4 Cara Terjitu Naikkan Peringkatmu di Youtube. Yang Baru Mulai Mengudara, Baca Dulu ya!

meningkatkan peringkat youtube

Banyak orang yang menyepelekan pekerjaan para Youtubers hanya karena pekerjaannya ‘cuma’ membuat konten di dunia maya. Padahal jika sudah tahu berapa pendapatannya, hmm, bisa jadi bakal ikut tergiur juga. Selain menjadi pengusaha yang menjual barang, kini produk berupa konten juga laku dijual asal tinggi interaksinya. Hal yang satu ini juga bisa menjadi alternatif pekerjaan saat masa pandemi Covid-19 menyebabkan kita tak bisa kemana-mana lo.

Advertisement

Kabar baiknya lagi, kini semua orang bisa menjadi seorang Youtuber dari rumah! Namun agar iklan masuk dan pendapatan bertambah tentunya channel yang dimiliki harus memiliki peringkat yang tinggi dan ramai interaksi. Lalu, bagaimana cara untuk mendapat perhatian dan muncul di pencarian Youtube? Simak nih caranya~

1. Mirip dengan cara kerja mesin pencari, saat membuat video di Youtube kamu harus mempertimbangkan untuk menaruh berbagai kata kunci

Perlu kata kunci/ Credit: Detik via inet.detik.com

Untuk mencari video tertentu biasanya pengguna Youtube akan mengetikkan kata kunci di mesin pencarian. Sehingga strategi pertama yang mesti diketahui adalah mencari tahu kata apa saja yang mungkin sering muncul di platform ini. Taruh kata kunci tersebut di bagian awal judul namun tetap sesuaikan juga dengan isinya.

Deskripsi dalam video tersebut juga tak kalah penting lo, kata kunci juga harus tetap dipakai di sini. Layaknya media sosial, memberikan tag pada videomu akan memudahkan orang untuk menemukannya.

2. Menggunakan tag di Youtube ternyata juga ada aturannya jika ingin menaikkan peringkat channel-mu

Trending/ Credit: Brookside Studio via www.brooksidestudios.com

Hal ini masih berhubungan dengan SEO atau Search Engine Optimization yaitu cara mengotimalkan konten agar sering muncul di pencarian. Pertama, kamu harus membuat tag yang spesifik dengan membuat kata kunci utama seperti “instal Instagram”, lalu buat tag umum dengan kata kunci yang sesuai seperti “kesalahan instal instagram”, dll.

Untuk membantumu mencari kata kunci ini kamu bisa menggunakan tool seperti Tubebuddy. Selain menyertakan kata kunci dalam dua kata, kamu juga bisa membuatnya dalam satu kata saja misal “pandemi corona”, lalu buat juga “pandemi” dan “corona.”

3. Saat menonton sebuah video di Youtube mungkin kamu akan menemukan subtitle jika menyalakan CC, ternyata hal ini perlu kamu adaptasi ke videomu juga

CC/ Credit: Hipwee via www.youtube.com

Fitur Closed Caption (CC) ini perlu kamu terapkan di videomu. Narasi ini akan berguna untuk memunculkan teks yang bisa diterjemahkan ke berbagai bahasa dan dibuat secara otomatis oleh Youtube dengan cara mentranskrip suara. Hal ini menjadi penting karena tulisan tersebut juga mengandung kata kunci yang akan memungkinkan videomu muncul di kolom pencarian makin tinggi.

Advertisement

4. Tentunya yang tak kalah penting dari semuanya adalah konten yang kamu unggah itu sendiri, termasuk durasinya

Nex Carlos Youtuber makanan/ Credit: Picuki via www.picuki.com

Membuat konten yang sedang viral sebenarnya akan lebih menjamin untuk video tersebut menjadi laku, namun jika tak menginginkan membuat video seperti itu maka kamu bisa membuat konten yang bermanfaat dalam niche yang paling dicari. Contoh niche-nya adalah video gaming, tutorial melakukan sesuatu, resep masakan hingga review makanan.

Usahakan untuk membuat jenis video dengan tema serupa secara konsisten. Untuk durasi sebenarnya tak ada aturan tertentu namun untuk amannya buat video dengan minimal durasi 2 menit, pasalnya semakin lama penonton menonton videomu maka akan semakin tinggi juga peringkat yang akan diraih.

Selain hal tersebut, menjadi Youtuber yang sukses juga membutuhkan konsistensi untuk selalu memproduksi konten seiring berjalannya waktu. Pun, sebaiknya konten yang dibuat merupakan konten bermanfaat atau menghibur tanpa mengandung unsur yang bermuatan negatif agar tidak terkena masalah keamanan ya. Jangan buru-buru menyerah, jika di awal masih sepi penonton. Asal kamu tetap tekun, semangat dan nggak malu mempromosikan channel Youtube-mu di berbagai media sosial, pasti akan segera membuahkan hasil nantinya. Selamat mencoba dan semoga sukses 🙂

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE