Buku Saku untukmu yang Ingin Kerja Remote di Perusahaan Luar Negeri. Tertarik?

Kerja di dalam negeri, tapi pendapatan luar negeri.

Sepertinya impian kerja di luar negeri, tapi bisa bekerja dari rumah bukan hal yang sulit diwujudkan sekarang. Tren kerja jarak jauh (remote) memungkinkan siapa pun untuk bekerja dari mana saja, entah dari kota lain atau malah dari negara lain.

Seperti yang dialami oleh Dedi (26 tahun). Walaupun sering dibicarakan tetangga karena tampak menganggur setelah lulus kuliah, Dedi sebenarnya bekerja dari rumah. Yang menakjubkan lagi, ternyata dia bekerja di salah satu perusahaan digital yang ada di Eropa. Bayangkan rasanya menjadi Dedi; tinggal di Yogyakarta dan pendapatannya beripat-lipat lebih tinggi dari gaji rata-rata di Indonesia.

Bukan hanya Dedi, Asmarani Nurmalitasari juga pernah menjalani kerja remote dengan perusahaan di luar negeri. Ketika menjadi penulis konten di perusahaan swasta tahun 2018, Rani, sapaan akrabnya masih memiliki waktu luang. Nggak suka waktunya ‘terlalu’ kosong, akhirnya Rani mencari tambahan penghasilan  yang bisa dilakukan dari mana saja.

Gimana sih caranya dapat pekerjaan luar negeri, kok makin banyak orang yang mudah mendapatkannya saat ini?

SoHip… kekhawatiranmu diredam dulu, ya. Ini dia bocoran menjadi pekerja remote dengan perusahaan dari luar negeri. Siapkan catatan dan perhatikan tiap langkahnya supaya bisa memanfaatkan peluang terbaik! Cus~

Pintu kesempatan semakin terbuka lebar nih, banyak portal pekerjaan dari perusahaan global

Kesempatan menjadi pekerja luar negeri sebenarnya bisa datang dari mana saja. Contohnya, Dedi mendapatkan pekerjaan luar negeri berkat jejaring profesionalnya. Seorang rekan yang pernah bekerja dengannya menawarkan pekerjaan remote. Sebagai copywriter dan graphic designer, Dedi bisa menyelesaikan pekerjaan dari mana saja. Jadi, meski berada di negara lain, Dedi tetap bisa bekerja sebagai pekerja tetap.

Sementara itu, Rani mendapatkan pekerjaan luar negeri setelah menemukan situs yang memang menerima pekerja dari negara lain, yakni Appen. Ia tertarik dengan pekerjaan ini karena nggak ada kewajiban untuk ngantor, pekerjaannya simpel, dan sesuai dengan tujuannya yang sekadar mencari kerja sampingan.

Selain Appen, masih banyak website yang membuka peluang untuk pekerja remote. Apa saja? Ini dia daftarnya:

  • remote.co
  • Working Nomads
  • We Work Remotely
  • Just Remote
  • Fiverr, dan sebagainya

Melalui portal yang menyediakan pekerjaan dari beragam perusahaan global, kamu bisa mencari pekerjaan luar negeri yang cocok. Mulai dari pekerjaan yang berhubungan dengan pelayanan konsumen, Human Resource, penulis konten, desainer grafis, layouter, dan masih banyak lagi.

Sekilas gambaran menjadi pekerja remote dengan pekerjaan luar negeri. Berapa ya pendapatannya?

Rutinitas dan pekerjaan seorang pekerja remote nggak jauh beda dengan pekerja pada umumnya. Namun, ada yang paling membedakan, yakni hampir seluruh koordinasi dan interaksi dengan rekan kerja dilakukan secara daring. Selain itu, ketika melamar pekerjaan luar negeri lewat website, kemungkinan kamu nggak langsung  mendapatkannya.

“Setelah registrasi, aku tidak langsung mendapat job. Butuh sekitar beberapa bulan, sambil apply ke sejumlah project di Appen, sampai akhirnya aku mendapat slot di salah satu proyeknya,” ungkap Rani.

Salah satu proyek terbesar yang pernah didapatkan Rani di Appen berhubungan dengan media sosial. Tugasnya adalah memberikan rate (nilai) tertentu pada konten-konten yang dipublikasikan oleh sebuah akun media sosial yang cukup ternama.

Soal gaji dan jam kerja, bisa dikatakan pekerjaan luar negeri Rani sangat menguntungkan, apalagi jika dijadikan sampingan.

Tim Dalam Artikel Ini