Persaingan di dunia kerja yang semakin ketat membuat lulusan SMA berbondong-bondong mendaftarkan dirinya untuk mengikuti seleksi kuliah di perguruan tinggi negeri (PTN). Namun sayangnya, daya tampung PTN saat ini hanya sebesar 25 persen, sehingga banyak para siswa yang harus mundur karena nggak diterima di PTN.

Nggak perlu khawatir, meski nggak lolos PTN, kamu masih punya peluang melanjutkan studi di perguruan tinggi swasta (PTS) kok. Selayaknya PTN, PTS juga memiliki beberapa seleksi masuk yang wajib kamu ikuti, sehingga kamu butuh beberapa trik yang bisa dilakukan agar dapat lolos dan kuliah di perguruan tinggi yang diinginkan. Berikut beberapa trik yang bisa kamu diikuti supaya kamu bisa lolos di PTS, yuk disimak!

1. Jadwal masuk PTS berbeda dengan PTN, kamu wajib mengetahui terlebih dulu jadwal seleksi masuk mereka agar nantinya nggak salah jadwal lantas nggak dapat tempat untuk kuliah

Jangan lupa cek jadwal via intisari.grid.id

Advertisement

PTS akan membuka pendaftaran sebelum dan sesudah seleksi masuk PTN. Kamu jadi bisa daftar PTN dulu sebelum akhirnya memutuskan untuk masuk PTS. Namun, dari awal kamu sudah harus menentukan PTS mana yang kamu ingin masuki, jadi kamu sudah tahu jadwal seleksi mana yang ingin kamu ikuti.

2. Biasanya, PTS akan membuka beberapa gelombang pendaftaran. Nah, segeralah mendaftar karena biasanya PTS akan memberikan harga murah di awal pendaftaran

segera mendaftar via www.itb.ac.id

Kalau nggak mau kena biaya pendaftaran yang lebih mahal, lebih baik kamu mendaftar di awal pembukaan gelombang pertama. Mau bagaimana pun juga kita tetap harus berhemat sebelum jadi mahasiswa mandiri, kan?

3. Sebelum waktu tes, cari tahu dahulu tipe tes yang akan kamu kerjakan untuk masuk di PTS yang diinginkan

cari tahu tipe tes via www.tagar.id

Masing-masing kampus punya materi tes yang berbeda, kamu perlu mencari tahu jenis tes yang akan dikerjakan agar hasil yang kamu dapatkan maksimal. Biasanya ada kampus yang mengadakan tes tertulis, namun ada juga kampus yang hanya menyelenggarakan tes wawancara lo. Jadi, ketahui dulu ya jenis tes yang akan kamu kerjakan nanti!

4. Beberapa PTS biasanya mengadakan seleksi tes wawancara. Nah, sebelum melakukan tes wawancara, jangan lupa untuk mempersiapkan dirimu lebih dulu, ya!

bersiap untuk tes wawancara via www.youtube.com

Advertisement

Untuk menghadapi seleksi wawancara, ada beberapa hal yang wajib kamu ikuti. Pertama, kamu harus mengenali dirimu terlebih dahulu karena biasanya seleksi wawancara adalah seputar diri kita sendiri. Selanjutnya, kamu harus jujur dalam menjawab dan jangan mengada-ada, karena biasanya pewawancara bisa mengetahuinya.

5. Jangan mentang-mentang PTS, lalu kamu bisa seenaknya mengerjakan tes. PTS juga menilai hasil ujian seleksimu lo!

tetap serius mengerjakan tes via medanheadlines.com

Beberapa dari kamu mungkin meremehkan PTS, padahal faktanya PTS juga membuat proses seleksi yang ketat lo sama dengan PTN. Jadi, kerjakan soal tes seleksi dengan sungguh-sungguh, barangkali nanti kamu justru mendapatkan potongan biaya pendaftaran jika hasilmu bagus. Lumayan, kan?

6. Terakhir yang harus kamu lakukan ialah selalu cek info kampus yang diincarmu secara berkala

pantau terus infonya via garansimasukstan.co.id

Ini wajib dilakukan agar kamu nggak salah info, apalagi sampai terlewat beberapa info penting yang harusnya kamu patuhi aturannya. Jangan sampai sudah mendaftar, tapi kamu malah nggak membawa salah satu persyaratan yang dibutuhkan.

Meski kerap dinomor-duakan, masuk PTS juga sama susahnya dengan masuk PTN, belum lagi kalau PTS-nya punya prestasi bagus dan cukup difavoritkan. Semoga kamu bisa lolos masuk PTS yang diidamkan, ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya