Sebijak-bijaknya Orang Bakal Gunakan Uang THR untuk 5 Keperluan ini. Impulsif? No No No!

Penggunaan uang THR

THR alias Tunjangan Hari Raya adalah pendapatan yang bersifat non-upah yang wajib dibayarkan oleh sebuah perusahaan terhadap para pekerjanya. Artinya, uang THR ini ibarat bonus karena memang nggak masuk dalam hitungan gaji pokok.

Advertisement

Nah, ngomongin tentang THR, ini nih salah satu yang ditunggu-tunggu oleh para pekerja ketika menjelang Hari Raya Idul Fitri. Selain mendapat gaji pokok, biasanya nanti para pekerja akan mendapat bonus berupa uang THR di luar bingkisan lebaran. Jumlahnya pun juga lumayan lo. Rasanya pengen dipakai semua buat belanja. Tapi, jangan impulsif dulu, biar uang THR kalian nggak terbuang percuma, baiknya digunakan buat keperluan ini saja.

1. Kalian punya cicilan yang belum selesai? Manfaatkan uang THR untuk membayarnya

bayar cicilan motor via www.jualmotorbekas.com

Ketika uang THR udah cair, kebanyakan orang pengennya mempergunakannya untuk belanja kebutuhan yang bukan prioritas. Padahal, akan lebih tepat kalau digunakan untuk bayar cicilan jangka panjang seperti kos-kosan, kontrakan, cicilan KPR, atau mungkin melunasi kendaraan pribadi. Kalau beban cicilan sudah setengah beres, bukannya lebih tenang?

2. Kalau kamu kerja sembari kuliah, menggunakan uang THR untuk bayar uang semester juga bakal tepat guna. Sekalian meringankan beban orangtua

bayar uang kuliah via connect.upnyk.ac.id

Buat kalian yang bekerja sekaligus masih kuliah, menggunakan uang THR untuk bayar semester adalah salah satu langkah yang bijak. Selain bisa belajar mandiri terhadap kebutuhan prioritas, bayar uang kuliah sendiri juga membantu orangtua untuk meringankan bebannya.

Advertisement

3. Kamu yang anak rantau bisa membelikan bingkisan yang diperlukan keluarga di kampung halaman

bingkisan untuk orangtua via iwan-uni.blogspot.com

Pulang dari perantauan rasanya kurang lengkap kalau nggak bawa sesuatu untuk orang rumah. Apalagi kalau merantaunya dalam rangka bekerja. Kalian bisa belikan baju lebaran untuk orangtua, atau belikan adikmu perlengkapan sekolah atau mainan kesukaannya. Lebih bagus lagi kalau kamu mau menyisihkan sebagian uang THR-mu untuk memenuhi kebutuhan rumah. Kapan lagi menyenangkan keluarga?

4. Kalau hal-hal yang krusial udah tertangani, nggak ada salahnya untuk membahagiakan diri sendiri. Asal nggak berlebihan, ya!

belanja baju via ovianty.com

Bayar cicilan udah, uang kuliah udah, buat keluarga juga udah. Sekarang saatnya membahagiakan diri sendiri menggunakan uang hasil kerja kerasmu. Tapi ingat, gunakan uang THR untuk belanja hal-hal yang memang dibutuhkan seperti perlengkapan yang mendukung pekerjaan, baju atau gadjet baru, sekali-kali makan di restoran yang belum pernah kalian kunjungi juga nggak ada salahnya.

5. Urusan dunia udah, jangan lupa sama urusan akhiratnya. Kalian bisa juga gunakan uang THR untuk zakat atau sedekah bagi mereka yang memerlukan

Advertisement

sedekahkan! via busy.org

Alangkah mulianya kalau kalian mau menyisihkan sebagian dari itu untuk disedekahkan. Lagian juga cuma beberapa persennya aja kan, apalagi kalau diambil dari uang THR, tentu nggak memberatkan. Dengan bersedekah, kamu nggak hanya bisa bantu mereka yang membutuhkan, tapi rezeki yang kamu dapatkan juga makin berkah.

Pokoknya hindari menggunakan uang THR untuk belanja hal-hal yang sekiranya nggak penting-penting amat. Selain cuma buang-buang duit, kalian juga bakalan menyesal pada akhirnya. Tahun ini, #UpgradeDirimu dengan menggunakan uang THR lebih bijak lagi. Dahulukan keperluan prioritas ketimbang keinginan sementara.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE