Sebagai anggota masyarakat dunia yang tengah menghadapi era globalisasi, sudah bukan rahasia lagi kalau memiliki kemampuan berbahasa asing itu hal yang super duper penting. Salah satu bahasa asing yang diperlukan banget, khususnya di bidang akademik dan pekerjaan adalah bahasa Inggris. Zaman sekarang, selain belajar di sekolah, sudah banyak sarana belajar lain yang bisa kamu manfaatkan untuk dapat mengasah kemampuan berbahasa Inggris biar makin fasih.

Salah satunya adalah melalui permainan seru yang menggunakan bermacam-macam media. Kali ini Hipwee Sukses bakal menyajikan beberapa macam permainan yang akan membantumu mengasah kemampuan berbahasa Inggris. Bisa jadi ide buat kumpul-kumpul sama teman nih, biar nggak cuma asal nongkrong tanpa faedah.

1. Scrabble, salah satu permainan kata bahasa Inggris paling ‘klasik’ dan paling banyak dimainkan buat mengasah kemampuan bahasa Inggris

Permainan klasik untuk belajar bahasa Inggris…Scrabble! via www.pexels.com

Advertisement

Kalau kamu dan teman-temanmu ingin memainkan permainan yang seru sekaligus dapat menambah kekayaan kosakata bahasa Inggris, maka permainan Scrabble ini wajib kamu coba. Scrabble adalah permainan menggunakan papan dan dimainkan 2-4 orang yang mengumpulkan poin dengan menyusun kepingan-kepingan huruf membentuk untaian kata, satu kata per 1 giliran pemain. Poin dihitung berdasarkan jumlah angka di kepingan huruf yang tersusun dan akan mendapat bonus kalau katamu tersusun di kolom-kolom bonus di papan Scrabble.

Untuk bermain, selain membutuhkan papan permainan Scrabble, kamu akan membutuhkan kamus (untuk mengecek kata), kertas dan pulpen untuk mencatat skor. Skor tertinggi akan jadi pemenang dari permainan ini. Super seru!

2. Hangman, permainan tebak kata yang kadang cuma butuh pulpen dan selembar kertas sebagai sarana permainannya. Simpel banget!

Permainan ini juga bisa kamu download di ponselmu dan dimainkan kapan aja, lho via www.thegamegal.com

Permainan ini bisa kamu mainkan sendiri di ponsel atau komputermu, tapi kalau buat rame-rame bareng teman-teman, kamu cuma butuh pulpen dan kertas sebagai media permainan. Permainan ini akan membantu kamu menambah perbendaharaan kosakata bahasa Inggris. Cara mainnya cukup mudah.

Advertisement

Kamu atau temanmu menulis kata di selembar kertas dengan beberapa huruf yang sengaja dihilangkan. Satu pemain boleh menebak sebanyak 10 kali, diwakilkan torehan gambar masing-masing satu tarikan garis hingga terbentuk gambar Hangman atau pria yang tergantung seperti terlihat di gambar. Kalau kamu berhasil menebak kata dengan sempurna sebelum gambar Hangman tergambar sempurna, maka kamu akan mendapatkan poin. Mudah, ‘kan?

3. Taboo, permainan tebak kata yang membantumu punya perbendaharaan kata dan kalimat lebih banyak. Seru nih, buat main rame-rame!

Perangkat permainan tebak kata ini bisa kamu cari di toko online, biar makin afdol via www.bestchoicereviews.org

Pernah mencoba permainan ini? Permainan Taboo menolong kamu untuk berlatih sinonim kata dan deskripsi. Kamu bisa membagi teman-temanmu dalam 2 tim dengan posisi duduk berhadapan. Setiap tim akan memilih masing-masing satu orang untuk duduk di depan tim mereka di ‘kursi panas’. Nah, permainan dilakukan dengan dipandu satu orang yang akan membacakan satu kata di secarik kertas dan nggak boleh dilihat pemain yang duduk di ‘kursi panas’. Tiap tim punya waktu 3 menit untuk membuat teman mereka yang duduk di ‘kursi panas’ dapat menebak kata di kertas tadi. Serunya, tiap tim sama sekali nggak boleh menyebutkan kata di kertas dalam keadaan apapun. Tim yang perwakilannnya paling banyak berhasil menebak jadi pemenangnya. Seru, ya?

4. Dabble, serupa tapi tak sama dengan Scrabble. Permainan ini menuntut kekayaan perbendaharaan kata dan kreativitas kamu seputar kata bahasa Inggris

Permainan sekilas mirip sama Scrabble, tapi aturannya berbeda~ via www.vat19.com

Permainan ini adalah permainan kosakata yang mirip dengan Scrabble dengan kepingan-kepingan yang serupa. Permainan ini mengharuskanmu membentuk kata dengan 2 hingga 6 jumlah huruf menggunakan kepingan huruf yang kamu dapatkan. Nah, bedanya dengan Scrabble, permainan Dabble ini lebih membebaskan pemainnya untuk menyusun kata-kata tanpa terikat untuk mengoneksikan dengan kata-kata di papan permainan seperti Scrabble. Dabble membuatmu lebih kreatif dalam menemukan dan menyusun kata menggunakan huruf-huruf terbatas.

5. Charades, permainan tebak kata dengan menggunakan bahasa tubuh sebagai petunjuknya. Cocok nih kalau lagi kumpul-kumpul sama teman-teman~

Bermain tebak gestur tubuh kayak gini bakal jadi permainan ice breaking yang super seru via www.fluentu.com

Permainan Charades adalah permainan tebak kata dengan menggunakan bahasa tubuh untuk menebaknya. Kamu bisa memainkan ini saat lagi kumpul seru bersama teman-teman. Cara permainannya simpel, bagi teman-temanmu menjadi 2 tim dan masing-masing tim menunjuk satu perwakilan untuk memperagakan kata yang dibagikan ke tim. Kemudian dua tim tersebut harus memilih kertas yang telah dituliskan kata yang harus ditebak. Masing-masing tim wajib menebak kata di kertas pilihan mereka dengan bantuan seorang teman untuk memperagakannya. Biar seru, jangan batasi kata hanya pada kata kerja saja tapi coba eksplorasi kata-kata benda atau kata sifat. Setiap jawaban benar dari tim mendapatkan nilai satu poin. Tim yang meraih poin tertinggi akan menjadi pemenangnya.

Semakin sering kamu memainkan permainan-permainan bermanfaat ini, dijamin perbendaharaan kosakata kamu dalam bahasa Inggris akan lebih banyak. Kata siapa belajar bahasa Inggris hanya dengan cara-cara yang serius? Melalui permainan seru juga bisa, kok! Selamat mencoba, ya.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya