Tes SKB CPNS Digelar Bulan Agustus, ini Kisi-kisi dan Bocoran Soalnya dari Humas BKN

skb cpns 2020

Banyak kabar yang beredar bahwa tahun ini hingga dua tahun ke depan penyelenggaraan tes CPNS sementara ditiadakan yang membuat banyak pihak bersedih, namun yang perlu diketahui adalah bahwa lanjutan tes CPNS tahun 2019 masih dilakukan hingga sekarang. Tes ini sempat mundur dari yang seharusnya digelar bulan Maret karena adanya pandemi Covid-19 namun dilansir dari beberapa sumber, tes tahap kedua CPNS 2019 akan digelar dari akhir Agustus hingga bulan Oktober 2020 mendatang.

Advertisement

Ada beberapa hal yang mesti dipelajari dari tes yang diselenggarakan dalam keadaan berbeda di tahun ini. Selain itu, ada juga lo kisi-kisi tes CPNS yang dibocorkan. Kita simak yuk penjelasan selengkapnya!

Ada ketentuan materi yang sudah diatur untuk mereka yang mendaftar jabatan fungsional maupun jabatan pelaksana

Tes CPNS/ Credit: Menpan via www.menpan.go.id

Dilansir dari Liputan6, materi ini diatur dalam Peraturan Menteri PANRB Nomor 23 Tahun 2019 yang berisi bahwa SKB untuk jabatan fungsional disusun oleh pembina jabatan tersebut untuk selanjutnya terintegrasi ke dalam bank soal Computer Assisted Test (CAT) BKN. Sedangkan untuk jabatan pelaksana akan menggunakan soal yang sesuai dengan jabatan fungsional terkait. Selain itu untuk yang tidak menggunakan CAT ada juga beberapa tes seperti Tes Potensi Akademik (TPA), tes praktik kerja, tes bahasa asing dan psikotes dan/atau wawancara sesuai syarat jabatan.

Karena adanya kondisi pandemi Covid-19, maka ada pula beberapa perbedaan yang harus disesuaikan

Ada bedanya/ Credit: Freepik via www.freepik.com

Dalam rapat kerjanya bersama Komisi II DPR di Senayan, Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN), Bima Haria menyebutkan bahwa proses seleksi kali ini akan mengedepankan protokol kesehatan yang ketat dan menyesuaikan jadwal dengan status kedaruratan Covid-19. Disebutkan pula bahwa BKN sedang melakukan elaborasi agar tes SKB tetap sesuai dengan protokol kesehatan agar tak tercipta cluster baru. Jika sebelumnya tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dibagi menjadi Tes Karakteristik Pribadi (TKP) dan Tes Intelegensia Umum (TIU) serta Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), maka kini tes SKB hanya terdiri dari satu macam soal saja.

Jika kamu penasaran soal macam apa dan apa yang harus dipelajari untuk menyiapkan tes SKB, Kepala Humas BKN memberikan kisi-kisi

Memberi bocoran/ Credit: IMC News via imcnews.id

Dilansir dari Detik, Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Biro Humas BKN, Paryono memberikan beberapa kisi-kisi SKB CPNS 2019 antara lain peserta harus mempelajari substansi yang dilamar secara mendalam. Ia mencontohkan misal seseorang mendaftar jabatan fungsional auditor maka si pelamar harus tahu persis sepeti apa pekerjaan tersebut dan apa yang akan ia lakukan nantinya. Pertanyaannya akan semacam “Apa tugas dari pejabat fungsional auditor kepegawaian?” Jadi berbagai soal yang muncul akan erat kaitannya dengan detail formasi yang dilamar.

Nah, setelah mengetahui kisi-kisi tersebut jangan lupa juga untuk mempersiapkan beberapa hal agar kemungkinan lolos semakin besar

Jangan lupa disiapkan/ Credit: Freepik via www.freepik.com

Yang mesti diperhatikan pertama kali adalah mengetahui jenis-jenis soal yang akan keluar di tes sehingga bisa lebih fokus mempelajari, jenis tersebut seperti yang sudah disebutkan sebelumnya. Jangan lupa juga untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya untuk mengetahui tentang formasi yang dilamar karena soal kebanyakan akan terkait hal itu. Yang tak kalah penting adalah berusaha untuk selalu mendapatkan informasi sehingga mengetahui jika ada perubahan sekecil apapun. Pastikan juga jadwal untuk tes sehingga bisa datang sebelum tes tersebut dimulai. Terakhir, persiapan fisik juga menjadi salah satu hal yang penting di masa pandemi ini. Jangan lupa untuk membawa perlengkapan untuk memenuhi protokol kesehatan agar tak panik saat akan tes.

Nah, itu dia serba-serbi tes SKB yang rencananya akan dimulai bulan depan. Kamu masih bisa memanfaatkan waktu yang tersisa untuk mempelajari formasi serta soal-soal yang berpotensi untuk muncul. Jangan lupa juga ya jaga kesehatan fisik maupun pikiran.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE