Peluang Karier Lulusan Tahun 2020. Serba Terbatas Bukan Halangan untuk Jenjang yang Cemerlang~

peluang karier lulusan 2020

Banyak hal yang menyisakan kesedihan selama Corona. Walaupun bagi sebagian orang wisuda hanya seremonial belaka, nyatanya ada juga lo yang sudah mengidam-idamkannya sejak di bangku sekolah karena melihat kakaknya atau dengan tujuan ingin membuat bangga orang tua. Namun ternyata tantangan sudah menghadang tepat di depan mata setelah mereka dinyatakan lulus dan bergelar sarjana yaitu pertanyaan selanjutnya seputar “Setelah ini apa?” karena seperti yang kita tahu, proses mencari kerja juga tak semudah sebelumnya.

Advertisement

Bahkan di keadaan normal pun mencari kerja juga tak bisa dikatakan mudah malah kini tantangan mereka kian bertambah. Akan tetapi, hal ini tak lantas membuat lulusan 2020 harus pasrah dan menyerah. Untuk mempersiapkan karier yang bagus ke depannya, ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Simak yuk!

1. Sementara waktu sepertinya keinginan untuk jauh merantau atau justru kembali ke kampung halaman harus ditahan dulu, pekerjaan di sekitar jadi peluangmu

Pusing/ Credit: Pexels via www.pexels.com

Mungkin kamu menghabiskan waktu untuk menyeselaikan skripsi di rumah saja, sedangkan tempat impianmu untuk mengejar karier ada jauh di sana. Atau bisa jadi sebaliknya, saat ini mungkin kamu sedang di perantauan dan ingin kembali ke kampung halaman. Namun, pilihan paling logis adalah mencari pekerjaan di sekitar yang sesuai dengan kualifikasi yang kamu punya sekaligus untuk menambah pengalaman sebagai seorang fresh graduate juga.

2. Jika biasanya sesi tes dan wawancara dilaksanakan dengan tatap muka, kini hal tersebut akan banyak digantikan secara virtual. Siap-siap dan perbanyak latihan ya!

Semua virtual/ Credit: Pexels via www.pexels.com

Internet harus dimanfaatkan sebaik mungkin. Media sosial bukan hanya untuk berjejaring secara sosial saja tapi juga bisa kamu manfaatkan untuk mempromosikan keahlian yang kamu miliki dan menemukan pekerjaan yang cocok dengannya. Banyak portal untuk mencari pekerjaan yang bisa juga dimanfaatkan sehingga kamu tetap perlu menyiapkan CV terbaikmu.

Advertisement

Jika ada panggilan untuk melangsungkan tes, biasanya hal tersebut kini akan dilakukan tanpa tatap muka. Meskipun demikian, pakaian rapi dan jawaban yang baik akan menjadikan pertimbangan diterima atau tidak. Yang tak kalah penting adalah mempersiapkan koneksi internet lancar supaya tak panik di tengah jalan.

3. Kamu juga bisa mengikuti program magang, dengan catatan jika tak ada beban secara finansial yang harus ditanggung

Anak magang/ Credit: Pexels via www.pexels.com

Sebenarnya bukan karena magang harus membayar tapi uang yang kamu dapatkan dari sana biasanya tak seberapa, berbeda saat sudah kerja sungguhan. Bahkan ada juga tempat magang yang tak membayar anak magangnya sama sekali atau hanya memberikan makan siang dan uang bensin. Namun dengan program ini banyak hal yang bisa kamu dapatkan, mulai dari pengalaman terjun langsung ke pekerjaan yang kamu inginkan hingga relasi yang akan bermanfaat suatu hari nanti.

4. Banyak sekali perusahaan atau seorang profesional yang mengadakan seminar atau pelatihan online selama pandemi ini. Hal ini bisa kamu manfaatkan juga

Seminar online/ Credit: Pexels via www.pexels.com

Berbagai subjek yang menarik dan bermanfaat banyak dibagikan oleh para profesional di masa pandemi ini baik berbayar atau diberikan secara cuma-cuma. Hal ini akan berbeda dari materi yang kamu dapatkan di perkuliahan jika seminar yang kamu pilih diisi langsung oleh para praktisi. Melaluinya kamu juga bisa mendapatkan pengetahuan baru serta sertifikat untuk melengkapi CV-mu jika ada.

Advertisement

5. Jika sempat mengamati mungkin kamu bisa melihat bagaimana orang-orang memanfaatkan momen ini untuk berlatih jadi wirausaha

Produk wirausaha/ Credit: Pexels via www.pexels.com

Dan kamu bisa jadi salah satunya.

Alih-alih menunggu panggilan untuk tes atau pengumuman lainnya, kamu bisa mencoba untuk memulai sebuah bisnis. Atau jika ingin lebih serius kamu juga bisa fokus di bidang ini. Pastikan bisnis yang kamu jalani merupakan usaha yang aman di kala pandemi namun juga akan dibutuhkan saat masa ini sudah lewat. Melalui pelatihan dan berguru dengan yang sudah berpengalaman maka akan ada kemungkinan untuk bertahan. Kabar baiknya yang bisa dijual kini bukan hanya barang tapi bisa juga berupa jasa dengan keahlian yang dimiliki, contohnya kamu bisa membuka jasa terjemahan hingga les privat virtual.

Walau perjuangan kini semakin berliku-liku, namun lulusan tahun 2020 akan menjadi generasi yang tangguh serta kreatif saat dunia kembali normal nantinya. Pasalnya lulusan ini harus memutar otak untuk bertahan hidup sekaligus menapakkan langkah awal di jenjang karier dalam sebuah keterbatasan.

Sudah waktunya kita lebih peduli, kenal, dan memahami virus corona yang sudah hidup di antara kita. Dapatkan E-book Panduan Normal yang Baru di sini.
Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE