Belajar 6 Hal Penting untuk Karier dan Pengembangan Diri dari Serial ‘The Queen’s Gambit’

Pelajaran dari Queen's Gambit

Sedang mencari serial yang menarik, menantang dan punya banyak ilmu yang bisa dipetik? Coba deh nonton serial Netflix The Queen’s Gambit (2020) yang yang terdiri dari 7 episode. Serial terkenal dari Amerika ini berkisah tentang kehidupan Elizabeth Harmon alias Beth, seorang anak yatim piatu yang tinggal di panti asuhan. Ternyata dia adalah pemain catur yang jenius. Di tengah berbagai masalah dan keterbatasan, Beth berjuang menjadi pemain catur terbaik di dunia.

Advertisement

Saat menonton serial ini, kita bakal belajar banyak hal tentang kehidupan. Terutama tentang karier dan hubungan dengan teman serta keluarga. Yuk simak berbagai pelajaran dari serial yang sempat viral ini!

1. Kesuksesan diperoleh dari kerja keras dalam jangka waktu panjang. Buktinya, Beth Harmon yang merupakan pemain catur jenius tetap berlatih dan belajar setiap hari

Beth berlatih catur | Image from The Queen’s Gambit on Instagram via www.instagram.com

Beth memang dianugerahi bakat yang besar di bidang catur. Tetapi kalau bakat itu nggak digunakan dengan baik, ya sia-sia aja. Untunglah Beth rajin berlatih catur sejak berusia 9 tahun. Dia juga sering membaca berbagai buku tentang catur. Bahkan sebelum dan setelah pertandingan, Beth bakal mengulang-ulang dan mempelajari berbagai strategi. Jadi kita harus sabar menjalani proses yang panjang untuk meraih kesuksesan.

2. Kita perlu menantang diri sendiri agar kemampuan terus berkembang, seperti Beth yang rajin mengikuti berbagai kompetisi catur. Kalau pintar tapi nggak berusaha challenge diri, ya mungkin bakal stuck di situ-situ aja

Beth dalam pertandingan catur | Image from The Queen’s Gambit on Instagram via www.instagram.com

Pada 1960-an, masih sedikit perempuan di Amerika yang berlaga di kejuaraan catur. Jadi Beth harus bersaing dengan para pemain catur pria. Meskipun terkadang diremehkan, dia nggak peduli dan tetap berjuang keras. Dia juga mengikuti berbagai kompetisi dengan level yang terus meningkat. Pengalaman itu membuat Beth memperoleh banyak pelajaran sehingga keahlian caturnya semakin berkembang.

Advertisement

3. Menabung dan investasi itu penting demi kehidupan yang lebih nyaman. Keren tuh kalau bisa mengikuti jejak Beth yang membeli rumah dengan penghasilan sendiri!

Beth yang jenius | Image from The Queen’s Gambit on Instagram via www.instagram.com

Setiap kali memenangkan kompetisi, Beth menabung uang yang diperolehnya sebagai hadiah. Dia menggunakan sebagian tabungan untuk membeli papan catur serta berbagai buku tentang catur yang menambah wawasannya. Pada akhirnya, Beth juga bisa membeli rumah sendiri dengan uang yang dikumpulkannya! Investasi yang bagus banget tuh.

4. Terkadang kita nggak sanggup berjuang sendirian. Jadi nggak apa-apa kalau bergantung pada orang lain, seperti Beth yang meminta bantuan teman dan keluarganya

Beth dan ibu tirinya | Image from The Queen’s Gambit on Instagram via www.instagram.com

Beth adalah perempuan yang kuat dan jarang menunjukkan emosinya. Karena yatim piatu sejak kecil, dia berusaha hidup dengan mandiri tanpa terlalu merepotkan orang lain. Tetapi terkadang Beth nggak mampu menghadapi masalah sendiri karena keterbatasannya. Dia pun meminta bantuan pada ibu tirinya, temannya di panti asuhan, serta teman-teman lain yang dikenalnya saat beranjak dewasa. Nggak apa-apa, itu hal yang wajar untuk dilakukan saat kita memang butuh bantuan.

5. Jadikan saingan sebagai rekan terbaik kita, seperti Beth yang dibantu teman-temannya di dunia catur untuk menghadapi lawan yang lebih kuat secara elegan

Beth dan rekannya | Image from The Queen’s Gambit on Instagram via www.instagram.com

Persaingan memang bisa membuat kita lebih semangat, tetapi kolaborasi bakal membuat kita lebih kuat. Itulah yang dialami Beth selama berkarier di dunia catur. Dia harus menghadapi berbagai lawan dan berhasil mengalahkan sebagian dari mereka. Nah, lawan-lawan itulah yang kemudian membantu Beth untuk menghadapi kejuaraan yang lebih berat. Begitu pula sebaliknya, Beth menjadi rekan berlatih dan memberi saran pada mereka agar kemampuan sama-sama meningkat.

Advertisement

6. Kita perlu menerima dan memaafkan masa lalu agar bisa hidup dengan tenang, seperti Beth yang akhirnya berdamai dengan kenangan masa kecilnya

Beth dan temannya saat kecil | Image from The Queen’s Gambit on Instagram via www.instagram.com

Di balik kariernya di dunia catur, Beth mempunyai masa kecil yang kelam. Orang tuanya berpisah dan ibunya meninggal di depan matanya sehingga Beth mengalami trauma. Hal itu sempat membuat Beth menjadi pecandu minuman keras dan obat-obatan sehingga hidupnya berantakan. Syukurlah, pelan-pelan dia bisa berdamai dengan masa lalunya dan kembali menata hidup.

Itulah berbagai pelajaran penting dari The Queen’s Gambit. Gimana, menarik kan? Serial yang diperankan Anya Taylor-Joy ini memang berhasil merebut perhatian banyak orang. Yang sudah nonton serial ini, bisikin dong apa adegan favoritmu di serial ini melalui kolom komentar~

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Tinggal di hutan dan suka makan bambu

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE