4 Tanda Wawancara Kerjamu Berhasil dan Kamu Berpeluang Diterima. Apa Aja?

tanda diterima kerja

Salah satu bagian paling mendebarkan dalam rangkaian panjang melamar pekerjaan adalah menunggu hasil wawancara kerja keluar. Apakah kamu bakal dihubungi untuk proses lebih lanjut? Apakah lamaranmu diterima? Apakah wawancara kerjamu berhasil dan memuaskan? Kerap kali pelamar bertanya-tanya sambil harap-harap cemas.

Advertisement

Nah, sebenarnya saat sedang menjalani proses wawancara, kamu sudah bisa lo memprediksi apakah wawancara yang sedang kamu jalani berhasil dan para perekrut tertarik menjadikanmu kandidat kuat untuk posisi yang sedang kamu incar. Salah satunya, dari cara para perekrut menyambutmu dan berkomunikasi denganmu. Selengkapnya, simak baik-baik ulasannya berikut ini yuk!

1. Kamu disambut dengan ramah dan antusias. Ini bisa jadi karena kamu salah satu pelamar dengan berkas lamaran dan CV yang paling menarik menurut para perekrut

Credit: Photo by Andrea Piacquadio from Pexels via www.pexels.com

Biasanya para perekrut yang tertarik dengan pelamar akan menyambut ramah dan antusias para pelamar yang profil dan CV-nya menarik menurut mereka. Mereka akan dengan senang hati menyapa dan bersiap-siap menanyakan berjuta hal. Kalau nggak begitu tertarik sih biasanya reaksinya biasa saja dan berharap akan mendapatkan sesuatu yang lebih menarik setelah mereka mulai mewawancara kamu.

2. Para perekrut terlihat antusias mendengarkan jawabanmu dan mereka punya banyak sekali pertanyaan untukmu. Semua terasa mengalir lancar natural

Credit: Photo by Julia M Cameron from Pexels via www.pexels.com

Perekrut yang tertarik dan kagum dengan profil dan penyampaianmu saat diwawancara akan dengan penuh rasa penasaran menanyakan banyak hal dan mendengarkan semua jawabanmu dengan perhatian penuh, bahkan sambil sesekali mencatat. Wawancara juga akan berlangsung asyik dan natural dan perekrut terlihat puas dengan jawaban-jawabanmu. Kalau nggak tertarik biasanya pertanyaannya ala kadarnya dan seolah ingin lekas disudahi saja.

3. Biasanya kamu akan ditanya kapan siap bekerja dan mulai ditanya-tanya soal kemungkinan negosiasi gaji. Ditanya gaji memang nggak menjamin 100% kamu diterima, tapi mulai ada omongan ke arah itu

Credit: Photo by Anna Shvets from Pexels via www.pexels.com

Meskipun detail gaji biasanya diinformasikan di tahap perekrutan selanjutnya, tapi jika perekrut suka padamu mereka akan mulai mengulik soal ekspektasi gaji dan kemungkinan apakah kamu fleksibel untuk bernegosiasi soal gaji. Hati-hati ya di tahap ini karena mereka juga akan menilai karaktermu dari jawaban seputar gaji dan passion kamu di bidang pekerjaan yang mereka tawarkan.

4. Nggak selalu, tapi bisa jadi kamu diperkenalkan dengan tim kerja mereka. Kalau kebetulan keluar dari ruang kerja dan bertemu dan ‘calon’ tim kerjamu

Credit: Photo by fauxels from Pexels via www.pexels.com

Di musim pandemi, hal ini mungkin akan agak sulit dilakukan. Tapi jika kita sedang ada di kondisi normal dan tidak pandemi, kemungkinan besar perekrut akan memberikan sedikit bayangan siapa aja calon rekan kerjamu nanti. Kadang perekrut juga akan menginfokan, ada berapa jumlah orang yang bekerja di tim dan seperti apa nanti load pekerjaannya.

Soal diterima atau nggak, memang semua bakal jadi misteri di balik bilik HRD. Tapi setidaknya dengan memahamil hal-hal ini kamu bisa merancang strategi, seperti apa nanti bersikap dan menjawab saat akan diwawancara. Pun kamu juga bisa lebih optimis jika kamu merasa, semua tanda-tanda tadi sudah kamu dapatkan saat melakukan wawancara kerja. Semangat dan semoga sukses selalu ya!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

An independent woman, loving mom and devoted wife.

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE