5 Pelajaran Bisnis dari Oprah Winfrey, Berjuang dari 0 Hingga Kini Sukses Jadi Miliarder Filantropi

pelajaran bisnis oprah winfrey

Ketika menyebutkan sosok perempuan inspiratif yang berhasil sukses dengan memulai perjalanan mulai dari 0, mungkin Oprah Winfrey menjadi salah satu nama yang muncul. Ia kini menjadi seorang perempuan berkulit hitam pertama yang memiliki perusahaan produksi miliknya sendiri. Tak hanya itu, ia juga menjadi seorang entertainer dengan bayaran paling tinggi, seorang produser dan aktris di acara spesialnya sendiri di televisi, dan seorang host talkshow terkenal. Kekayaannya kini mencapai $2,6 miliar yang membuatnya berada di posisi 9 America’s Self Made Women 2020 menurut majalah Forbes.

Advertisement

Tak hanya itu, Oprah juga merupakan seorang filantropi yang aktif terhadap isu anak-anak dan perempuan. Hal ini mampu dicapainya bukan secara instan, ada banyak lika-liku dan masa lalu kelam yang harus ia lewati hingga sukses seperti sekarang ini. Melalui perjalanan tersebut, ada beberapa hal yang bisa dipelajari. Simak yuk kisahnya lengkapnya berikut ini!

1. Menjadi sukses apalagi dalam dunia bisnis butuh waktu, jangan menganggapnya bisa diraih dengan instan sehingga membuatmu terburu-buru

Seorang Oprah Winfrey saja memulai Oprah Winfrey Network setelah 3 tahun menyiapkan fondasi yang kuat. Padahal jika dilihat, saat itu ia sudah memiliki modal, penggemar, dan branding yang kuat. Walaupun tak perlu menunggu lama sepertinya namun hal ini mungkin bisa dijadikan tolok ukur untuk memikirkan kembali bahwa kesabaran sangat diperlukan ketika mengawali bisnis. Kamu tak bisa dimulai hanya setelah memikirkannya selama satu malam saja. Akan tetapi, mulailah saat modal dalam berbagai bentuk sudah dimiliki.

2. Oprah memiliki definisi suksesnya sendiri yaitu menyediakan pelayanan dan melakukan sesuatu yang dampaknya bisa dirasakan

Oprah yakin bahwa cara untuk menjadi sukses adalah dengan menemukan sesuatu yang disukai dan mencari jalan untuk menawarkannya ke orang lain dalam bentuk pelayanan. Lebih jelasnya, ia ingin membuat sesuatu yang berdampak secara signifikan di mana apa yang diciptakan bisa membantu menyelesaikan permasalahan orang lain. Hal ini akan memberikan kepercayaan diri dan kekuatan terhadap apa yang dilakukan.

Advertisement

3. Melakukan personal branding merupakan hal yang penting untuk dilakukan pengusaha. Tapi ingat, makin dikenal makin harus siap mental

Oprah/ Credit: Jean Nnelson on Deposit Photos via depositphotos.com

Jika diperhatikan, personal branding yang dilakukan oleh Oprah sangat kuat, ia bahkan selalu menjadi cover untuk majalahnya. Hal ini makin mudah dilakukan karena ada bantuan dari media sosial. Jika memiliki personal branding yang baik dan makin banyak diketahui orang maka bisnismu juga bisa ketularan diketahui oleh banyak orang. Akan tetapi,  biasanya makin dikenal seseorang beserta bisnisnya maka makin besar pula kemungkinan orang lain iri. Kritikan pun akan lebih sering diterima dan tak bisa dihindari, jadi kamu juga perlu untuk menyiapkan mentalmu.

4. Pilih-pilih teman bukanlah masalah ketika kamu ingin maju, mengelilingi diri dengan orang hebat juga akan mendorongmu untuk sukses

Tak bisa dimungkiri, orang-orang di sekitar sedikit banyak akan memengaruhi apa yang kita lakukan. Ketika mengelilingi diri dengan orang yang hebat, biasanya kita cenderung untuk lebih terpacu menjadi orang yang juga selalu maju. Selain itu, orang di sekelilingmu juga bisa berpotensi untuk dijadikan seseorang yang nantinya bisa diajak berkolaborasi misalnya dalam kasus Oprah, ia memiliki orang hebat seperti Adam Glassman yang menjadi creative director majalahnya, Dr. Phil yang merupakan seorang self-help guru, dll.

Advertisement

5. Menilik masa lalunya, kita bisa melihat bahwa jika tak ada perjuangan maka tak akan ada juga kekuatan

Turns your wounds into wisdom

Ubah lukamu menjadi kebijaksanaan

Begitu kata Oprah suatu hari. Ia mengalami banyak luka dan perjuangan yang berdarah-darah sama dengan kita semua ketika memulai sebuah usaha. Kita harus belajar untuk menghadapi kesulitan, menyingkirkan halangan, dan terus maju untuk melewati krisis. Justru dengan perjuangan ini kita bisa memperkuat diri, tanpanya mungkin kita akan goyah saat menjumpai tantangan di tengah jalan.

Walaupun sekarang nama Oprah Winfrey sudah tercacat sebagai seseorang yang kaya raya dan terkenal, namun tetap saja ia pernah mengambil sebuah langkah pertama yang berat dan penuh keterbatasan untuk menuju kesuksesannya saat ini. Kalau Oprah bisa, kamu juga punya peluang untuk berhasil kok!

Gabung dan Berlangganan Newsletter

Berlangganan Newsletter dari Kita Mulai Bersama

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE