Demi bisa menghidupi diri sendiri, bekerja adalah kemutlakan yang tak bisa dikompromikan lagi. Untuk itulah kita memutuskan melamar dan jadi karyawan untuk sebuah perusahaan, entah itu yang sudah maju maupun yang baru saja dirintis.

Panjang-pendek usia perusahaan tidak bisa dijadikan penentu utama apakah mereka menghargai karyawan mereka. Kadang, bahkan perusahaan yang maju sekalipun bisa punya kekurangan di bidang SDM-nya.

Advertisement

Ada tanda-tanda lain yang bisa digunakan untuk mengidentifikasi apakah tempatmu bekerja sekarang merupakan perusahaan yang tepat atau tidak. Agar kamu tak terjebak pada perusahaan yang tak menghargaimu sebagai karyawan, sebaiknya kamu pahami beberapa tanda berikut ini.

1. Perusahaan tak berniat untuk sengaja memangkas kreativitas yang kamu punya. Idealnya, kedua pihak bekerja keras untuk menyelaraskan ide karyawan dengan koridor perusahaan

ada ruang untukmu terus berkarya via cowboyzoom.com

Salah satu tanda signifikan bahwa perusahaan menghargaimu sebagai karyawan adalah mereka tidak membatasi kreativitas yang dirimu miliki. Mereka justru memberikan wadah serta mau mendengar segala ide yang disuarakan oleh karyawannya. Mereka percaya bahwa kemajuan perusahaan turut dipengaruhi oleh karyawannya, bukan hanya mereka yang berada di atas saja.

Namun perusahaan juga secara rendah hati belajar mendengarkan dan menerima segala masukan ide supaya ke depannya bisa lebih berkembang. Untuk itulah mereka selalu menyediakan ruang untuk terus berkarya dan tak memangkas begitu saja kreativitas yang kamu punya.

2. Pemimpin yang ada di kantormu bersifat adil serta terbuka, mereka tak menutup mata pada loyalitas dan kerja keras yang karyawan berikan.

Pemimpinmu adil dan terbuka via hdwallpapersfit.com

Advertisement

Setiap perusahaan pastilah memiliki seseorang yang bertanggung jawab dan bertugas sebagai pemimpin. Salah satu tanda lainnya bagi perusahaan yang baik adalah mereka memiliki seorang pemimpin yang selalu bersifat adil dan terbuka. Penilaian yang diberikan tidak dititikberatkan pada salah satu karyawan.

Pemimpin yang baik pun selalu menyampaikan penilaian secara transparan sehingga setiap karyawan bisa memahami dimana letak kelemahan serta kelebihan mereka. Dia juga menghargai benar kerja keras dan loyalitas dengan cara mengapresiasi prestasi yang ditorehkan oleh para karyawan. Selain itu, pemimpin yang baik juga mau mendengar serta menerima terhadap segala macam kritikan. Dia percaya bahwa kritikan yang diterima bisa dijadikan sarana untuk memperbaiki diri dan berkembang.

3. Perusahaan tempatmu bekerja menyediakan telinga untuk menampung keluh kesah para karyawannya.

mereka menyediakan telinga via observer.com

Di manapun kita bekerja, dan sesenang apapun kita dengan tanggung jawab kita, pekerjaan tetaplah pekerjaan. Terkadang rasa jenuh dan bosan kerap datang di sela-sela kesibukan. Terkadang juga sebagai karyawan, kita merasa tidak sejalan dengan aturan serta kebijakan yang diberlakukan oleh perusahaan.

Perusahaan yang baik selalu mau menyediakan telinga untuk menampung banjir keluhan dan pendapat yang karyawan serukan. Mereka tidak otoriter dan seenaknya memberlakukan ini-itu dan membuat para pekerja merasa tak nyaman. Mereka percaya bahwa karyawan merupakan bagian dari perusahaan, oleh karena itu mereka menjunjung tinggi dan mau mendengar segala keluh kesah yang para pekerja rasakan.

4. Suasana yang ada di kantor menyenangkan dan nyaman, bukan malah terlalu banyak aturan yang tak masuk akal

suasana yang ada sangat nyaman dan tak membuat bosan via mashable.com

Perusahaan menciptakan suasana yang nyaman sehingga membuat para pekerja merasa betah berlama-lama untuk menyelesaikan pekerjaannya di kantor. Mereka memfasilitasi segala hal yang menunjang kenyamanan dari para perusahaan. Mereka pun tak menjerat para karyawan dengan banyak peraturan ketat yang harus dipatuhi, yang tak masuk akal dan justru kontraproduktif bagi perusahaan.

5. Karyawan merupakan motor penggerak utama. Oleh karena itu, perusahaan memiliki perhatian penuh kepada kesejahteraanmu dan keluarga.

perusahaan memiliki perhatian penuh terhadap kesejahteraanmu dan keluarga

Perusahaan yang baik menyadari benar bahwa karyawan merupakan motor penggerak supaya perusahaan kian maju ke depannya. Oleh sebab itulah, mereka menghargai keberadaan serta kesejahteraan karyawannya benar-benar. Hal ini pun ditunjukkan lewat segala macam cara yang membuat para pekerja merasa dihargai dan nyaman untuk bekerja di perusahaan tersebut. Salah satu contoh sederhananya, perusahaan memiliki perhatian penuh pada kesejahteraan karyawan berikut keluarganya. Mereka memberikan yang terbaik untuk memfasilitasi kesehatan mereka dan membayar upah sesuai dengan yang seharusnya.

6. Setiap perusahaan pasti memiliki target bagi tiap karyawan. Perusahaan yang baik memiliki target yang jelas, sepaket dengan bagaimana cara mencapainya.

target yang ada jelas berikut dengan cara mencapainya via mashable.com

Supaya mengalami kemajuan yang signifikan dan tidak jalan di tempat, perusahaan memang menetapkan target yang harus dipenuhi oleh para karyawan tiap bulannya. Selain supaya kondisi perusahaan tetap stabil, ini juga merupakan cara untuk memompa semangatmu dalam bekerja.

Tentu saja hal ini benar adanya, namun yang perlu diingat, perusahaan juga harus menetapkan target yang jelas sekaligus dengan cara memenuhi target tersebut. Jika target yang ditetapkan berubah-ubah dan tidak jelas pakemnya dan tidak menjelaskan secara gamblang bagaimana cara mencapai target tersebut, bisa dipastikan mereka memang hanya menjadikan karyawan sebagai sapi perah saja.

7. Kamu merasa perusahaan adil dalam memberlakukan sistem keuangan. Besaran gaji yang kamu terima setara dengan kerja kerasmu yang terperas selama bekerja dengan mereka.

gaji yang kamu terima setara dengan kerja keras yang terperas via www.jasasuretybond.com

Alasan utama dalam bekerja tentu adalah supaya menghasilkan pundi-pundi rupiah yang bisa digunakan untuk menyambung hidup. Perusahaan yang baik bisa diketahui dari bagaimana caranya mengatur keuangannya. Mereka memberikan besaran gaji yang sepadan dengan kerja keras yang karyawan persembahkan. Mereka tidak merugikan karyawan hanya demi kemajuan perusahaan, namun mereka menghargai para pekerja dengan memberikan upah sebanding dengan keringat yang terperas.

Setelah membaca 7 tanda di atas, sudahkah kamu meyakini bahwa perusahaan tempatmu bekerja merupakan tempat yang tepat untuk berkarya?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya