Pada Oktober 2019 mendatang, pemerintah kembali akan membuka seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK/P3K). Seleksi kali ini dibuka untuk 254.173 formasi yang mencakup 100.000 formasi CPNS dan 100.000 formasi P3K tahap kedua, sedang sisanya sudah dilaksanakan pada seleksi P3K tahap pertama di awal tahun lalu.

Berita ini tentu menjadi angin segar buatmu yang tengah menantikan seleksi baik untuk CPNS maupun P3K. Meskipun masih 2 bulan lagi, nggak ada salahnya kamu mulai mempersiapkan segala kebutuhan yang diperlukan untuk mengikuti seleksi kali ini. Sebagai panduanmu, berikut Hipwee Sukses bantu berikan lis apa-apa saja yang menjadi amunisimu untuk menghadapi seleksi CPNS & P3K Oktober mendatang!

1. Mempersiapkan dokumen merupakan hal utama yang bisa kamu cicil dari sekarang supaya nanti nggak kelabakan

siapkan dokumen-dokumennya via www.moneysmart.id

Advertisement

Beberapa dokumen kelengkapan yang bisa kamu siapkan sejak sekarang seperti akta kelahiran, KTP, ijazah, kartu keluarga (KK), dan foto ukuran 4×6 terbaru. Jangan lupa untuk men-scan dokumen ini dengan kapasitas 200 KB lalu menyimpannya secara digital.

Selain itu, kamu juga diwajibkan menyiapkan ijazah dan transkrip nilai yang sudah dilegalisir. Jika belum ada atau kebetulan habis, segera urus di kampusmu sejak sekarang agar nggak terburu-buru saat diharuskan mengunggah dokumen persyaratan.

2. Sebelum tiba waktu tes, baiknya kamu sudah menganalisis karakteristik soal-soal yang akan diujikan

soal SKB bakal lebih kompleks via www.nangkring.net

Tes yang bakal diujikan pada seleksi tahun ini nggak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya, yakni meliputi seleksi administrasi, tes kompetensi dasar (SKD), dan tes kompetensi bidang (SKB).

Advertisement

Namun, dijelaskan oleh Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Mohammad Ridwan pada Detik, bahwa untuk SKB tahun ini akan lebih kompleks dan berbeda bagi masing-masing formasi atau bidang jabatan yang dilamar. Nggak akan lebih sulit dari tes tahun-tahun sebelumnya, hanya saja ada penyesuaian mengikuti perkembangan zaman. Jadi, kamu perlu belajar lebih giat lagi khususnya untuk tes SKB-nya, ya!

3. Mempelajari materi pembahasan soal-soal yang akan diujikan lewat beragam media, mulai dari buku, aplikasi, hingga mengikuti bimbel

belajar lewat aplikasi via pemerintahan.id

Kamu bisa mempelajari materi dan contoh soal-soal tes dari buku pembahasan soal-soal tes CPNS yang dijual di toko buku. Selain itu kamu juga bisa mendapatkan pembahasan soal-soal tes melalui situs online yang disediakan di beberapa website secara gratis, atau dengan mengunduh beberapa aplikasi gratis tentang soal-soal tes CPNS.

Jika punya cukup dana, kamu juga bisa mengikuti bimbel yang diselenggarakan di beberapa lembaga pembelajaran. Tapi perlu diingat, semua soal-soal yang diajarkan di bimbel ini hanya sebatas kisi-kisi, bukan bocoran. Karena penyelenggara seleksi CPNS nggak pernah bekerja sama dengan bimbel manapun.

4. Agar lebih mantap saat mengerjakan tes, sering-seringlah melakukan simulasi tes lewat situs resmi yang sudah disediakan oleh pemerintah

sering simulasi via www.liputan6.com

Tes CPNS tahun 2019 kali ini masih menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT). Tes ini menyediakan pilihan jawaban mulai dari A, B, C, D, hingga E, pun bakal langsung mendapatkan hasil tes setelah pengerjaan. Setiap orang memiliki kemungkinan untuk mendapatkan soal yang berbeda tergantung formasi yang dilamar. Jadi, jangan harap kamu bisa menyontek saat ujian nanti, ya!

Kamu bisa mengikuti simulasi tes CAT secara mandiri lewat situs resmi http://cat.bkn.go.id/simulasi/ biar makin lancar saat menghadapi tes betulannya nanti.

5. Untuk bisa lolos seleksi TKP, milikilah mindset seolah dirimu adalah seorang PNS untuk menjawab soal. Ingat, ini adalah koentji

mindset sebagai PNS via www.moneysmart.id

Dari banyaknya tes yang diujikan dalam seleksi CPNS, Tes Karakteristik Pribadi (TKP) merupakan seleksi yang sering membuat peserta gagal. Usut punya usut, kegagalan tes ini dikarenakan peserta kerap terjebak dalam memilih jawaban yang tepat.

Nah, untuk bisa menjawab pertanyaan dengan pilihan jawaban yang cukup membingungkan (semuanya hampir benar) pada soal TKP, kamu sudah harus memosisikan diri sebagai PNS. Melalui kacamata sebagai seorang PNS, kamu akan bisa menjawab pertanyaan dengan bijak sesuai tugas dan fungsinya seorang PNS.

6. Nggak kalah penting, sebelum berjuang di medan seleksi CPNS dan P3K, kamu perlu menjaga kesehatan fisik dan mental sedini mungkin

jaga fisik dan mental via www.rimma.co

Tentunya kamu nggak mau kan, mengikuti tes saat sedang nggak sehat atau pikiran lagi nggak fokus? Nah, mulai sekarang, pelihara kesehatanmu dengan memperbanyak mengonsumsi makanan sehat, berolahraga, selalu berpikir positif dan hindari hal-hal yang memicu keruwetan agar kesehatan mentalmu tetap stabil. Sehingga saat tiba waktunya mendaftar dan mengikuti tes, kamu telah siap dan mantap baik secara jasmani dan rohani.

Itulah tadi beberapa ‘amunisi’ yang bisa mulai dipersiapkan sejak sekarang. Kalau persiapanmu matang, tentu kamu peluang lolos seleksi CPNS dan P3K tahun ini pun bakal lebih besar. Selamat berjuang dan semoga berhasil, ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya