7 Sosok Miliarder Filantropis yang Habiskan Nyaris Separuh Kekayaannya untuk Sesama. Salut!

miliarder filantropis

Setiap orang memiliki keputusannya sendiri dalam menggunakan hartanya termasuk jika jumlahnya ada buanyak pakai u. Beberapa mungkin menggunakannya untuk kesenangan sendiri, beberapa yang lain menggunakannya untuk membantu mereka yang membutuhkan, beberapa lagi melakukan keduanya. Contohnya para miliarder dunia yang juga menjadi seorang miliarder filantropis.

Advertisement

Dilansir dari KBBI, filantropis (adjektif) artinya bersifat filantropi; berdasarkan cinta kasih terhadap sesama manusia.

Hal tersebut bisa diwujudkan ke dalam beberapa hal seperti menyumbangkan harta untuk pendidikan, mengurangi kemiskinan, dan lain sebagainya. Nah, berikut ini adalah daftar beberapa miliarder dermawan dilansir dari Business Insider dan sumber lainnya yang melakukan hal tersebut. Simak yuk selengkapnya!

1. Bill Gates menjadi seseorang yang cukup terkenal kedermawanannya, ia dan sang istri bahkan memiliki sebuah badan amal

Bill Gates lesehan/ Credit: News Stanford via news.stanford.edu

Selain terkenal sebagai sosok yang sederhana, pendiri Microsoft ini juga menjadi seseorang yang memfokuskan dirinya pada kegiatan amal dengan mendirikan Bill & Melinda Gates Foundation bersama sang istri. Donasinya sudah mencapai $27 miliar atau Rp396 triliun dan disalurkan ke bidang agrikultur, perpustakaan global, kemiskinan, kesehatan, serta pendidikan.

Advertisement

2. Masih berhubungan dengan Microsoft, mantan CEO-nya, Steve Ballmer menjadi seorang filantropis teknologi terbesar

Steve Ballmer/ Credit: WSJ via www.wsj.com

Sejak tahun 2014, ia menjadi co-owner waralaba Los Angeles Clippers bersama sang istri, Connie Ballmer. Pasangan ini juga menjadi filantropis yang menyumbangkan dananya untuk meningkatkan ekonomi bagi anak dan keluarga miskin di Amerika Serikat dengan total yang disumbangkan sebesar $2 miliar atau Rp29 triliun.

3. Warren Buffet menjadi sosok yang dermawan dengan menyumbangkan kekayaannya ke badan amal serta mempunyai sebuah janji jika sudah meninggal

Warren Buffet/ Credit: NY Times via www.nytimes.com

Warren Buffet masuk ke jajaran orang terkaya di dunia, tak hanya itu ia juga menjadi seorang yang paling senang beramal. Tahun 2006 ia Buffet mendonasikan 85% kekayaannya kepada Bill & Melinda Gates Foundation. Tahun 2018, ia juga mengejutkan dunia karena mendonasikan uang sebanyak $3,4 miliar atau Rp47,6 triliun dan masih memiliki janji menyumbangkan lebih dari separuh kekayaannya sekitar $37 miliar atau Rp518 triliun pada Bill & Melinda Gates Foundation ketika sudah meninggal.

4. George Soros yang merupakan seorang pendiri perusahaan investasi kini menjadi ketua yayasan amal

George Soros/ Credit: FT via www.ft.com

Setelah pensiun dari perusahaannya, kini ia menjadi ketua Open Society Foundation yang biasanya menyumbangkan kepada bidang demokrasi, hak asasi manusia, kesehatan, dan pendidikan ke lebih dari 100 negara di dunia. Total kekayaan yang disumbangkan sudah mencapai $32 miliar atau sekitar Rp448 triliun lo!

Advertisement

5. Dikenal sebagai selebritas filantropis, Oprah Winfrey sumbangkan hartanya untuk pendidikan perempuan

Oprah Winfrey/ Credit: The Urge to Help via theurgetohelp.com

Oprah Winfrey diketahui mendirikan sebuah sekolah untuk perempuan di Afrika Selatan yang diberi nama Oprah Winfrey Leadership Academy for Girls. Ia berinvestasi sebesar Rp536 miliar di sana di bawah The Oprah Winfrey Foundation. Ia juga terlibat di berbagai kegiatan amal yang lain seperti riset untuk kanker, peduli HIV/AIDS, anak-anak yang dibuang atau diperlakukan kasar, dan lain sebagainya.

6. James Bond-nya filantropis, begitu sebutan bagi Chuck Feeney yang mendonasikan uang lebih banyak daripada kekayaannya

Chuck Feeney/ Credit: FT.com via www.ft.com

Feeney merupakan sosok yang terkemuka di bidang retail. Ia mendirikan The Atlantic Philanthropist yang menyumbang ke beberapa bidang seperti pendidikan, sains, kesehatan, dan hak asasi ke beberapa negara. Uniknya, total jumlah yang ia sumbangkan $6,3 miliar melebihi kekayaanya saat ini yaitu $1,5 juta.

7. Yang terakhir merupakan seorang miliarder asal India, Azim Premji menyumbangkan kekayaannya melalui yayasan yang ia dirikan

Azim Premji/ Credit: The Indian Wire via www.theindianwire.com

Seperti Bill Gates dan yang lain, ia mendirikan yayasan sosial bernama Azim Premji Foundation yang fokus pada bidang pendidikan dan IT. Ia juga mendirikan universitas nirlaba untuk para guru. Total sumbangan yang ia keluarkan adalah $8 miliar atau sekitar Rp117 triliun.

Wah, ternyata selama ini banyak juga ya yang menghabiskan kekayaannya bahkan dalam jumlah yang sangat besar untuk berdonasi. Barangkali itu yang disebut sukses bagi sebagian orang, ketika bisa berbagi dan bermanfaat bagi sekitarnya. Jadi, bukan melulu tentang dapat posisi serta pendapatan dalam jumlah yang sangat besar saja ya.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE