadi selisih energi yang ada bisa kita simpan atau gunakan untuk istirahat yang lebih berkualitas.

3. Mengambil keputusan dengan kerja cerdas

mengambil keputusan via www.psychologytoday.com

Untuk menentukan keputusan yang tepat perlu kecermatan dan kehati-hatian dalam mengambil langkah. Pertimbangkanlah dengan matang dan jangan terburu-buru dalam menentukan langkah apa yang nantinya akan kamu ambil.

4. Bekerja penuh ketekunan dengan kerja keras
Advertisement

Dalam kerja keras, salah satu aspek yang paling penting adalah konsistensi. Karena usaha semaksimal apapun jika tidak dilakukan secara konsisten maka tidak akan membuahkan hasil yang optimal. Konsistensi itulah yang merupakan dasar atau pondasi dari ketekunan.

5. Kreativitas dalam bekerja dengan kerja cerdas

Kerja cerdas adalah soal bagaimana kita menyiasati untuk melakukan pekerjaan dengan usaha seminimal mungkin untuk mendapatkan hasil yang semaksimal mungkin. Untuk mencapainya tentu butuh kreativitas dan manajemen risiko yang baik karena usaha keras saja tidak cukup. Selain itu, kamu juga harus jeli dan pandai dalam mencari peluang.

Menjadi seorang pekerja keras sekaligus seorang pekerja cerdas memang nggak gampang, keduanya harus seimbang. Namun jika sudah terbiasa, kamu akan lebih mudah dalam melakukan pekerjaan karena kombinasi antara kedua cara itulah yang akan mendatangkan hasil yang paling optimal. Nah, mulai sekarang ngapain bingung mau pakai cara yang mana kalau bisa pakai dua-duanya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya